January 18, 2024

Telkomsel Gelar Internet BAIK Series 8, Dukung Generasi Muda Berkarya di Ruang Digital

Penulis: Rizki R
Telkomsel Gelar Internet BAIK Series 8, Dukung Generasi Muda Berkarya di Ruang Digital  

Mobitekno – Telkomsel kembali memimpin inisiatif positif dengan meluncurkan Program Internet BAIK Series 8. Menyelaraskan diri dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, program ini bertujuan memberdayakan generasi muda melalui peningkatan literasi digital. Tema kali ini, “Empower Creative Generation,” menegaskan fokus Telkomsel pada karakter kreatif dan inspiratif dalam pemanfaatan internet dan media sosial.

Program ini bukan hanya bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan Telkomsel, tetapi juga sebuah langkah nyata untuk menciptakan dampak sosial positif. Internet BAIK Series 8 termasuk edukasi digital bagi siswa berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas, mencerminkan inklusivitas.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel A. Pangerapan, menyambut baik program ini dan menyoroti urgensi peningkatan literasi digital di tengah ancaman konten negatif di internet. Program ini diharapkan dapat mendukung peningkatan literasi digital di berbagai sektor, terutama pendidikan secara inklusif.

Internet Baik Series 8

Program Internet “Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif” (Internet BAIK) dari Telkomsel kembali hadir dengan upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui e-repository bahan ajar digital, memfasilitasi kolaborasi antar siswa maupun guru dari berbagai sekolah untuk berbagi ide, menerapkan strategi pengajaran terdepan, serta memaksimalkan sumber daya pendukung pembelajaran.

“Kami berharap Internet BAIK dapat mendukung peningkatan literasi digital ke berbagai sektor, terutama pendidikan secara inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Semoga Telkomsel dan program CSR unggulannya ini dapat mendorong masyarakat untuk aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif melalui internet dan menjaga toleransi dan demokrasi di ranah digital khususnya pada tahun politik 2024,” ungkapnya.

Internet BAIK Series 8: Fokus pada Kemajuan Pendidikan dan Kreativitas

Internet Baik Series 8

Melalui program edukasi literasi digital, khususnya bagi para siswa-siswi yang tahun ini akan mengikuti pemilu pertama, Telkomsel berharap Internet BAIK Series 8 dapat turut mendukung Pemilu 2024 yang sehat dan damai dengan mendorong masyarakat memilih dengan bijak serta menjaga perdamaian di ruang digital

Internet BAIK Series 8 tidak hanya sekadar memberikan literasi digital, melainkan juga mengoptimalkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui e-repository bahan ajar digital, kolaborasi antar siswa dan guru, serta pelatihan untuk tenaga pendidik, program ini membangun pendekatan holistik dan berkelanjutan dalam kegiatan belajar mengajar.

Menurut laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2023 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara umum kian membaik dalam tiga tahun terakhir, dengan nilai total indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di level 3,65 dari skala 1-5 poin.

Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menyoroti keberhasilan program sebelumnya dan harapannya agar Internet BAIK Series 8 dapat terus menanggulangi konten negatif, meningkatkan indeks literasi digital nasional, dan mendukung generasi muda menjadi lebih cakap digital dan bertanggung jawab.

Menyambut Pemilu 2024 dengan Ruang Digital yang Aman

Dalam konteks Pemilu 2024, Internet BAIK hadir untuk menciptakan ruang digital yang sejuk, aman, dan inklusif. Melalui edukasi literasi digital, program ini berperan mendukung keberlangsungan Pemilu 2024 yang sehat dan damai. Telkomsel berharap para siswa yang akan mengikuti pemilu pertama mereka dapat memilih dengan bijak serta menjaga perdamaian di ranah digital.

Internet BAIK 4 scaled

Diselenggarakan di Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri, bagi para guru, orang tua, komunitas, pelajar setingkat SMA, serta siswa-siswa penyandang disabilitas, rangkaian Internet BAIK Series 8 terdiri dari Seminar, Workshop, Bootcamp, dan Showcase yang berfokus pada kecakapan kreatif digital.

Internet BAIK Series 8 diselenggarakan secara onsite di beberapa kota, melibatkan guru, orang tua, komunitas, serta siswa penyandang disabilitas. Rangkaian acara mulai dari Seminar, Workshop, hingga Showcase karya para peserta, semuanya mengarah pada peningkatan literasi digital dan kreativitas generasi muda.

Sejak 2016, Internet BAIK telah memberikan kontribusi besar, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lebih dari 15,5 ribu pelajar dan lebih dari 7 ribu guru, orang tua, dan komunitas di seluruh Indonesia. Program ini telah menciptakan lebih dari 1.600 Internet BAIK Agents of Change bersama lebih dari 270 kreator konten.

Sebagai bagian dari upaya keberlanjutan, Telkomsel juga memberikan kesempatan bagi para karyawannya untuk berpartisipasi melalui program employee volunteering, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan positif dan inklusif di era digital.

Tags: , , , , ,


COMMENTS