October 2, 2020

Resmi, Ponsel ‘Made by Google’ Pixel 5 dan Pixel 4a 5G Dukung Teknologi 5G dan Kamera Wide-angle

Penulis: Iwan RS
Resmi, Ponsel ‘Made by Google’ Pixel 5 dan Pixel 4a 5G Dukung Teknologi 5G dan Kamera Wide-angle  

Mobitekno – Google akhirnya mengadopsi teknologi 5G untuk disematkan pada smartphone terbarunya, Pixel 5 dan Pixel 4a 5G yang baru saja diumumkan raksasa teknologi tersebut melalui acara virtual (online) “Launch Night In” di YouTube belum lama ini (1/10/2020).

Dukungan teknologi 5G yang mulai banyak disediakan operator atau provider jaringan seluler (network carrier) di negara-negara maju ini dimungkinkan berkat penggunaan chipset (SoC) Qualcomm Snapdragon 765G.

Tidak seperti Pixel 4 dan Pixel 4 XL yang dirilis akhir tahun lalu, Pixel 5 dan Pixel 4a 5G tidak mengandalkan chipset highend saat ini (Snapdragon 865 series) tapi memilih memakai chipset kelas menengah Snapdragon 765G. Positifnya, modem X52 yang terintegrasi di dalamnya dianggap lebih efisien daya dibanding modem X55 yang tidak terintegrasi dengan Snapdragon 865. Dengan kata lain, konsumsi daya Pixel 5 dan Pixel 4a 5G pun akan lebih baik saat terhubung dengan jaringan 5G.

Peningkatan kapasitas memori (RAM) dilakukan Google untuk Pixel 5 menjadi 8 GB (LPDDR4X), sedangkan untuk Pixel 4a 5G masih tetap berkapasitas RAM 6 GB alias sama dengan Pixel 4 series dan Pixel 4a. Perubahan tidak dilakukan pada storage media karena keduanya masih berkapasitas 128 GB (UFS 2.1).

Keduanya sama-sama menggunakan panel layar OLED (Full-HD+, 2340 x 1080 piksel) dengan ukuran layar Pixel 5 sedikit lebih kecil dibanding Pixel 4a 5G (6 inci vs 6,2 inci). Berbeda dibandingkan Apple yang masih betah di layar 60 Hz (iPhone 11 series), Pixel 5 sudah mengikuti tren teknologi layar refresh rate 90 Hz saat ini. Sayangnya, Pixel 4a 5G masih mengandalkan layar dengan refresh rate 60 Hz.

Kapasitas baterai Li-Po pada Pixel 5 sedikit lebih besar dibanding Pixel 4a 5G (4.080 mAh vs 3885 nAh). Meski demikian, keduanya sudah mendukung teknologi fast charging 18 Watt. Keduanya juga masih diperkuat chip keamanan Titan M untuk mendukung sensor sidik jari Pixel Imprint (capacitive rear fingerprint scanner).

Pandemi yang berkepanjangan dianggap membuat Google harus ‘merevisi’ beberapa strateginya untuk smartphone Pixel terbaru ini. Misalnya saja rencana produksi semua unit Pixel di Vietnam yang sedikit tertunda. Kabarnya, Pixel 4a 5G sudah diproduksi di pabrik Vietnam, sedangkan Pixel 5 masih diproduksi di pabrik Shenzen, Cina. Begitu juga dengan patokan harga Pixel 5 yang lebih murah dari Pixel 4 saat diluncurkan tahun lalu.

Recorder, salah satu aplikasi andalan Pixel untuk mentranskripsikan rekaman suara, kini bukan hanya dapat diedit transkripsinya, tapi juga sekaligus bisa mengedit audionya.

 

Pada kedua Pixel terbaru ini, Google memutuskan untuk tidak menyertakan dua fitur uniknya, fitur gesture Motion Sense dan Soli radar. Masuk akal mengingat harga keduanya yang dipangkas lebih rendah.

Meski sedikit ‘dikebiri’, Google masih percaya diri dengan keunggulannya di sisi software. Google masih tetap berfokus pada peningkatan software aplikasi kameranya. Pixel 5 dan Pixel 4a 5G sama-sama mengandalkan modul kamera belakang ganda yang berbentuk persegi. Google mengklaim telah melakukan peningkatan pada beberapa fitur fotografinya, seperti Night Sight untuk mode pemotretan ekstrim di kondisi minim cahaya, Live HDR+, Cinematic Pan, hingga Portrait Light. Google juga menyempurnakan tiga mode stabilisasi untuk perekaman video dan mode “Portrait Light” yang didukung algortime AI baru.

Modul kamera belakangnya terdiri dari kamera primer 12.2MP (Sony IMX 363) yang didukung fiitur Fused Video Stabilization (OIS+EIS) dan kamera sekunder ultrawide 16 MP (Sony IMX481, f/2.2, 1.0µm pixel size, 107 derajat FoV). Sebagai informasi, fitur OIS lebih difokuskan untuk mendukung pemotretan di kondisi minim cahaya dan EIS untuk mencegah video yang bergoyang (shaky video).Untuk selfie, kamera depan keduanya mengadopsi desain kamera puch hole 8MP (Sony IMX355, f/2.0, 1.12µm pixel size, fixed focus, 83° FoV). Ini berarti Google sudah resmi meninggalkan konsep desain bezel (frame) tebal seperti pada Pixel 4 sebelumnya.

Lebih realistis di masa-masa ekonomi sulit, Google mematok harga Pixel 5 (tersedia dalam varian warna Sorta Sage dan Just Black) sebesar US$ 699 (sekitar Rp 10,3 juta). Harganya lebih murah dibanding harga Pixel 4 saat pertama kali diluncurkan (US$ 799 dolar atau sekitar Rp 11,8 juta).

Pixel 4a 5G hanya tersedia dalam varian warna (Just Black) akan dijual seharga US$ 499 (sekitar Rp 7,4 juta). Saat ini Google baru membuka pre-order keduanya untuk beberapa negara saja, antara lain AS, Inggris, Perancis, Jerman, Irlandia, Jepang, Taiwan, dan Australia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS