October 5, 2016

Pixel dan Pixel XL: Smartphone Daydream-compatible Pertama yang Disertai Google Assistant

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pixel dan Pixel XL: Smartphone Daydream-compatible Pertama yang Disertai Google Assistant  

MOBITEKNO – Penuhi janjinya, raksasa search engine dan online services Google akhirnya mengumumkan dua smartphone bernama anyar, Google Pixel dan Google Pixel XL yang diberi penekanan tersendiri sebagai produk “Made by Google”.

Peluncuran produk Pixel terbaru yang digelar pada konferensi pers tadi malam di San Francisco, California (4/10/2016) menandai babak baru smartphone Google yang lebih mandiri untuk memilih spesifikasi hardware, desain, user interface (UI) hingga user experience (UX) dalam pengembangan smartphone-nya tersebut.

Untuk urusan manufaktur, Google mempercayakan HTC yang merupakan mitra pertamanya enam tahun lalu saat merilis smartphone Nexus pertama (Nexus One). Pesanan Google ke HTC ini bisa menjadi ‘berkah’ bagi produsen asal Taiwan yang sedang berjuang untuk bertahan di tengah kompetisi sengit pasar samrtphone.

Pada acara tadi malam, Pixel dan Pixel XL tidak sendirian hadir, produk baru “Made by Google” lainnya juga menemani antara lain speaker cerdas Google Home, headset VR ‘Daydream View’, router ‘Google WiFi’, dan dongle stream ‘Chromecast Ultra’.

Baca juga: “Ini Spesifikasi Lengkap Google Pixel dan Pixel XL

""

Google Pixel dan Pixel XL kini sudah bisa dipesan awal (pre-order) di beberapa negara. India menjadi salah satu negara yang mendapat giliran awal pada tanggal 13 October ini. Begitu juga dengan Inggris, Jerman, dan Australia. Adapun konsumen di AS, Pixel/Pixel XL mulai mendapat penawaran ekslusif dari Google dan operator Verizon.

Baik Pixel dan Pixel XL akan tersedia dalam berbagai warna, seperti Quite Black, Very Silver, dan Really Blue. Adapun ketersedian semua jenis warna mungkin akan berbeda di tiap-tiap negara.

Baik Pixel dan Pixel XL dengan aluminum unibody dan glass chassis-nya akan mengusung prosesor Snapdragon 821 (4x 2,15GHz Kryo), RAM 4 GB (LPDDR4), kamera utama 12.3 MP (, kamera depan 8 MP (aperture f/2.4, ukuran pixel 1.4 µm), port USB Type-C, NFC, fast charge, dan fingerprint scanner. Seperti juga Nexus, smartphone Pixel juga tidak menyediakan slot MicroSD.

""

Dua perbedaan utama ditemukan pada ukuran layar dan kapasitas baterai. Pixel dengan layar 5 inci (AMOLED Full-HD 1920×1080 pixel) dan baterai kapasitas 2.770 mAh, sedangkan Pixel XL dengan layar 5,5 inci (AMOLED, QHD 2560×1440 pixel) dan baterai kapasitas 2.770 mAh.

Pixel akan dijual mulai harga U$ 649 dan US$ 749 untuk model 32 GB dan 128 GB. Sedangkan versi layar lebih besarnya, Pixel XL akan ditawarkan seharga US$ 769 dan US$ 869 (RM3,609.87) untuk model 32 GB dan 128 GB.
 

Tags: , , , ,


COMMENTS