June 9, 2016

Ini Lima Tips Memilih Password yang Aman dari Norton by Symantec

Penulis: Desmal Andi
Ini Lima Tips Memilih Password yang Aman dari Norton by Symantec  

MOBITEKNO – Kejadian bobolnya password salah satu akun sosial media milik Mark Zuckerberg harusnya menjadi peringatan bahwa kombinasi karakter yang ada di sebuah password ternyata begitu penting untuk keamanan data di dalamnya. Apalagi untuk para pengguna sosial media dari kalangan orang-orang ternama, risiko untuk menjadi target serangan hacker tentunya lebih besar dibandingkan masyarakat pada umumnya.

Norton by Symantec menyadari hal tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan keamanan ini memberikan lima tips penting untukk memilih sebuah password. Tujuannya, sudah tentu agar data dan informasi yang terlindung dibalik password tersebut bisa lebih aman. Berikut lima tipsnya:

  1. Perkuat password Anda: Ketika membuat dan memperbarui password,pastikan bahwa password baru Anda terdiri dari minimal delapan karakter dan tidak mengandung nama asli, nama pengguna, atau informasi identitas pribadi lainnya. Password terbaik itu terdiri dari kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka dan karakter khusus.
  2. Jangan gunakan kembali password yang sama: Sekali hacker berhasil meretas password salah satu akun Anda, mereka akan mencoba untuk menggunakannya kembali untuk mendapatkan akses ke semua akun Anda. Inilah sebabnya penting untuk membuat password yang unik untuk setiap akun.
  3. Gunakan password manager: Mengingat passwordunik untuk setiap akun bisa jadi pekerjaan yang menantang. Konsumen seharusnya mempertimbangkan untuk menggunakan password manager seperti Norton Identity Safe yang menyimpan passwordAnda pada lemari besi berbasis cloud yang aman.
  4. Berikan perhatian khusus kepada kredensial email Anda:  Banyak pengguna tidak mengenali bahwa akunemail mereka dapat menjadi pintu depan ke seluruh hidup digital mereka. Pikirkan berapa kali Anda telah mereset password Anda pada beberapa situs lain dan tautan pemulihan dikirimkan ke akun email  Pastikan Anda menggunakan password yang sangat kuat dengan kombinasi karakter dan angka untuk akun email Anda. Dan jangan gunakan itu kembali!
  5. Aktifkan otentikasi dua faktor: Banyak situs sekarang menawarkan otentikasi dua faktor (atau dua langkah), yang menambahkan lapisan tambahan keamanan ke akun Anda dengan meminta Anda untuk memasukkan password Anda, ditambah kode yang akan Anda terima pada perangkat mobile Anda melalui pesan teks atau generator token untuk loginke situs. Hal ini mungkin menambah kompleksitas proses login, tapi secara signifikan meningkatkan keamanan akun Anda. Anda juga bisa menerapkan langkah ini untuk akun terpenting Anda.
Tags: , , ,


COMMENTS