April 6, 2016

Berapa Estimasi Harga iPhone SE dan iPad 9.7 di Indonesia?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Berapa Estimasi Harga iPhone SE dan iPad 9.7 di Indonesia?  

MOBITEKNO – Hingga kini Apple memang belum mengumumkan harga resmi smartphone cabe rawitnya, iPhone SE dan tablet iPad Pro di Indonesia. Menurut Apple, iPhone SE akan dijual dengan harga yang relatif terjangkau di negara asalnya AS. Bagaimana dengan beberapa negara lainnya seperti di Indonesia atau negara Asia Tenggara lainnya?

Berbeda dengan vendor smartphone Android yang seringkali mematok harga produk dengan mempertimbangkan daya beli pengguna di negara masing-masing, Apple sepertinya tidak mau ambil pusing dengan kebijaksanaan penyesuaian harga tersebut.

Dengan kata lain, pengguna iPhone di Indonesia yang penasaran ingin membeli iPhone SE sepertinya harus menanggung konsekuensi harga jual yang lebih mahal dibandingkan harga jual iPhone SE di negara, seperti AS, negara-negara Eropa, Cina, atau bahkan India.

Meskipun harga jual resmi iPhone di Indonesia belum diumumkan Apple, di beberapa negara tetangga Indonesia, seperti Singapura dan Malaysia sudah mendapat harga resmi iPhone SE. Informasi ini diketahui melalui website resmi Apple untuk kedua negara tersebut (www.apple.com/sg/shop/buy-iphone/iphone-se dan www.apple.com/my/shop/buy-iphone/iphone-se).

Menurut website Apple, harga jual iPhone SE model 16 GB yang ditawarkan dalam empat pilihan warna tersebut untuk konsumen Singapura adalah S$ 658 atau sekitar Rp. 6,4 juta. Adapun harga iPhone SE di Malaysia menjadi sedikit lebih mahal (sekitar 6,6 juta).

Harga jual iPhone model 64 GB sendiri berselisih cukup jauh di atas harga model 16 GB. Apple menjual iPhone 64 GB seharga S$ 828 (sekitar Rp 8 jutaan) di Singapura dan RM 2,449 (sekitar Rp 8,3 juta) di Malaysia.

Bagaimana dengan harga tabetnya, iPad Pro 9.7 inci, yang diluncurkan bersamaan dengan iPhone SE? Tablet iPad Pro ditawarkan dalam dua model, yaitu model Wi-Fi dan model Wi-Fi+Cellular. Model Wi-Fi 32 GB ditawarkan mulai harga S$ 898 (sekitar Rp 8,9 juta). Sedangkan Model Wi-Fi+Cellular 32 GB dijual mulai harga S$ 1,098 (sekitar Rp 10,7 juta).

Bagi para calon pembeli iPhone SE di Indonesia setidaknya boleh berharap agar beberapa operator telekomunikasi besar, seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, atau operator lainnya akan menawarkan paket subsidi yang menarik sehingga iPhone SE menjadi lebih terjangkau.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS