February 5, 2024

Pasar Mobil Bekas dan Gadget Tunjukkan Tren Positif, Pengunjung Platform OLX Nyaris Sentuh 3 Juta per Bulan

Penulis: Rizki R
Pasar Mobil Bekas dan Gadget Tunjukkan Tren Positif, Pengunjung Platform OLX Nyaris Sentuh 3 Juta per Bulan  

Mobitekno – Pasar mobil bekas menunjukkan tren positif yang berlanjut dari tahun lalu dan diperkirakan tetap kuat di tahun ini. Oleh karena itu, industri otomotif dalam negeri dapat terus berkembang. Sebuah indikasi positif terlihat dari pengunjung platform iklan baris digital OLX yang mencapai hampir 3 juta tiap bulannya selama tahun lalu.

Menurut data dari OLX, yang sekarang merupakan bagian dari Grup Astra, pengunjung yang mencari mobil bekas pada Desember 2023 mencapai hampir 3 juta, dengan pengunjung dari Jabodetabek mendominasi, diikuti oleh kota-kota seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Tipe mobil yang paling dicari oleh konsumen sepanjang tahun lalu meliputi SUV, Minibus, dan Hatchback.

Catherine Jennie, Head of Marketing PT Astra Digital Mobil, menyatakan keyakinannya bahwa pasar mobil bekas akan terus berkembang positif sejalan dengan meningkatnya keyakinan pasar terhadap industri otomotif dalam negeri.

Mobil bekas_OLX

“Di OLX, terlihat peningkatan konsumen yang aktif mencari mobil bekas, mencapai hampir 3 juta pengunjung. OLX berkomitmen untuk memenuhi ekspektasi konsumen dengan menyediakan berbagai pilihan mobil bekas yang sudah terverifikasi, serta pelayanan yang aman dan nyaman,” ungkapnya.

Dari 200.000 pilihan mobil bekas yang diiklankan setiap bulannya di OLX, lima merek mobil teratas yang paling diminati konsumen sepanjang tahun lalu adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, Honda Brio, Toyota Fortuner, dan Honda CRV. Adapun warna mobil yang paling diminati tetap konsisten dengan tahun sebelumnya, yaitu Hitam, Putih, dan Silver.

Tak Hanya Mobil Bekas, Gawai dan Barang Elektronik Paling Diminati di OLX

Tidak hanya mobil bekas, tren positif juga terlihat pada produk gadget dan barang elektronik di platform OLX. Data dari OLX menunjukkan bahwa produk-produk seperti handphone, elektronik rumah tangga, dan komputer menjadi salah satu yang paling diminati di samping produk otomotif.

OLX

Catherine menambahkan bahwa pencarian barang di platform OLX tetap ramai sepanjang tahun 2023. Produk-produk gadget dan barang elektronik, terutama handphone, elektronik rumah tangga, dan komputer, terus menjadi favorit konsumen. Daya beli masyarakat yang tinggi dan keyakinan pada perekonomian dalam negeri yang semakin kuat pasca-pandemi Covid-19 turut mendorong aktivitas belanja konsumen di platform OLX.

Berdasarkan survei Konsumen Bank Indonesia, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) meningkat, mencerminkan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi yang terus menguat. Range harga yang paling dicari oleh konsumen untuk gadget dan barang elektronik di OLX berada pada kisaran Rp1 juta – Rp5 juta, mencapai sekitar 46%, diikuti oleh range harga di bawah Rp1 juta sekitar 29%, dan range harga Rp5 juta – Rp10 juta sebesar 15%.

vivo V29e
vivo Aura Light menjadi daya tarik vivo V29e

Untuk merek handphone, Apple, Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo tetap menjadi yang paling dicari oleh konsumen di OLX, konsisten dengan tren tahun-tahun sebelumnya. Dengan tren positif ini, platform OLX terus menjadi destinasi utama bagi konsumen yang mencari mobil bekas, gadget, dan barang elektronik dengan harga terjangkau dan berkualitas.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS