June 29, 2024

Epson Terus Dukung Produk Ber-TKDN, Luncurkan Proyektor, Scanner, dan Printer Bisnis Buatan Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Epson Terus Dukung Produk Ber-TKDN, Luncurkan Proyektor, Scanner, dan Printer Bisnis Buatan Indonesia  

Mobitekno – Epson semakin menghargai kebutuhan masayarakat Indonesia dengan semakin meningkatkan produk-produk yang benar-benar memiliki sertifikasi TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri. Melalui dua buah pabrik besar yang berada di Batam dan Cikarang, perusahaan ini menjadi pioneer dalam menghasilkan jajaran printer, proyektor, scanner, dan berbagai kebutuhan kantor lainnya dengan komponen-komponen yang berasal dari Indonesia. Langkanh yang dilakukan Epson Indonesia ini sekaligus membuktikan komitmennya untuk terus mendukung Pemerintah Republik Indonesia dalam meningkatkan penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN).

Tidak heran, sebagai bagian dari upaya ini, Epson sering meluncurkan rangkaian produk terbaru yang sudah memiliki sertifikasi TKDN. Dan pada hari Jumat 28 Juni 2024, Epson Indonesia mengumumkan kehadiran proyektor, document scanner dan printer bisnis terbaru yang dirancang dan diproduksi oleh PT Indonesia Epson Industry yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Saat ini, Epson telah memiliki 56 produk bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dengan tambahan 15 produk lainnya yang sedang dalam proses sertifikasi.

Ng Ngee Khiang, Managing Director dari Epson Indonesia, menyatakan bahwa peluncuran produk-produk baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui perluasan produksi dan penggunaan komponen yang dibuat di dalam negeri. Peluncuran ini mencakup berbagai produk seperti proyektor dengan kualitas gambar cerah dan tajam, document scanner dengan kecepatan dan akurasi tinggi, serta printer bisnis yang mampu mencetak dengan kecepatan tinggi sambil menghemat energi dan biaya. Semua produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri, dari pendidikan hingga bisnis, serta membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

Kehadiran produk-produk yang mengandung tingkat kandunggan lokal yang cukup tinggi ini sangat diapresiasi oleh pemerintah Indonesia. Apalagi Epson Indonesia juga akan terus menambah jumlah produk-produk bersertifikat TKDN di tahun-tahun mendatang. Tentu saja, produk-produk tersebut juga memiliki tingkat efisiensi tinggi dan ramah lingkungan.

Priyadi Arie Nugroho, Direktur Industri Elektronik dan Telematika (IET) Kementerian Perindustrian RI, menyatakan apresiasinya terhadap dukungan nyata Epson melalui investasi perluasan produksi proyektor yang sebelumnya diproduksi di luar negeri dan mulai Juli 2024 dipindahkan ke Indonesia. Produk-produk baru ini memanfaatkan teknologi terkini yang memastikan kualitas tinggi dan efisiensi yang luar biasa, sekaligus memenuhi persyaratan TKDN yang ditetapkan oleh pemerintah. Langkah ini memperkuat posisi Epson sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi dan sebagai mitra yang berkomitmen untuk mendukung perekonomian lokal.

Epson
Peluncuran produk proyektor, scanner, dan printer terbaru dari Epson. Semua buatan Indonesia.

Produk-produk Baru Epson Indonesia

Bertempat di Jakarta, Epson pun meluncurkan proyektor EB-E600 dan EB-X600, proyektor 3LCD pertama yang diproduksi di Indonesia. Kedua produk ini dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung berbagai kebutuhan pendidikan dan perkantoran. Kedua produk ini juga memenuhi persyaratan TKDN yang tinggi, sejalan dengan komitmen Epson untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Zanipar SA Siadari, Head of Product Marketing, Visual Instrument and Corporate Product Epson Indonesia, menyatakan bahwa peluncuran EB-E600 dan EB-X600 membuktikan dedikasi dan komitmen Epson untuk menyediakan teknologi projector terbaik kepada dunia pendidikan Indonesia, meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Epson
56 produk Epson yang sudah memiliki sertifikasi TKDN

Proyektor EB-X600 memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya ideal untuk keperluan mengajar dan presentasi perkantoran. Dengan kecerahan hingga 3600 lumens, resolusi XGA, dan rasio kontras 16.000:1, proyektor ini mampu menghasilkan gambar yang cerah, tajam, dan detil baik untuk teks maupun grafis. Daya lampu 210W memungkinkan penggunaan jangka panjang hingga 6000 jam dalam mode normal dan 12000 jam dalam mode ekonomis. Proyektor ini juga menawarkan fleksibilitas dengan berbagai terminal input dan fitur keystone correction vertikal dan horizontal, serta dimensi yang mudah dipindahkan dan konektivitas jaringan LAN RJ45.

Tidak hanya proyektor, Epson juga memperluas jajaran produk printer multifungsi berukuran A4 dengan meluncurkan AM-C400 dan AM-C550 yang dirancang untuk memberikan solusi pencetakan perkantoran yang andal dengan fitur-fitur canggih dan efisiensi tinggi. Keduanya memenuhi persyaratan TKDN yang tinggi, mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia, menyatakan bahwa peluncuran AM-C400 dan AM-C550 menunjukkan komitmen perusahaan untuk terus mendukung pertumbuhan industri lokal melalui teknologi inovatif dan penggunaan komponen lokal.

Printer AM-C400 dan AM-C550 menggunakan teknologi Heat Free dan printhead precision core, menawarkan kecepatan cetak tinggi, kualitas cetak superior, dan konsumsi energi efisien. Produk-produk ini membantu pengguna perkantoran meningkatkan produktivitas pencetakan dan mengurangi dampak lingkungan melalui fitur-fitur seperti konsumsi daya rendah, desain yang ringkas, dan kapasitas tinta tinggi yang mengurangi frekuensi perawatan. AM-C400 dan AM-C550 juga memiliki fitur unggulan seperti ukuran kaca pemindai yang lebih besar dan Epson Print Admin (EPA) yang mendukung pengelolaan pencetakan tanpa server.

Melengkapi kedua produk terbaru tadi, diluncurkan juga tiga tipe scanner terbaru yang dirancang dan diproduksi di Indonesia. Scanner ini mendukung digitasi dokumen dengan produktivitas tinggi dan efisiensi operasional. Produk scanner ini juga memanfaatkan bahan baku daur ulang hingga 34%. Tiga model scanner yang diluncurkan adalah ES-C380W, ES-C320W, dan DS-C330. ES-C380W memiliki kecepatan scan 30 lembar per menit secara simpleks dan 60 gambar per menit secara dupleks, serta fitur inovatif seperti scan to USB drive, kecepatan dan kualitas tinggi, portabilitas, kemudahan penggunaan, dan keamanan data.

Zanipar SA Siadari menyatakan bahwa peluncuran produk scanner ini merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung program pemerintah dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui proses digitasi dengan produk scanner yang berkualitas tinggi dan ramah lingkungan. Epson berharap produk terbaru ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis di Indonesia, serta mendukung pencapaian target penyerapan Produk Dalam Negeri yang ditetapkan oleh pemerintah.

Epson
Siew Jin Kiat

Peluncuran produk-produk baru ini tentunya akan memperkuat posisi Epson sebagai pemimpin pasar printer, scanner, dan proyektor di Indonesia. Siew Jin Kiat (JK), Regional Director Epson Southeast Asia, menyatakan bahwa memenuhi persyaratan TKDN adalah langkah perusahaan ini untuk menjadi penyedia utama bagi kantor pemerintahan. Oleh karena itu, produk yang memiliki nilai TKDN tinggi di masa depan akan terus ditambah.

Tags: , ,


COMMENTS