October 4, 2016

Mari Main Game Bareng Teman di Telegram dengan Dukungan Bot!

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mari Main Game Bareng Teman di Telegram dengan Dukungan Bot!  

MOBITEKNO – Aplikasi messaging Telegram yang dirintis oleh entrepreneur Rusia, Pavel Durov, kembali meluncurkan inovasi terbaru Gaming Platform 1.0 yang didukung oleh sistem bot (tool otomatis) untuk berinteraksi dengan penggunanya.

Dengan kehadiran Gaming Platform ini, pengguna elegram dapat 
Menggunakan bantuan bots untuk bernain games saat chat, lengkap dengan tampilan grafis dan suara layaknya game interaktif di web (flash) atau offline. Sedikitnya sudah ada 30 game yang siap dimainkan di Telegram.

Sebagian besar game yang berbasis HTML5 tersebut dirilis oleh pengembang gamee (@gamee). Menurut Telegram, ada seratusan game lain yang sedang dikembangkan sat ini untuk aplikasi Telegram.

Pengguna Telegram dapat langsung men-start sebuah game dengan beriteraksi langsung dengan bot atau memanggilnya dari bagian chat. Misalnya, ketik "@gamee" dalam salah satu grup Telegram dan pilih sebuah game yang akan dimainkan bersam dengan anggota grup lainnya.

Agar lebih menantang, pengguna Telegram dapat menantang teman-temannya yang ada di Telegram dengan men-share game tersebut dengan mereka.

Telegram menyimpan skor tertinggi dari setiap game yang dimainkan dalam setiap bagian chat. Pengguna juga dapat memeriksa dengan mudah sejauh mana level skornya jika dibandingakan dengan teman-teman lainnya. Setiap ada skor tertinggi yang berhasil diraih, semua anggota yang ikut dalam game akan dinotifikasi oleh Telegram.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat game untuk aplikasi Telegram ini dapat mengikuti panduan lengkap API-nya di website Telegram (https://core.telegram.org/bots/api#games).

Kategori game di Telegram bisa bermacam-macam, mulai dari game arcade, kartu, dan puzzle sederhana hingga game kompleks 3D-shooter dan RTS yang menyertakan fasilitas multiplayer.

Game Telegram (minaml versi 3.13) yang berbasis HTML5 ini bisa di jalankan pada smartphpone iOS (iPhones 4 atau di atasnya) dan Android (Android 4.4 atau di atasnya). Untuk melihat berbagai koleksi game (bot assited) yang bisa ditambahkan di Telegram, simak URL berikut ini.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS