September 8, 2016

Ini Sentuhan Akhir UX 5.0+ yang Diberikan pada LG V20 dengan Android 7.0 Nougat

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Sentuhan Akhir UX 5.0+ yang Diberikan pada LG V20 dengan Android 7.0 Nougat  

MOBITEKNO – Walau sudah memakai Android 7.0 Nougat dengan berbagai fitur baru, seperti Multi-window, Quick Settings control, Direct Reply untuk notifikasi, ‘dozier’ Doze mode, dan API Vulkan 3D, bukan LG jika tidak memberikan sentuhan akhir melalui lapis tambahan UI-nya, UX 5.0+ pada LG V20.

Menyambut diumumkannya flagship terbaru LG V20, LG belum lama ini buka-bukaan soal keunggulan mobile UI (user interface) UX 5.0+ tersebut. Bertemakan “Life’s Good When You Play More”, pengguna ingin diajak LG menyelami dan menikmati secara intens dan nyaman beragam fungsi multimedia pada LG V20 yang sudah sudah mengunakan Android 7.0 Nougat terbaru.

Apa saja keunggulan ekstra yang ditawarkan interface terbaru UX 5.0+ pada LG V20 ini? Simak uraiannya berikut ini.

Second screen

Dengan fitur ini, pengguna LG V20 tidak lagi terganggu dengan seringnya notifikasi sistem atau aplikasi yang dari waktu ke waktu kian bertambah jumlahnya. Cukup dengan bantuan layar horizontal (memanjang) yang disebut ‘Second Screen’, pengguna dapat langsung mengakses notifikasi tanpa perlu berganti layar.

Second Screen juga menyediakan fasilitas ‘Quick tools’, misalnya untuk mengetik memo/catatan kecil secara langsung (on the fly), bahkan saat layar sedang tidak aktif (screen off).

Tidak kalah menariknya adalah fasilitas ‘In Apps’ untuk menemukan seseorang, pesan, e-mail, atau informasi lainnya secara cepat dan mudah. Misalnya saat ingin memesan makanan favorit/khas di suatu restoran/cafe yang baru pertama kali dikunjungi.

Rick Audio dan Video Experience

Fitur merekam audio dan video ini disediakan LG bukan hanya bagi penguna biasa (amatir) tapi juga para profesional. Fungsi HD Audio Recorder-nya diklaim LG bisa mereka suara atau musik di sekitar kita (konser, audisi, dll) dengan kualitas tinggi.

Selain mudah dioperasikan, fungsi rekamnya telah didukung oleh volume control, noise reduction, dan lain-lain. Dengan ‘Volume Control’ pengguna LG V20 bisa mengatur level sensivitas microphone agar suara rekaman lebih besar (Gain), mengurangi ‘white noise’ pada masing-masing frekuensi (LCF), dan mencegah distorsi suara yang teradi seketika (LMT).

Ingin menambahkan suara vokal Anda pada audio track yang sudah direkam? Mudah saja karena LG v20 sudah menyediakan fasilitas "Studio Mode" untuk mengatur volume utama (Music, Voice, Master) juga Volume Control lainnya (Gain, LCF, LMT).

Enhanced Usability

Variasikan dan sesuaikan selera dan kebiasaan Anda dalam berinteraksi dengan UI LG V20 dengan fasilitas customizable screen, icon, dan style. Fasilitas ini bukan hanya berlaku untuk layar utamanya tapi juga bisa diaplikasikan untuk Second Screen.

Mengikuti tren personal health saat ini, LG V20 juga mengintegrasikan aplikasi kesehatan (LG Health), seperti latihan skipping (Jumping Rope), memantau aktivitas pengguna naik tangga, bersepeda, hingga asupan air harian. Pengguna akan diingatkan oleh LG V20 jika asupan air di bawah kebutuhan minim harian.

Selain kesehatan pengguna, tool untuk memantau kesehatan/kondis smartphone juga disertakan pada LG V20. Dengan fasilitias ‘Smart Doctor’ pengguna dapat mendiagnosis kondisi smartphone (baterai, konsumsi daya, dll) hingga mengelola RAM (memory management).

Meski Android 7.0 Nougat mulai mendukung multi-window, LG melakukan optimalisasi dan tuning lebih jauh agar pengguna lebih mudah menggunakan fasilitas ini. Dengan multi-window, pengguna bisa menampilkan dan memakai dua aplikasi dalam satu layar secara bersamaan.

Pengaturan atau kustomisasi juga berlanjut pada ukuran gambar (icon) dan teks dari berbagai konten yang tampil di layar. Faktor kenyaman mata juga diperhatikan dengan fasilitas pengaturan warna (Comfort View). Dengan fungsi tone color control-nya, efek keletihan mata (eye strain) bisa diminimalisir.

 

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS