January 29, 2024

Telkomsel-Singtel Gandeng Google Hadirkan Layanan Rich Communication Services (RCS) Inovatif untuk Transformasi Digital Bisnis

Penulis: Rizki R
Telkomsel-Singtel Gandeng Google Hadirkan Layanan Rich Communication Services (RCS) Inovatif untuk Transformasi Digital Bisnis  

MobiteknoTelkomsel, perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, mengumumkan kemitraan strategisnya dengan Google untuk membawa layanan Rich Communication Services (RCS) dengan Rich Business Messaging (RBM). Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital pada bisnis dan meningkatkan pengalaman komunikasi pelanggan dengan solusi pesan singkat yang lebih canggih.

Sebagai standar layanan komunikasi seluler terkini, Rich Communication Services (RCS) memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi. Dengan berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, obrolan grup dinamis, serta dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan, pengalaman pengguna semakin ditingkatkan.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, menyatakan bahwa kolaborasi dengan Google sejalan dengan semangat #PastiAdaSolusi. Ini merupakan komitmen Telkomsel untuk menyediakan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada pelanggan bisnis di Indonesia yang mencerminkan visi Telkomsel untuk memimpin inovasi transformasi digital di industri telekomunikasi.

Wong Soon Nam

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam

“Kolaborasi ini pun mencerminkan visi Telkomsel untuk terus memimpin inovasi transformasi digital di industri telekomunikasi Indonesia dan menciptakan nilai tambah yang berdampak positif secara inklusif dan berkelanjutan bagi ratusan juta pelanggan kami,” ungkap Soon Nam dalam kata sambutan event kolaborasi Telkomsel dengan Google, Senin (29/1). 

Fitur Rich Communication Services untuk Pelaku Bisnis

Rich Communication Services

Pelaku bisnis dapat memanfaatkan fitur komunikasi canggih dalam Rich Communication Services untuk menyampaikan ‘Rich Business Messages’ (RBM) sesuai kebutuhan mereka. Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan Singtel di Singapura.

Dengan pertimbangan ketersediaan perangkat yang mendukung teknologi ini, di masa depan, pelanggan dapat menikmati lebih banyak fitur dan manfaat seiring dengan perkembangan layanan RCS.

Terence Lai Tuck Leong dari Singtel menyatakan bahwa platform ini membuka peluang bagi bisnis dari berbagai ukuran dan sektor untuk menjangkau pelanggan Android yang terus berkembang. Jason Choy dari Google mengungkapkan kegembiraan mereka bekerja sama dengan Telkomsel untuk membawa layanan Rich Communication Services ke pengguna di Indonesia.

Dukungan Global GSMA

Rich Communication Services

Telkomsel telah menyatakan dukungannya terhadap GSMA sejak 2016 untuk mendorong adopsi RCS. Profil Universal (UP) RCS dari GSMA mendukung layanan pesan terbuka, konsisten, dan global di seluruh jaringan dan perangkat, yang akan memberikan manfaat bagi pengguna bisnis dan konsumen.

RCS (Rich Communication Services) telah membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan promosi bisnis. Keunggulan pesan multimedia yang dapat disematkan membawa engagement pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

Diversifikasi Use Case untuk Marketing Berbasis Lokasi

RCS menawarkan berbagai use case terkait marketing, terutama yang berbasis lokasi, mulai dari loyalitas hingga industri penerbangan, dan masih banyak lagi. Keberagaman use case ini memberikan fleksibilitas, sehingga tidak ada batasan segmen khusus, setiap industri dapat menyesuaikan karakteristiknya.

“Kami masih mempelajari bersama partner kami untuk menargetkan berbagai vertical industry seperti airlines, education, FMCG, dan fashion,” ujar VP Digital Advertising, Wholesale, Interconnect and Financial Services Telkomsel, Arief Pradetya kepada awak media di Jakarta, Senin (29/1).

Ia pun menyatakan masih terus memantau dan mempersiapkan diri untuk target yang lebih luas. Kolaborasi dengan pelanggan B2B telah terlihat, di mana sejumlah pelanggan telah mengadopsi layanan ini. Ini membantu memperluas ekosistem bersama, memberikan nilai tambah kepada pelanggan Telkomsel.

“Layanan ini tidak hanya dapat digunakan untuk komunikasi person-to-person, tetapi juga memberikan keuntungan bagi advertiser. Advertiser dapat memastikan pesan mereka telah dibaca, mirip dengan aplikasi messaging yang sudah ada,” ungkap Arief.

Sistem tarif RCS masih mengikuti kuota atau pulsa yang tersedia, memberikan fleksibilitas dalam penggunaan layanan ini sesuai kebutuhan pengguna. Dengan begitu, Rich Communication Services menjadi solusi komunikasi yang tidak hanya efektif tetapi juga dapat diakses dengan mudah sesuai kebijakan tarif pengguna.

Kolaborasi Telkomsel dan Google ini diharapkan tidak hanya memperkaya pengalaman komunikasi pelanggan tetapi juga membuka pintu bagi inovasi bisnis yang lebih luas di masa depan. Sebagai pemimpin di industri telekomunikasi, Telkomsel terus berkomitmen untuk membawa solusi terdepan dan berdampak positif secara inklusif dan berkelanjutan bagi ratusan juta pelanggan mereka.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS