February 24, 2024

GTC 2024, Terobosan Baru Bikin Komputasi Akan Dipercepat dengan AI Generatif dan Robotika

Penulis: Desmal Andi
GTC 2024, Terobosan Baru Bikin Komputasi Akan Dipercepat dengan AI Generatif dan Robotika  

Mobitekno – Gelaran konferensi terbesar di bidang kecerdasan buatan (AI), GTC 2024, akan segera digelar di San Jose Convention Center pada tanggal 18-21 Maret. NVIDIA, salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia, akan menjadi tuan rumah acara ini yang diprediksi akan dihadiri oleh lebih dari 300.000 peserta, baik secara langsung maupun virtual. Pada konferensi ini, para pemimpin dan perusahaan terkemuka dari berbagai sektor, seperti layanan kesehatan, transportasi, jasa keuangan, telekomunikasi, dan pertanian, akan berkumpul untuk berbagi pengetahuan dan menyaksikan pengumuman terbaru dalam dunia komputasi yang dipercepat, kecerdasan buatan generatif, dan robotika.

Puncak acara akan dimulai dengan keynote dari pendiri dan CEO NVIDIA, Jensen Huang, yang akan diadakan di SAP Center pada hari Senin, 18 Maret, pukul 1 siang waktu Pasifik. Keynote ini akan disiarkan langsung dan dapat diakses sesuai kebutuhan para peserta. Jensen Huang, yang telah menjadi pemimpin dalam industri kecerdasan buatan, akan membahas perkembangan terkini dalam teknologi, serta membuka wawasan baru mengenai masa depan komputasi.

Sejak Jensen Huang pertama kali menyoroti pentingnya pembelajaran mesin dalam keynote GTC tahun 2014, NVIDIA telah menjadi pionir dalam revolusi kecerdasan buatan. Platform perusahaan ini telah memainkan peran integral dalam mendorong kemajuan AI di berbagai sektor, termasuk model bahasa besar, biologi, keamanan siber, pusat data dan komputasi awan, AI percakapan, jaringan, fisika, robotika, komputasi kuantum, ilmiah, dan edge computing.

Dengan lebih dari 900 sesi acara dan lebih dari 300 peserta pameran, GTC 2024 akan memberikan panggung bagi organisasi dari berbagai industri untuk menyoroti bagaimana mereka menerapkan platform NVIDIA dalam mencapai terobosan luar biasa. Industri yang akan menjadi fokus utama termasuk dirgantara, pertanian, otomotif dan transportasi, layanan cloud, layanan keuangan, perawatan kesehatan dan ilmu hayati, manufaktur, ritel, serta telekomunikasi.

Salah satu sorotan utama dalam konferensi ini adalah peran AI generatif dalam memicu transformasi di berbagai sektor. Jensen Huang menyatakan bahwa AI generatif telah menjadi pusat perhatian karena pemerintah, industri, dan organisasi di seluruh dunia berusaha memanfaatkan kemampuannya yang transformatif. GTC, sebagai konferensi AI paling penting di dunia, akan menjadi tempat di mana seluruh ekosistem hadir untuk berbagi pengetahuan dan mendorong kemajuan teknologi terkini.

GTC 2024
GTC 2024

GTC 2024 Diikuti Lebih Seribu Organisasi

Lebih dari 1.000 organisasi bergengsi di seluruh dunia dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam GTC 2024, termasuk perusahaan-perusahaan terkenal seperti Adobe, Amazon, Amgen, Anthropic, Blackrock, Cohere, Databricks, Dell Technologies, Genentech, Getty Images, HPE, Hugging Face, Lockheed Martin, L’Oreal, Lowe’s, Lucasfilm dan ILM, Mercedes-Benz, Micron, Mistral AI, Netflix, Oracle, Pixar, Runway, Saudi Aramco, Scale AI, ServiceNow, Siemens, Snowflake, Supermicro, Walt Disney Animation Studios, dan Zoox. Kehadiran mereka menegaskan betapa pentingnya acara ini dalam membentuk arah perkembangan teknologi di masa depan.

GTC 2024 bukan hanya sekedar konferensi, tetapi juga merupakan wadah bagi para pemangku kepentingan untuk menjalin kemitraan, berbagi ide, dan menjelajahi peluang kolaborasi dalam menghadapi tantangan dan peluang di era kecerdasan buatan. Dengan kombinasi keynote yang menginspirasi, sesi acara mendalam, dan pameran teknologi terkini, GTC 2024 diharapkan menjadi landasan bagi inovasi baru yang akan membentuk masa depan teknologi AI, komputasi yang dipercepat, dan robotika. Bergabunglah dengan ribuan peserta di GTC 2024 untuk merasakan pengalaman tak terlupakan dalam melihat masa depan yang semakin cerah dalam dunia teknologi.

Beberapa pembicara yang rencananya akan mengisi acara ini adalah:

  • Brad Lightcap, Chief Operating Officer, OpenAI
  • Sebastien Bubeck, Vice President, Microsoft GenAI
  • Vincent Vanhoucke, Distinguished Scientist and Senior Director of robotics, Google DeepMind
  • Joelle Pineau, Wakil Presiden AI research, Meta
  • Fei-Fei Li, Professor Komputer Sains dan Co-Director HAI, Stanford University
  • Priscilla Chan, Cofounder dan co-CEO, Chan Zuckerberg Initiative
  • Stefan Goebel, Senior Vice President, Chief of Staff, Product Engineering and Head of Strategic Engineering Partnerships, SAP Labs
  • Marc Raibert, executive director, The AI Institute
  • Igor Babuschkin, cofounder, xAI
  • Belinda Neal, COO Core Engineering dan Head of Engineering Partnerships, Goldman Sachs
  • Moises Hernandez-Fernandez, Vice President, of Machine Learning Center of Excellence, JPMorgan Chase
  • Shan Jegatheeswaran, Vice President and Global Head of MedTech Digital, Johnson & Johnson
  • Rodolphe Katra, Vice President of AI, Medtronic
  • Aaron Saunders, CTO, Boston Dynamics.
GTC 2024
Jensen Huang
Tags: , ,


COMMENTS