August 30, 2024

Gelar OptiX Club 2024, Huawei Dorong Fondasi Kecerdasan Industri dengan Teknologi F5.5G

Penulis: Iwan RS
Gelar OptiX Club 2024, Huawei Dorong Fondasi Kecerdasan Industri dengan Teknologi F5.5G 

Mobitekno – Huawei kembali menggelar ajang penting dalam industri jaringan optik, OptiX Club 2024 guna mendorong kemajuan industrinya di masa mendatang. Dihadiri lebih dari 200 perwakilan dari berbagai mitra industri, acara tahunan ini menjadi platform penting untuk bertukar pengalaman teknis dalam industri fiber optic dengan memfasilitasi diskusi di antara para mitra industri global terkait tren dan solusi industri terbaru.

Huawei 5.5G era

Ajang tahun ini, OptiX Club mengusung tema “F5.5G Advanced (F5G-A), the Foundation of Industrial Intelligence”. Tema ini menunjukkan pentingnya peranan jaringan serat optik, dalam hal ini F5.5G Advanced (F5G-A) sebagai fondasi penting dalam mendorong transformasi digital dan memungkinkan hadirnya industri yang cerdas.

Huawei: Kecerdasan industri menciptakan tren baru pada industri fiber optic

Director of Huawei Asia Pacific Region Optical Jeffrey Chen mengatakan bahwa kecerdasan industri telah menciptakan tren baru pada industri fiber optic. Terlebih lagi, F5G-A juga telah membuka jalan menuju evolusi teknologi yang komprehensif di masa depan. Dengan posisi yang kuat dalam ekosistem fiber optic, Huawei terus mengeksplorasi teknologi fiber optic yang inovatif untuk mewujudkan kecerdasan industri.

“Dengan terus berbagi praktik dan inovasi terbaik, seperti yang kami lakukan hari ini di OptiX Club 2024, harapannya pelanggan, mitra, dan Huawei, dapat mewujudkan lebih banyak pencapaian dalam kecerdasan industri dalam waktu dekat,” katanya.

Huawei OptiX Club 2024 02

Konektivitas dan sensor fiber optic telah menjadi landasan transformasi industri cerdas. Kecerdasan industri melahirkan tiga tren utama dalam industri ini, yakni Fiber-in Copper-out, fgOTN-in SDH-out, dan Optical-Sensing-in Hard-Work-out.

Untuk jaringan kampus berskala menengah dan besar di sektor pendidikan, kesehatan, perhotelan, dan industri manufaktur, Huawei menawarkan Solusi FTTO 2.0 generasi terbaru dengan teknologi XGS-PON Pro dan Wi-Fi 7 untuk meningkatkan bandwidth, network, pengalaman, dan O&M, hingga mencapai 12,5/25G untuk koneksi ke dalam ruangan dan 2,5/10G untuk koneksi ke titik akses (AP) dan digunakan untuk membangun jaringan kampus all-optical berkapasitas 10 Gbps yang ramah lingkungan.

FTTO 2.0 (Fiber-to-the-Office) merupakan solusi jaringan dari Huawei yang dirancang untuk menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi, andal, dan aman bagi bisnis dan organisasi. Solusi ini merupakan evolusi dari solusi FTTH (Fiber-to-the-Home) tradisional, yang menawarkan kemampuan dan manfaat yang lebih baik bagi jaringan perusahaan.

Huawei OptiXtrans DC908 Pro 02

Sementara, untuk jaringan produksi (production network) di sektor energi dan transportasi, OptiXtrans E6600 menjadi produk transmisi optic pertama di industri yang mendukung standar fine grain OTN (fgOTN) untuk memudahkan pelanggan membangun jaringan komunikasi yang andal di era kecerdasan ini.

Terkait data center interconnect (DCI), Huawei menyediakan platform DCI generasi terbaru yaitu Huawei OptiXtrans DC908 Pro yang mendukung Tbps per wavelength untuk memastikan transmisi layanan yang efisien, aman, dan andal.

Respons positif dari pelaku industri jaringan

Hendra Gunawan, Chief Technology Officer PT Eka Mas Republik (MyRepublic) mengatakan bahwa menyediakan internet yang andal dan stabil adalah strategi MyRepublic untuk tampil sebagai pemenang dalam pasar fiber-to-the-home (FTTH) yang kompetitif.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Arki Rifazka menyatakan, Fiber-to-the-room (FTTR) menjadi salah satu terobosan kunci untuk memperluas konektivitas. Peningkatan bandwidth hingga 100Mbps sangat penting untuk meningkatkan kualitas internet di Indonesia.

Huawei F5.5G

Sejak 2020, OptiX Club telah menggelar lebih dari 200 acara di hampir 40 negara. OptiX Club kemudian mulai menambah acara keanggotaan pada tahun 2024. Dengan melibatkan vendor, pengguna, peneliti, dan analis industri optik dari seluruh dunia untuk bergabung dalam acara tersebut, Huawei berharap dapat melihat lebih banyak pertukaran tentang standar industri, tren pengembangan komunikasi dan aplikasi optik, penggunaan komersial, serta tantangan dan peluang yang dihadapi oleh kecerdasan digital industri.

Huawei OptiX Club 2024 merupakan ajang yang sangat relevan bagi para ISP atau penyelenggara jasa Internet di Indonesia untuk tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi. Bukan hanya menemukan solusi inovatif tapi juga memperkuat posisi mereka di pasar yang realtif dinamis ini.

Indonesia diketahui mengalami pertumbuhan penggunaan internet yang sangat pesat. ISP perlu terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang kian meningkat. Ajang Huawei OptiX Club juga dapat membantu ISP dalam meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan mereka, sehingga dapat memberikan layanan internet yang lebih stabil dan cepat. Tidak kalah pentingnya, dengan mengikuti perkembangan teknologi terbaru, ISP dapat mempertahankan keunggulan kompetitif mereka.

Tags: , , , , ,


COMMENTS