January 25, 2024

“Jam Kiamat” Bergerak ke 90 Detik Menuju Tengah Malam, Bahaya Nuklir Menghantui Dunia

Penulis: Rizki R
“Jam Kiamat” Bergerak ke 90 Detik Menuju Tengah Malam, Bahaya Nuklir Menghantui Dunia  

Mobitekno – Menjadi keniscayaan bahwa dunia semakin mendekati bencana besar. Jam Kiamat, yang secara metafora mencerminkan tantangan global, kembali disetel ulang ke 90 detik sebelum tengah malam pada hari Selasa.

Dewan Ilmu Pengetahuan dan Keamanan dari Bulletin of the Atomic Scientist menyatakan bahwa penyebab utama reset jam ini—yang dianggap sebagai bencana terbesar yang dihadapi manusia— sebagian besar, meskipun tidak eksklusif adalah terkait dengan perang di Ukraina.

Evaluasi bulanan oleh badan ilmiah ini dilakukan setiap Januari, dan kegiatan mereset jam ini adalah pembaruan pertama sejak invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Februari lalu. Peristiwa tersebut memicu perang di Eropa dan meningkatkan jumlah pengungsi.

Jam Kiamat

Seorang akademisi sains Bill Nye melihat “Jam Kiamat”, sesaat sebelum Bulletin of the Atomic Scientist  mengumumkan keputusan terbaru tentang jarum menit “Jam Kiamat”, Selasa, 23 Januari 2024, di National Press Club Broadcast Center, di Washington |  Jacquelyn Martin/AP

Jam Kiamat pertama kali mencuri perhatian pada tahun 2020 saat diatur ke 100 detik. Hal itu menandai untuk pertama kalinya penurunan jam ini ke detik, bukan menit. Saat itu, ilmuwan di Bulletin mengatakan kita berada ‘di ambang kehancuran’. Jam tetap di 100 detik hingga tahun 2021 dan 2022.

Jam Kiamat Alarm Bagi Umat Manusia

Ilmuwan di balik Jam Kiamat menggunakan simbol ini untuk memperingatkan manusia tentang ancaman dari dalam, khususnya melalui teknologi, termasuk perang nuklir, perubahan iklim global, dan bioteknologi.

Pada pengumuman tahunan mereka, Bulletin of the Atomic Scientist menyoroti ancaman nuklir dari perang Rusia di Ukraina, serangan di Israel pada 7 Oktober, dan konflik di Gaza. Semua ini memperparah bencana terkait iklim dan risiko dari kecerdasan buatan generatif.

Rachel Bronson, CEO grup Bulletin, menyatakan keprihatinan yang semakin besar dengan mengatur waktu menjadi 90 detik menuju tengah malam tahun lalu, “inilah angka terdekat dengan bencana global yang pernah terjadi.”

images 2 4

Rachel Bronson, CEO grup Bulletin

Dia menekankan perlunya kerja sama internasional untuk memutar kembali waktu tersebut dan menyoroti peran negara-negara kuat seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan Rusia dalam proses ini.

Dari pembaruan terkini, Mary Robinson, mantan p.n. komisaris tinggi hak asasi manusia, menerangkan bahwa Jam Kiamat membunyikan alarm bagi seluruh umat manusia. Ia menegaskan manusia berada di ambang jurang kehancuran, namun para pemimpin dunia tidak bertindak sesegera mungkin untuk mengamankan planet yang damai dan layak huni.

Jam Kiamat

Bulletin of the Atomic Scientist mengumumkan bahwa mereka telah memindahkan jarum menit Jam Kiamat ke 90 detik menuju tengah malam. Dari kiri: Siegfried Hecker, Daniel Holz, Sharon Squassoni, Mary Robinson dan Elbegdorj Tsakhia bersama Buletin Ilmuwan Atom melepas kain yang menutupi Jam Kiamat pada konferensi pers di National Press Club di Washington pada hari Selasa | Patrick Semansky/AP

Sebagian besar pengumuman pada hari itu terfokus pada Rusia, dan ancaman Presiden Vladimir Putin untuk menggunakan senjata nuklir dan penolakannya untuk menerima apa pun selain kemenangan di Ukraina. Steve Fetter, dekan sekolah pascasarjana dan profesor kebijakan publik di Universitas Maryland, menutup dengan mengatakan, “Perang telah mengubah secara drastis tatanan nuklir terkait sistem perjanjian dan pemahaman yang telah dibangun selama enam dekade untuk membatasi bahaya senjata nuklir.”

Tags: , , , , ,


COMMENTS