June 28, 2024

Bank Saqu Solopreneur Academy Jadi Ajang untuk Dorong Kesuksesan Wirausahawan Lewat Jaringan Komunitas

Penulis: Iwan RS
Bank Saqu Solopreneur Academy Jadi Ajang untuk Dorong Kesuksesan Wirausahawan Lewat Jaringan Komunitas  

Mobitekno – Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta, bersama Endeavor Indonesia, komunitas untuk mendukung pengusaha tanah air, menggelar Solopreneur Academy Networking Event bertema “Kisah Sukses Bisnis Melejit Lewat Komunitas”.

Sebagai informasi, solopreneur adalah individu yang merupakan pemilik sekaligus satu-satunya karyawan dari sebuah bisnis. Solopreneur sering kali memilih untuk bekerja secara mandiri karena mereka menikmati fleksibilitas dan otonomi yang ditawarkannya.

Photo III Solopreneur Academy Networking Event
Angela Lew Dermawan, Chief Digital Business Officer PT Bank Jasa Jakarta memberikan sambutan pada Bank Saqu Solopreneur Academy Networking Event bertema “Kisah Sukses Bisnis Melejit Lewat Komunitas” di Jakarta (27/6/2024).

Chief Digital Business Officer PT Bank Jasa Jakarta, Angela Lew Dermawan, mengatakan Solopreneur Academy Networking Event menjadi wadah untuk bertukar pikiran sekaligus mendapatkan inspirasi bagi para nasabah/pelanggan yang ingin menjadi solopreneur. Baik dari sesama wirausahawan atau dari para ahli di bidangnya.

“Melalui Solopreneur Academy, kami berupaya memfasilitasi peserta dengan memperkuat jaringan di antara para pelaku usaha. Dengan inovasi layanan perbankan digital yang kami hadirkan, solopreneur dapat mengatur keuangan mereka dengan lebih mudah dan menyenangkan,” tambah Angela.

Photo I Solopreneur Academy Networking Event
Angela Lew Dermawan, Chief Digital Business Officer PT Bank Jasa Jakarta (kedua kanan) bersama Devina Hartono, Direktur Eksekutif Endeavor Indonesia (kiri) dan para pembicara, yaitu Feriani Chung, CMO ZAP Clinic (kedua kiri) dan Ferinda Lestari, Head of Brand & Community Marketing Female Daily Network (kanan) pada ajang Solopreneur Academy Networking Event di Jakarta (27/6/2024).

“Melalui program-program komprehensif, mereka akan mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan membuka jaringan yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai kesuksesan. Solopreneur Academy bertujuan untuk membantu para solopreneur Indonesia mencapai potensi maksimal dan menjadi versi terbaik diri mereka sendiri,” kata Angela Lew Dermawan.

Menurutnya, keberadaan solopreneur perlu direspons mengingat andil besarnya menggerakan perekonomian negara. Bank Saqu ingin terus berkomitmen menjadi rekan seperjuangan dan mitra strategis untu, membantu para solopreneur atau pengusaha dalam mencapai kesuksesan finansial mereka.

Program Bank Saqu untuk tingkatkan kompetensi para solopreneur

Solopreneur Academy Networking Event diisi dengan diskusi interaktif bersama Feriani Chung, Chief Marketing Officer ZAP Clinic dan Ferinda Lestari, Head of Brand & Community Marketing Female Daily Network yang memberikan wawasan tentang peran penting komunitas dalam kesuksesan bisnis. Keduanya membagikan pengalaman, strategi, dan tips praktis untuk membangun dan memanfaatkan komunitas dalam mengembangkan bisnis.

Devina Hartono, Direktur Eksekutif Endeavor Indonesia, mengatakan bahwa Endeavor Indonesia sebagai komunitas yang mendukung entrepreneur selalu scale up untuk membuka potensi solopreneur khususnya yang mengikuti Solopreneur Academy melalui edukasi entrepreneur didukung dengan adanya fasilitas dari Bank Saqu untuk mengelola bisnisnya.

“Kami berharap acara ini juga dapat menjadi titik awal bagi para solopreneur untuk meningkatkan kompetensi dan meraih kesuksesan yang lebih besar serta menjadi titik awal dukungan dari Endeavor dan Bank Saqu untuk para solopreneur menjadi the next level entrepreneur,” tambahnya.

Bank Saqu Solopreneur Academy menawarkan program komprehensif yang dirancang untuk memberdayakan solopreneur Indonesia dan membantu mereka meraih potensi terbaik. Program ini terdiri dari beberapa tahapan yang meliputi Solopreneur Academy Roadshow, Seleksi dan Pengumuman Peserta, Bimbingan dan Pelatihan dan Presentasi Akhir dan Demo Day.

Photo II Solopreneur Academy Networking Event
Angela Lew Dermawan, Chief Digital Business Officer PT Bank Jasa Jakarta (tengah) sedang mengunjungi tenant booth solopreneur di Solopreneur Academy Networking Event.

Nasabah Bank Saqu saat ini sudah mencapai lebih dari satu juta nasabah dimana 43%-nya ada di usia antara 20-30 tahun, dengan sekitar 40% nasabah merupakan solopreneur. Melalui layanan perbankan digitalnya, Bank yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab ini telah menghadirkan beberapa produk inovatif seperti Saku, Tabungmatic, Saku Booster dan Busposito yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan finansial generasi produktif.

Terkait segmentasi, Bank Saqu lebih menyasar nasabah generasi muda, misalnya para solopreneur di Indonesia yang mencakup freelancer (pekerja lepas) dan karyawan tetap dengan pekerjaan tambahan baik penulis, desainer web, pengembang web, fotografer, videografer, dan konsultan.

Solopreneur juga mencakup pemilik toko online yang menjual produk fisik atau digital melalui toko online mereka sendiri, penyedia layanan (jasa pijat, pelatihan kebugaran, jasa desain interior), serta pengrajin.

Adapun Endeavor Indonesia adalah komunitas global terkemuka yang sudah ada di 43 negara dari, oleh dan untuk high-impact entrepreneur yang memiliki mimpi besar dan berkeinginan meningkatkan skala bisnis dengan cepat, serta berkontribusi kembali kepada masyarakat. Misi Endeavor sendiri membangun ekosistem kewirausahaan dalam pasar yang berkembang di seluruh dunia.

Hadir sejak 2012 di Indonesia, Endeavor telah memilih dan mendukung 98 entrepreneur terkemuka dari 68 perusahaan, disebut Endeavor Entrepreneur yang diantaranya adalah pendiri dan CEO eFishery, Kopi Kenangan, Bobobox, Kitabisa.com, Female Daily Network, Waresix, Cottonink, Pinhome, dan Buttonscarves.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS