January 6, 2016

ASUS Tampilkan Monitor IPS Portabel Pertama dengan Port USB Type-C di Ajang CES 2016

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
ASUS Tampilkan Monitor IPS Portabel Pertama dengan Port USB Type-C di Ajang CES 2016  

MOBITEKNO – Banyak pengamat yang memprediksi adopsi konektor USB Type-C pada berbagai produk gadget dan elektronik lainnya mulai terjadi tahun ini. Tanda-tandanya mulai terlihat di ajang CES 2016, Las Vegas, AS. Setelah diadopsi pada smartphone, tablet, dan notebook, produk-produk lainnya mulai menyusul memasang port USB Type-C.

Kali ini produk monitor juga tidak mau ketinggalan setelah ASUS mengumumkan monitor IPS Full-HD 15,6 inci terbarunya, ASUS MB169C+, yang sudah dilengkapi konektor USB Type-C.

Adanya port USB yang bisa dibolak-balik (reversible) pada monitor ASUS MB169C+ akan menarik bagi pengguna mobile (notebook, tablet, atau smartphone) yang membutuhkan monitor portable tambahan untuk melakukan presentasi atau demo tertentu.

Pengguna Google Chromebook Pixel, MacBook, dan notebook ThinkPad akan menjadi salah satu target dari monitor ASUS MB169C+ tersebut karena hanya dengan menghubungkan satu kabel USB Type-C ke monitor ini, pengguna sudah bisa menikmati dua tampilan layar sekaligus.

Monitor ASUS MB169C+ yang bobotnya kurang dari satu kilo ini (798 gr) sedikit lebih tebal (8.5 mm) dari pendahulunya, ASUS MB168B+, yang juga merupakan monitor portabel USB tapi masih memakai konektor USB 3.0 Micro-B.

Desain monitor ASUS MB169C+ terlihat jelas diinspirasi oleh desain notebook populer mereka, Zenbook dengan motif khas bundaran berputar. Menurut klaim ASUS, monitor seharag US$ 290 ini kompatibel dengan semua perangkat USB Type-C (USB 3.0 atau lebih baru) yang akan mulai banya beredar mulai tahun ini. Tertarik membelinya? Semoga ASUS juga merilisnya secara resmi di Indonesia.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS