January 18, 2024

BMW Group Indonesia Pecahkan Rekor Penjualan Tertinggi di Tahun 2023

Penulis: Rizki R
BMW Group Indonesia Pecahkan Rekor Penjualan Tertinggi di Tahun 2023  

MobiteknoBMW Group Indonesia merayakan pencapaian luar biasa dengan mencatat rekor penjualan tertinggi sepanjang masa pada tahun 2023, yakni mencapai 5.063 unit. Angka ini menandai peningkatan yang mengesankan sebesar 35.3% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini membuktikan kepercayaan pelanggan Indonesia pada BMW dan MINI.

Dari total penjualan tersebut, 4.172 unit berasal dari kendaraan BMW, sementara MINI menyumbang 891 unit. Pertumbuhan penjualan BMW mencapai 38% (year-on-year), sementara MINI mencatat pertumbuhan sebesar 24% (year-on-year). Ini menunjukkan bahwa minat terhadap kendaraan listrik BMW semakin meningkat, terlihat dari pengiriman 745 unit ke pelanggan di Indonesia pada tahun 2023.

BMW Group: Pemain Utama di Segmen Kendaraan Listrik

BMW Electric Vehicle

BMW Group Indonesia mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di segmen kendaraan listrik premium dengan mendominasi 60.5% dari total pasar di Indonesia. Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, menyatakan keberhasilan ini sebagai semangat baru untuk tahun 2024, dengan fokus pada teknologi terbaru dan layanan premium.

Secara global, BMW terus menjadi brand premium terdepan, mengirimkan total 2.253.835 kendaraan ke pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2023. Brand BMW mencatat pertumbuhan sebesar +7.3% dari tahun sebelumnya, mencapai rekor tertinggi baru.

Di Indonesia, penjualan BMW mencapai 4.172 unit dengan pertumbuhan +38%, yang menjadi salah satu pertumbuhan tertinggi di seluruh pasar BMW global.

Model-model premium seperti BMW Seri 7 dan BMW X7 di segmen Luxury meraih permintaan tinggi. Penjualan BMW Seri 7 meningkat hampir 3 kali lipat menjadi 219 unit, termasuk varian mesin konvensional dan listrik. BMW iX menjadi model listrik terlaris dengan 587 unit, menegaskan posisinya sebagai kendaraan listrik premium favorit di Indonesia.

Komitmen pada Elektrifikasi

BMW Group

BMW menegaskan komitmennya pada elektrifikasi dengan 17.9% dari total penjualan kendaraan BMW di Indonesia adalah kendaraan full listrik. Model-model seperti BMW i5 dan BMW iX1 diharapkan melanjutkan tren sukses ini, mengukuhkan posisi BMW sebagai pemimpin dalam inovasi kendaraan listrik di Indonesia.

BMW Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan penjualan kendaraan listrik, mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik, dan memperkenalkan berbagai kendaraan listrik terbaru dalam waktu dekat.

Prestasi dalam hal peningkatan penjualan kendaraan full listrik ini juga sekaligus membantu BMW penuhi komitmennya dalam hal Sustainability. BMW Group juga secara konsisten terlibat secara aktif dan turut menyukseskan berbagai acara bertaraf internasional di tahun 2023 dengan rangkaian kendaraan listriknya mulai dari digunakan oleh para pemimpin negara di Labuan Bajo dengan BMW iX yang menjadi Sustainable Mobility Partner dari KTT ASEAN ke-42, BMW i7 menjadi Sustainable Mobility Partner dari KTT ASEAN ke-43 di Jakarta dan juga KTT AIS di Bali. BMW iX, BMW i4, dan MINI Electric juga menjadi Lead Car dari acara marathon bertaraf global.

BMW M Raih Pertumbuhan Tertinggi Sepanjang Masa

BMW Electric Vehicle

Dengan total 400 unit kendaraan sport performa tinggi yang terjual pada tahun 2023, BMW M GmbH membukukan hasil terbaiknya di Indonesia dengan peningkatan +152%  dibandingkan tahun sebelumnya. Hampir setiap 1 unit BMW yang terjual di Indonesia merupakan M High-Performance model (400 unit dari 4,172 unit), pangsa penjualan tertinggi di dunia.

Pencapaian ini didorong oleh suksesnya peluncuran rangkaian kendaraan BMW M terbaru mulai dari All-New BMW M2, BMW M4 Competition Convertible, BMW M3 Competition Touring M xDrive, BMW M3 CS, hingga kendaraan Plug-in Hybrid (PHEV) termewah dan terbuas: BMW XM, dan masih banyak lagi.

BMW Electric Vehicle

BMW Group Indonesia juga hadir semakin dekat dengan pelanggan melalui peresmian ragam diler yang kini menggunakan konsep Retail.Next, inisiatif strategis, lintas fungsi, dan berskala global yang bertujuan untuk berikan pengalaman pelanggan premium terbaik di kelasnya. Pada tahun 2024, BMW dan MINI akan hadirkan lebih banyak showroom diler dengan konsep Retail.Next dan targetnya seluruh lokasi telah menjadi diler Retail.Next pada 2026.

“Mewakili BMW Group Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari karyawan BMW Group Indonesia, seluruh diler BMW dan MINI, pelanggan, penggemar dan tentunya rekan media yang telah berkontribusi menyukseskan perjalanan BMW Group untuk kembali pecahkan rekor penjualan terbaru di tahun 2023,” pungkas Ramesh.

Total Penjualan BMW Group Indonesia Tahun 2023

2023

(unit)

2022

(unit)

Peningkatan pada tahun 2023.

BMW Group Indonesia

5,063

3,742

35,3%

BMW

4,172

3,023

38%

BMW i

745

100%

BMW M

400

159

152%

MINI

891

719

23.9%

MINI Electric

172

32

437.5%

 



COMMENTS