April 6, 2016

Fitur Retract dan Timer ala Snapchat Kini tersedia Bagi Semua Pengguna BBM

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Fitur Retract dan Timer ala Snapchat Kini tersedia Bagi Semua Pengguna BBM  

MOBITEKNO – BlackBerry Limited mengumumkan update terbaru aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) baru di smartphone iOS, Android, dan BlackBerry. Dengan rilis terbaru ini, pengguna BBM bisa menggunakan fitur privasi dan kontrol yang baik, serta lebih dapat mengontrol pesan dan konten BBM secara gratis.

Sebelumnya, fitur Retract (Menari) pesan/gambar dan Timer hanya tersedia bagi pengguna BBM berbayar (BBM premium features). Kini, dengan update BBM terbaru ini BlackBerry telah mencabut limitasi tersebut da sudah bisa dinikmati oleh semu pengguna BBM di ketiga mobile OS tersebut.

Dengan fungsi Retract, pengguna BBM dapat ‘menarik’ pesan dan gambar mereka dari penerima dan mengambilnya kembali dari ponsel mereka bila sadar telah melakukan kesalahan pengiriman. Fungsi Retract juga diperlukan bila pengguna tersebut tidak pesan atau gambar tersebut tidak dapat lagi diakses oleh penerimanya.

Adapun fitur Timer (pengaturan waktu) berfungsi mirip fungsi yang ada pada aplikasi image messaging Snapchat. Dengan fitur ini, pengguna dalam mengendalikan berapa lama kontak/penerima dapat melihat pesan dan gambar yang telah dibagikan atau memberitahukan lokasi mereka selama mereka inginkan.

Menyambut fitur premium yang tersedia secara gratis bagi pengguna BBM ini, Matthew Talbot, SVP, BBM di BlackBerry, menyatakan “Dengan fungsi kontrol atas pesan dan konten ini, pengguna BBM dapat memastikan bahwa apa dibagikan (di-share) pada BBM selalu ada dalam pengendalian mereka.”

Selain kedua fitur premium tersebut, BlackBerry juga melakukan beberapa penyempurnaan beberapa fitur lainnya sebagai berikut ini:

  • Meneruskan pesan dari satu chat ke chat lainnya
  • Fasilitas untuk menonaktifkan notifikasi untuk multi-chat pada Android OS
  • Menggeser melewati semua gambar yang dibagikan dengan chat (perorangan/multi-chat) pada Andorid OS
  • Pilihan bagi pengguna untuk menyimpan foto yang diambil dengan BBM chat pada ponsel.
  • Peningkatan fitur berbagi video (mengambil dan membagi video yang lebih besar pada iOS)
  • Mendesain kembali tampilan dan nuansa chat pada iOS
  • Mode multi-select untuk mengizinkan lebih dari satu pesan untuk dihapus, ditarik kembali, atau di teruskan sekaligus pada iOS
  • Menarik dan mengubah pesan dalam chat grup di BlackBerry 10
  • Menarik chat – menarik semua pesan terkirim saat anda mengakhiri obrolan di BlackBerry10
  • Dukungan terhadap mobile OS Android 6.0 Marshmallow

 

Tags: , , , ,


COMMENTS