November 2, 2015

MotoBot: Robot Yamaha ini Punya Ambisi Kalahkan Valentino Rossi

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
MotoBot: Robot Yamaha ini Punya Ambisi Kalahkan Valentino Rossi  

MOBITEKNO – Para teknisi Yamaha sedang mengembangkan sebuah robot yang dapat mengendarai motor tanpa bantuan manusia.

Dijuluki ‘Yamaha Motobot’, robot ini diharapkan bukan hanya bisa duduk seimbang di atas motor dan mengendarainya, tapi juga bisa mengatur kecepatan, pedal, kopling, transmisi, dan melakukan manuver kemudi ke kiri dan kanan.

Robot ini pun sepenuhnya akan bersifat autonomous dan dilengkapi dengan sistem yang bisa melakukan gerakan kompleks pada kecepatan tinggi.

Saat ini, MotoBot belumlah sepintar yang diharapkan Yamaha. Ia masih membutuhkan manusia dalam memulai mengendarai motor dalam kecepatan rendah. Sejalan waktu, Yamaha mengharapkan MotoBot bisa melaju dengan motor yang dikendarinya hingga kecepatan 200 km/jam.

Agar bisa mencapai kecerdasan sesuai harapan Yamaha, MotoBot membutuhkan sistem yang lumayan kompleks. Menurut Jamie Wisniewski, jurnalis majalah teknik, “Mengatur gerakan kompleks pada kecepatan tinggi membutuhkan sebuah keragaman sistem kendali dengan akurasi yang tinggi. Sedikit kesalahan saja, robot akan tidak berdaya”.

MotoBot yang ditampilkan di ajang Tokyo Motor Show, Jepang, punya satu alasan
diciptakan oleh Yamaha. Salah satu alasan utamanya adalah bisa mengalahkan Valentino Rossi, pembalap legendaris Yamaha yang sudah menyandang gelar juara dunia MotoGP sebanyak enam kali.

 

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS