February 27, 2024

Meluncur di MWC 2024, Platform Intel Terbaru Dorong Transformasi Jaringan, AI, dan Edge

Penulis: Rizki R
Meluncur di MWC 2024, Platform Intel Terbaru Dorong Transformasi Jaringan, AI, dan Edge  

Mobitekno – Pada Mobile World Congress (MWC) 2024, Intel mengumumkan serangkaian solusi, layanan baru, dan platform Intel yang bertujuan untuk mengubah lanskap teknologi saat ini. Melalui pengumuman tersebut, Intel menegaskan komitmennya untuk memberikan produk dan solusi inovatif bagi pelanggan, mitra, dan ekosistemnya untuk memanfaatkan peluang yang muncul dari Artificial Intelligence (AI) dan otomatisasi bawaan.

Dalam upaya untuk memodernisasi jaringan dan infrastruktur edge, Intel mengumumkan produk-produk unggulan seperti prosesor Intel® Core™ Ultra dan AI PC. Intel juga fokus pada pemberdayaan industri untuk memonetisasi dan mempercepat investasi enterprise, serta mendorong inovasi melalui konsep AI Everywhere.

Sachin Katti, senior vice president and general manager of the Network and Edge Group, Intel, mengungkap bahwa platform Intel akan menyajikan inovasi bagi sejumlah mitra dan pelanggan di seluruh jaringan, edge, dan enterprise untuk memodernisasi jaringan mereka, memonetisasi layanan baru di edge, dan menghadirkan AI ke mana pun. 

Platform Intel

Dirinya menambahkan, “Strategi SOC Intel yang dioptimalkan untuk jaringan dan edge secara unik mengintegrasikan komputasi general dan akselerasi untuk jaringan, AI, serta beban kerja vRAN, dan kami mengumumkan produk terbaik generasi berikutnya untuk 5G core dengan Sierra Forest dan 5G vRAN dengan Granite Rapids-D,”

Platform Intel: Inovasi AI di Jaringan Modern dan Solusi Edge

Intel memperkenalkan prosesor Xeon masa depan, Granite Rapids-D, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya di virtual radio access network (vRAN). Dengan teknologi terbaru, prosesor ini menjanjikan penghematan energi dan biaya yang signifikan bagi operator, sambil memperluas kepemimpinan vRAN.

Platform Intel

Untuk meningkatkan kinerja 5G core, Intel juga mengumumkan prosesor Sierra Forest, yang menawarkan hingga 288 Efficient-core (E-core) dalam satu chip. Intel juga meluncurkan software Intel Infrastructure Power Manager untuk 5G core, yang membantu operator mengurangi konsumsi daya CPU hingga 30% sambil mempertahankan kinerja yang optimal.

Selain itu, platform Intel terbaru memberikan fokus pada edge yang mendukung komponen heterogen untuk menghasilkan TCO yang lebih rendah. Platform Intel ini juga dilengkapi dengan AI runtime untuk optimalisasi inferensi AI secara real-time dan penempatan beban kerja yang dinamis dalam software infrastruktur.

Intel

Intel memanfaatkan basis instalasinya yang luas dan keahlian mendalam dari lebih dari 90.000 penerapan edge saat ini dengan jejak yang mencakup lebih dari 200 juta prosesor yang terjual dalam 10 tahun terakhir untuk membantu pelanggan memanfaatkan peluang AI edge dengan cepat dan efisien.

Melalui serangkaian inovasi ini, Intel berkomitmen untuk memimpin perubahan dalam industri teknologi, membuka peluang baru bagi pelanggan dan mitra, serta mendorong perkembangan AI dan edge computing yang lebih canggih. Dengan demikian, Intel terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin di era transformasi digital.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS