September 7, 2016

Pertama dengan Android 7.0 dan Hi-Fi Quad DAC Audio 32 bit, LG V20 Resmi Diluncurkan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pertama dengan Android 7.0 dan Hi-Fi Quad DAC Audio 32 bit, LG V20 Resmi Diluncurkan  

MOBITEKNO – Salah satu smartphone premium yang banyak dibicarakan bulan lalu adalah LG V20 yang sarat fitur dan menjadi smartphone pertama yang menggunakan Android 7.0 Nougat. LG V20 adalah produk flagship lain di samping LG G5 yang sebelumnya dirilis secara global pada April 2016 lalu.

Selain menjadi samrtphone pertama dengan Google Android OS terbaru, LG V20 juga menjadi smartphone pertama yang diperkuat dengan sistem audo Hi-Fi Quad DAC 32 bit yang dianggap menarik bagi konsumen tertentu, seperti audio enthusiast, musisi, hingga videographer.

Tidak seperti Apple yang akan menghilangkan port audio 3.5mm (audio/headphone jack) pada iPhone 7 nanti, LG masih ingin mempertahankan port audio standar tersebut pada LG V20. LG tampaknya masih ingin menunggu adopsi (dari sistem audio kabel ke nirkabel/wireless) yang luas sebelum beralih ke sistem audio tanpa kabel tersebut.

Tidak berbeda jauh dengan rumor yang beredar sebelumnya, LG V2 berlayar 5.7 inci (QHD IPS display, 1440 x 2560 pixel, 513ppi) juga memiliki layar kecil kedua (secondary ticker screen) di bagian atas. Layar yang disebut ‘Second Screen’ ini kini tampil lebih cerah (improved brightness) dan memuat lebih banyak ikon atau notifikasi lainnya dibandingkan ‘Second Screen’ pada LG V10 sebelumnya.

Spesifikasi dapur pacun LG V20 tidak berbeda jauh dengan rata-rata smartphone flagship di pasar saat ini. LG V20 diperkuat dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820, RAM 4 GB, internal storage 64 GB (mendukung external storage MicroSD), dan baterai 3.200 mAh (mendukung Quick Charge 3.0).

Khusus material bodinya, LG V20 menggunakan bahan alloy aluminum-magnesium-silicon-copper yang biasanya dipakai pada pesawat dan kapal. Smartphone ini diklaim memenuhi standar US military MIL-STD-810 Transit Drop yang berarti tahan saat terjatuh dari ketinggian 4 feet (sekitar 1,2 meter).

Kamera LG V20 juga sama sperti G5 yang menganut konsep dual camera, dengan kamera utama 16MP (PDAF, OIS, laser auto focus,lensa f/1.8) yang didukung kamera kedua 8MP wide angle shot (135 derajat, lensa f/2.4). Pada kamera depan/selfie, LG V20 didukung sensor 5MP dengan lensa aperture f/1.9.

Salah satu keunggulan kamera V20 ada pada dukungan teknologi Qualcomm EIS (video stablization dan image stream analysis) yang memakai sensor gyroscopes saat merekam video dengan objek yang bergerak.

Salah satu fitur andalan LG V20 ada pada chip audio-nya, yaitu Hi-Fi Quad DAC 32 bit ESS Sabre ES9218. Dengan chip ini, LG V20 diklaimLG dapat menghasilkan suara yang lebih jernih dan detail.

Meski semua pengguna bisa merasakan perbedaan kualitas audionya, kemampuan chip ESS Sabre ES9218 ini lebih signifikan dirasakan para audiophile yang memiliki perangkat audio hig-end (headphone, microphone, dll). Ini karena Hi-Fi Quad DAC bisa meminimalisir distorsi harmonic secara keseluruhan, meningkatkan audio dynamic range, dan mengoptimalkan rasio Signal to Noise (SNR atau S/N ratio).

LG V20 juga telah mendukung beberapa format audio lossless (playback dan recording), seperti format audio FLAC (24-bit/192kHz) yang bisa digunakan grup band untuk rekaman di studio sendiri sebagai sample music.

Pada beberapa negara, LG juga menyertakan bonus earphone B&O (Bang & Olufsen) agar pengguna bisa langsung merasakan kualitas audio yang dihasilkan dari chip Hi-Fi Quad DAC 32 bit pada LG V20.

LG V20 akan mulai dipasarkan di AS bulan ini. Sejauh ini LG belum mengumumkan harga resmi dari V20 termasuk kehadirannya di belahan dunia lainnya, termasuk di Indonesia. Harga LG V20 diperkirakan akan berada di atas harga flaghsip LG G5 (sekitar Rp 8 juta).

Di pasar Indonesia sendiri, LG hanya merilis LG G5 SE (sekitar Rp 8 juta) yang datang dengan spesifikasi di bawah LG G5. Seperti diketahui LG G5 SE ‘hanya’ diperkuat chip Snapdragon 652 dan RAM 3 GB sedangkan LG G5 telah diperkuat chip Snapdragon 820 dan RAM 4 GB.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS