June 19, 2024

Langkahi Apple dan Microsoft, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia dengan Kapitalisasi Pasar 3,3 Triliun USD

Penulis: Rizki R
Langkahi Apple dan Microsoft, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia dengan Kapitalisasi Pasar 3,3 Triliun USD  

Mobitekno – Reli saham Nvidia Corp. yang terus berlanjut telah mendorong kapitalisasi pasar perusahaan semikonduktor ini melampaui raksasa teknologi lainnya. Gelombang kecerdasan buatan (AI) yang terus meningkat telah menjadikan Nvidia sebagai perusahaan paling bernilai di dunia saat ini.

Pada hari Selasa (18/6), saham Nvidia Corp. naik sebanyak 3,4% hingga kapitalisasi pasar mencapai sekitar US$3,3 triliun (sekitar Rp54 ribu triliun). Kenaikan ini melampaui Microsoft Corp. dan Apple Inc., yang selama beberapa bulan terakhir bersaing ketat untuk posisi teratas. Awal bulan ini, perusahaan yang berbasis di California ini berhasil melampaui Apple berdasarkan nilai pasar untuk pertama kalinya sejak 2002, dan kedua perusahaan ini terus bergantian menduduki peringkat pertama dalam beberapa hari terakhir. Pekan lalu, Apple juga sempat menyalip Microsoft untuk menduduki posisi teratas.

Pencapaian ini menjadi pengingat bahwa AI adalah fokus utama banyak investor saat ini. Mereka dipandang sebagai penerima manfaat terbesar dan paling awal dari teknologi AI karena dominasi pasar chip yang sangat dicari, yang membantu menggerakkan pusat data dalam menjalankan tugas komputasi kompleks untuk aplikasi AI. Permintaan untuk akselerator H100 melonjak dan mendorong penjualan naik lebih dari 125% tahun lalu.

Lintasarta DekaGPU Nvidia H100

Microsoft juga dipandang sebagai pemenang awal dalam bidang AI berkat investasi dan kemitraannya dengan OpenAI, pencipta ChatGPT. Sementara itu, saham Apple juga menguat setelah pembuat iPhone tersebut mengumumkan rencana mereka untuk menggunakan teknologi AI, yang akhirnya menenangkan para investor.

Nvidia Lebih dari Sekedar Pembuat Chip

Analis Daniel Ives dari Wedbush Securities menyatakan bahwa dalam beberapa tahun mendatang, perlombaan menuju kapitalisasi pasar $4 triliun akan menjadi persaingan utama antara Nvidia, Apple, dan Microsoft.

“Kami percaya bahwa selama tahun depan perlombaan menuju Kapitalisasi Pasar $4 Triliun dalam Teknologi akan menjadi yang terdepan dan utama antara Nvidia, Apple, dan Microsoft,” tulis Ives.

Investor dan CEO Nvidia, Jensen Huang, menegaskan bahwa kami lebih dari sekadar pembuat chip. Michael Lippert, wakil presiden dan manajer portofolio di Baron Capital Inc., mengatakan bahwa Nvidia menjual sistem yang meliputi perangkat lunak dan ekosistem pengembangan milik perusahaan.

“Mereka tidak hanya menjual chip, mereka menjual sistem,” kata Lippert dalam sebuah wawancara.

Pertumbuhan cepat Nvidia menyalip Apple dan Microsoft telah memecahkan rekor, di mana perusahaan ini menunjukkan pertumbuhan pendapatan signifikan dari AI. Hingga penutupan terakhir, saham korporasi telah naik lebih dari 160% pada tahun 2024, menambahkan lebih dari $2 triliun ke kapitalisasi pasarnya.

“Chip GPU Nvidia pada dasarnya adalah emas atau minyak baru di sektor teknologi karena semakin banyak perusahaan dan konsumen yang cepat menuju jalur ini dengan Revolusi Industri ke-4 yang sedang berlangsung,” kata Ives.

Cisco dan NVIDIA

Nvidia RTX 4090 01

Nvidia terus mendominasi pasar teknologi dengan keunggulannya dalam chip AI yang sangat dicari. Dengan permintaan yang terus meningkat dan strategi bisnis yang kuat, perusahaan siap untuk terus memimpin dalam perlombaan kapitalisasi pasar, bersaing ketat dengan Apple dan Microsoft. Revolusi Industri ke-4 dengan AI sebagai pusatnya menjadikan Nvidia sebagai pemain utama dalam lanskap teknologi global.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS