March 20, 2024

Review vivo V30 Pro 5G, Kelas Menengah dengan Fitur Kamera Gahar Berkat ZEISS

Penulis: Desmal Andi
Review vivo V30 Pro 5G, Kelas Menengah dengan Fitur Kamera Gahar Berkat ZEISS  

Mobitekno – Dengan terus memperluas inovasi di ranah teknologi, Vivo kembali mengejutkan pasar smartphone dengan menghadirkan Vivo V30 Pro 5G di Indonesia akhir Februari lalu. Melalui perangkat ini, Vivo tidak hanya menawarkan kecanggihan teknologi terbaru, tetapi juga merangkul gaya hidup modern penggunanya. Smartphone vivo V30 Pro 5G hadir dengan menyajikan kombinasi sempurna antara desain yang elegan, performa yang tangguh, dan fitur-fitur unggulan yang memukau. Dari kamera hingga performa, perangkat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang dinamis dan memastikan pengalaman pengguna yang tak tertandingi.

Dari penampilan luarnya, desainnya yang menggoda akan segera menarik perhatian banyak orang. vivo V30 Pro 5G memang menampilkan desain yang ramping dan elegan, dengan tepian yang halus dan proporsi yang sempurna. Melalui pemilihan material berkualitas tinggi, vivo menghadirkan perangkat yang tidak hanya cantik dilihat, tetapi juga nyaman digunakan dalam genggaman Anda sehari-hari. Dengan sentuhan yang halus dan kesan premium, Vivo V30 Pro 5G tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga menjadi aksesori gaya yang memperkaya gaya hidup Anda.

Keindahan luaran Vivo V30 Pro 5G sebanding dengan kecanggihan yang ada di dalamnya. Ditenagai oleh prosesor kelas atas dan RAM yang besar, perangkat ini menawarkan performa yang tangguh untuk menjalankan aplikasi dan tugas multitasking dengan lancar. Ditambah lagi dengan kapasitas penyimpanan yang luas. Menariknya, vivo V30 Pro 5G membawa ZEISS Professional Portrait sebagai salahs atu fitur unggulannya. Mengambil gambar maupun video tentu saja menjadi lebih mudah, terutama jika ingin mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal. Mobitekno pun tidak melewatkan hal ini dengan menguji perangkat smartphone ini selama beberapa minggu. Hasilnya bisa dibaca berikut ini.

Kelengkapan

Masuk sebagai smartphone kelas menengah dengan kualitas yang tinggi, vivo V30 Pro dikemas dalam sebuah boks yang terlihat cukup mewah. Material  boks cukup tebal dengan nama brand “vivo V30 Pro – Co-engineeed with ZEISS” tertera di bagian tengah. Saat dibuka, ini yang ada di dalamnya:

  1. Smartphone vivo V30 Pro 5G dengan warna hijau
  2. Softcase transparan untuk melindungi smartphone
  3. SIM Card Ejector
  4. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  5. Kabel USB type A to C
  6. Adapter 80W

Desain

Brand ini tampaknya menghadirkan vivo V30 Pro 5G untuk mendukung gaya hidup atau lifetyle para penggunanya. Desain yang dibawanya terlihat elegan dengan penempatan beberapa fitur seperti kamera yang proporsional, sehingga mampu menggugah orang lain untuk melirik ke produk ini. Untuk opsi warnanya sendiri, vivo menyajikannya dengan pesan di dalamnya. Desain dan warna yang dihadirkan vivo V30 Pro 5G ini membawa tema “Zamrud Katulistiwa”. Oleh sebab itu, warna hijau yang dibawanya ini menggambarkan keindahan alam Indonesia. Sementara opsi warna satunya lagi, yaitu hijau terinspirasi dari kesuburan tanah di Indonesia.

vivo V30 Pro
Warna Hijau yang menggambarkan hijaunya alam Indonesia

Dengan palet warna yang memesona serta unik dan lekukan yang ramping, kedua pilihan warna ini diharapkan memberikan kenyamanan yang penuh gaya bagi para pengguna serta sangat cocok untuk mendukung tampilan outfit sehari-hari.

Smartphone ini hadir dengan layar berukuran layar 6,78 inci. Layarnya sudah membawa panel Amoled dengan resolusi 2.800 x 1.260 piksel, 120Hz refresh rate, dan tingkat kecerahan hingga 2.800 nits. Spesifikasi ini membuat layarnya begitu cerah, walau dibawah paparan sinar matahari sekalipun. Di bagian atas layar terdapat kamera depan 50MP autofocus.

Sekarang kita beralih ke sisi kiri dan kanannya. Karena mengusung layar dengan desain 3D Curved Screen, membuat sisi kiri dan kanan smartphone ini terlihat sangat ramping. Sisi kanan terdapat tombol volume dan power yang diletakkan segaris dan berdekatan. Desain tombol juga mengikuti sisi tepi smartphone sehingga sekilas tidak terlihat adanya tombol tersebut, sampai Anda merasakannya dengan sentuhan jari. Sisi kiri terlihat polos tanpa adanya satu tombol fungsi.

IMG 20240218 1113311
3D Curve Design

Di sisi bawah, mulai dari sisi kiri terdapat slot SIM card yang megadopsi dual nano SIM. Di sebelahnya lagi terdapa lubang mikrofon, lalu berlanjut ke port USB type C, dan terakhir adalah lubang speaker.

Sementara di sisi atas hanya terdapat lubang mikrofon dan tagline “Professional Portrait” yang melambangkan kemampuan smartphone ini dalam mengabadikan foto-foto portrait berkualitas tinggi.

Di sisi belakang, tentu saja menjadi perhatian utama karena terdapat kamera belakang yang didukung teknologi ZEISS. Ini menjadi keunggulan vivo V30 Pro 5G karena membuatnya dapat mengabadikan gambar dengan begitu detail, kaya warna, serta berkualitas tinggi.

vivo V30 Pro 5G ini memiliki tiga buah kamera belakang, yang seluruhnya sudah memenuhi standar ZEISS Optics pada kamera belakangnya, termasuk lensa 50MP VCS True Color Main Camera (vivo Camera Bionic Spectrum) dengan sensor Sony IMX920, 50MP AF Super Wide-Angle Camera, dan 50MP Professional Portrait Camera, vivo V30 Pro memberikan resolusi kamera potret tertinggi di kelasnya. Didukung lensa potret khusus pertama di segmen harganya, 50MP Professional Portrait Camera dengan sensor Sony IMX816, vivo V30 Pro 5G menciptakan potret fotografi tiga dimensi yang autentik dan nyata.

vivo V30 Pro
Kamera Belakang

Fitur dan Performa

Jika tadi mengulas tentang desain secara keseluruhan, kini kita menuju ke bagian pengoperasian, sehingga bisa diketahui performa maksimalnya. Untuk vivo 30 Pro 5G ini, vivo sudah menyematkan sistem operasi FunTouch OS 14 yang didukung Android 14. Pergantian tampilan di layar terasa begitu halus, tidak terasa lag. Layar yang sudah mengadopsi material Amoled juga menyajikan tampilan yang begitu jernih. Didukung oleh desain 3D Curved Screen, membuat smartphone ini begitu nyaman untuk digenggam.

Lancarnya pengoperasian ini tidaklain berkat penggunaan memori yang besar, yaitu 12GB. Memori ini juga bisa ditingkatkan dua kali lipat, menjadi 12GB + 12GB. Ini tentunya bisa menghasilkan performa tinggi. Apalagi didukung juga dengan prosesor MediaTek Dimensity 8200 yang memiliki Core CPU 8 buah dengan fabrikasi 4nm. Dengan kombinasi prosesor dan memori ini, vivo V30 Pro 5G tidak hanya cepat dan efisien, tetapi juga mampu menjawab kebutuhan pengguna yang memerlukan koneksi yang stabil dan responsif.

vivo V30 Pro
Prosesor MediaTek Dimensity 8200

Jika memori dan prosesor sudah besar dan maksimal, bagaimana dengan storage internalnya? Tenang saja. vivo V30 Pro 5G sudah dibekali storage internal sebesar 512GB. Ini tentunya bisa menampung banyak dokumen, foto, dan video di dalamnya. Dengan begitu, hal ini berjalan searah dengan kemampuan kamera yang dimilikinya, yang membuat penggunanya akan melakukan banyak aktivitas foto dan video. Menurut vivo, storage sebesar ini memungkinkan pengguna menyimpan hingga 50.000 foto HD, 8.000 trek lagu, serta hingga 120 game berukuran besar, bersamaan dengan aplikasi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. Cukup lega bukan?

Jika semua sudah maksimal, namun durasi penggunaannya hanya sebentar, tentunya akan menjadi sia-sia. Namun vivo tidak demikian. vivo V30 Pro 5G sudah membawa baterai sangat besar, yaitu 5.000 mAh. Baterai sebesar ini mampu mendukung aktivitas penggunanya seharian penuh. Apalagi didukung juga dengan sistem pengisian 80W FlashCharge. Sektor ini masih dilengkapi dengan Ultra Large Smart Cooling System untuk menjaga suhu perangkat tetap optimal selama penggunaan berat.

Sekarang beralih ke bagian kamera, yang tentunya menjadi fitur unggulan smartphone ini. vivo V30 Pro 5G hadir dengan triple camera yang semuanya sudah memenuhi standar ZEISS Optics pada kamera belakangnya, termasuk lensa 50MP VCS True Color Main Camera (vivo Camera Bionic Spectrum) dengan sensor Sony IMX920, 50MP AF Super Wide-Angle Camera, dan 50MP Professional Portrait Camera. Kemampuan kameranya ini juga membuat vivo V30 Pro 5G memberikan resolusi kamera potret tertinggi di kelasnya. Kamera ini juga didukung lensa potret khusus pertama di segmen harganya, 50MP Professional Portrait Camera dengan sensor Sony IMX816, vivo V30 Pro menciptakan potret fotografi tiga dimensi yang autentik dan nyata.

Masih di bagian kamera, dengan menghadirkan teknologi eksklusif VCS (vivo Camera Bionic Spectrum) pada vivo V30 Pro 5G, reproduksi warna pada portrait ditingkatkan sehingga dapat memberikan gambar yang mendekati persepsi alami mata manusia. Lebih lagi, dengan kamera 50MP AF Super Wide-Angle, vivo memberikan kemudahan kepada pengguna, terutama anak muda yang ingin mengabadikan momen bersama teman-teman dalam foto grup berkualitas tinggi. Bahkan, dengan kemampuan menampung jumlah orang yang banyak, hingga 30 orang dalam satu frame, vivo memastikan bahwa setiap wajah tetap terlihat jelas, bahkan ketika diperbesar.

IMG 20240218 111234
Kamera vivo V30 Pro 5G yang didukung ZEISS

Pada modul kamera depan, vivo V30 Pro 5G dilengkapi 50MP AF Group Photo dan autofocus canggih, yang akan menghasilkan potret dengan resolusi tinggi, dengan ketajaman dan kualitas gambar yang luar biasa bahkan ketika berfoto selfie maupun wefie dengan latar belakang pemandangan yang memiliki sudut yang lebih luas.

Untuk sisi keamanan, vivo V30 Pro 5G sudah dibekali keamanan lengkap, mulai dari sidik jari yang berada di atas layar, pattern untuk membuka lock screen, hingga PIN. vivo V30 Pro 5G juga tetap menghadirkan asisten Jovi Home yang dapat membantu pengguna dalam mengakses smartphone dan mendapatkan informasi dengan lebih mudah.

Bagaimana untuk gaming? Walau tidak dikhususkan sebagai smartphone gaming, namun spesifikasi vivo V3 Pro 5G ini sudah mumpuni menjalankan game-game terkini. Untuk itu, vivo juga membekali smartphone ini dengan fitur Ultra Game Mode. Jika fitur ini diaktifkan (dari menu Settings), pengguna bisa mengatur beberapa opsi saat bermain game, seperti menonaktifkan berbagai notifikasi atau menolak telepon.

Mobitekno juga mengukur smartphone ini dengan beberapa aplikasi benchmark. Hasilnya bisa dilihat berikut ini.

Sementara itu, berikut adalah contoh-contoh foto yang dihasilkan dari vivo V30 Pro 5G

Spesifikasi

Nama Produk Vivo V30 Pro 5G
Warna Hijau dan hitam
Ukuran dan bobot 164.4 x 75.1 x 7.5 mm 188gram
Tipe SIM Card Dual Nano SIM
Layar Amoled 6,78 inci, 2800 nits, 1260 x 2800px
Sistem Operasi FunTouch OS 14 berbasia Android 14
Chipset MediaTek Dimensity 8200 (4nm)
Memori 12GB + 12GB
Storage Internal 512GB
GPU Mali-G610 MC6
Kamera Depan 50MP wide + 50MP telefoto + 50MG ultrawide
Kamera Depan 50MP Autofocus
Fitur Kamera ZEISS Optics, Aura Light, Panorama, HDR
Fitur Smartphone NFS, USB typ2 C OTG, Bluetooth 5.3 A2DP, Dual band, Wi-Fi Direct,
Baterai 5.000mAh dengan 8W Flash Charge
Harga Rp 8.999.000

Kesimpulan

Vivo V30 Pro 5G menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan kombinasi yang kuat antara desain yang elegan, kinerja yang tangguh, dan konektivitas 5G yang canggih. Dengan layar Amoled yang jernih, kamera yang sangat canggih dengan dukungan ZEISS, serta fitur-fitur inovatif seperti pengisian cepat Flash Charge 80W, membuat vivo V30 Pro 5G cocok untuk pengguna yang menginginkan perangkat yang dapat diandalkan untuk menangani berbagai tugas sehari-hari serta menikmati konten multimedia dengan kualitas yang luar biasa.

Secara keseluruhan, Vivo V30 Pro 5G menunjukkan komitmen Vivo untuk menyajikan teknologi terdepan dalam paket yang menarik dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen modern yang selalu terhubung dan menginginkan performa terbaik dari perangkat mereka.

vivo V30 Pro
vivo V30 Pro


COMMENTS