July 31, 2023

Get Ready! ZTE Segera Hadirkan Ponsel Gaming Red Magic 8S Pro Series di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Get Ready! ZTE Segera Hadirkan Ponsel Gaming Red Magic 8S Pro Series di Indonesia  

Mobitekno – ZTE baru saja menginformasikan akan meluncurkan ponsel gaming Nubia Red Magic 8S Pro terbaru dalam waktu dekat di pasar Indonesia. Kabar kedatangannya diketahui berdasarkan tayangan feed Instagram akun resmi ZTE Mobile Indonesia (@ztemobileindonesia) yang mengindikasikan bahwa ponsel gaming highend terbarunya akan segera hadir di Indonesia.

Berdasarkan gambar pada feed yang diunggah tersebut, terlihat sosok ponsel di kegelapan yang ditutup oleh gambar petir biru muda dengan kalimat di atasnya “ ARE YOU READY TO PLAY LNGER?”. Meskipun fotonya masih belum jelas, berdasarkan foto resmi yang beredar selama ini dapat diduga ponselnya adalah Nubia Red Magic 8S Pro series (Nubia Red Magic 8S Pro dan Red Magic 8S Pro+).

ZTE Nubia Red Magic 8S Pro 01
Akun Instragram resmi ZTE Mobile Indonesai mengumumkan ponsel gaming Nubia Red Magic 8S Pro akan segera hadir di Indonesia.

Foto yang dibagikan juga disertai kalimat “Satu bulan lagi, banyak kejutan menanti. Sudah siap mabar bareng teman semalaman?” Ini dapat diartikan jadwal peluncuran Red Magic 8S Pro di Indonesia mungkin akan dilakukan pada akhir bulan Agustus atau awal September 2023 mendatang.

Penampakan di website P3DN Kemenperin

Indikasi kehadiran ponsel gaming andalan ZTE di Indonesia sebenarnya mulai tercium setelah beberapa pekan lalu ponsel yang diduga Red Magic 8S Pro telah masuk daftar antrian website P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) di bawah Kemenperin.

Pengajuan PT ZTE Indonesia untuk mendapatkan sertifikat dari Kemenperin tampak bakal terpenuhi karena telah memenuhi unsur TKDN sebesar 36.26%. Meski demikian, ponsel ini masih harus diuji juga oleh Ditjen SPPI Kominfo sebelum akhirnya dapat izin edar dan dipasarkan di Indonesia.

Apakah dalam waktu sebulan ke depan ponsel gaming ini sudah meramaikan pasar ponsel gaming di tanah air yang dihuni oleh ponsel gaming populer, seperti ASUS ROG series atau ponsel highend dari Xiaomi, OPPO, Vivo, Realme hingga Samsung.

Chipset gahar, RAM/storage besar, dan chip game khusus

Pertama dirilis di Cina, Red Magic 8S Pro versi global datang dengan layar AMOLED 6.8 inci (1.116 x 2.480 piksel, refresh rate 120Hz, kecerahan 1.300 nits) yang diproteksi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Seperti ponsel gaming premium umumnya, ponsel ini juga mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm) yang dipadu RAM/storage besar mulai dari 8/128GB hingga 12/256GB untuk Red Magic 8S Pro dan 16/256GB hingga 24GB/1TB untuk Red Magic 8S Pro+.

Di sektor kamera, ponsel ini dilengkapi dengan tiga buah kamera belakang dengan konfiguasi kamera utama 50 MP (Samsung GN5 50MP 1/1,57 inci), ultrawide 8 MP dan macro 2 MP. Sedangkan kamera depannya memakai sensor berkekuatan 16 MP.

ZTE Nubia Red Magic 8S Pro 02

Sistem pendingin juga dismpurnakan. Alih-alih menggunakan sistem ICE 11 pada seri Red Magic 8 Pro sebelumnya, Red Magic 8S Pro kini mengandalakan sistem pendinginan (cooling system) ICE 12.

ZTE Nubia Red Magic 8S Pro mengemas baterai 6.000 mAh yang disertai teknologi fast charging 80W dengan kemampuan mengisi daya dari 0-100% dalam waktu 35 menit. Selain itu, ponsel ini juga mendukung pengisian nirkabel atau wireless dengan kecepatan 65W.

ZTE juga memberikan sentuhan diferensiasi dengan mengintegrasikan chip game khsus yang disebut Red Core R2. Chip ini disebut dapat meningkatkan akurasi tombol, peningkatan efek getaran, efek pencahayaan game, dan efek suara.

Harga Red Magic 8S Pro series

Di pasar Cina, ponsel Red Magic 8S Pro dipasarkan seharga 3.999 yuan (sekitar Rp 8,3 juta) untuk varian 8/128GB dan 5.499 yuan (sekitar Rp 11,4 juta) untuk varian 12/256GB.

Sedangkan Red Magic 8S Pro+ seharga 5.499 yuan (sekitar Rp 11,4 juta) untuk varian 16/256 GB dan 7.499 yuan (Rp 15,6 juta untuk varian tertinggi 24GB/1TB dijual seharga 7.499 yuan atau Rp 15,6 juta.

Salah satu ponsel gaming highend yang akan ditantang Red Magic 8S Pro+ series adalah ASUS ROG Phone 7 yang baru saja dirilis dua pekan lalu. Sama-sama mengandalakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 meski varian tertinggi ROG Phone 7 hanya mengusung RAM/stoprage 12/256 GB.

Masih belum dapat dipastikan varian atau model apa saja yang dipasarkan oleh ZTE di tanah air. Apakah harga jualnya di sini juga tidak berbeda jauh dengan di negara asalnya? Kita tunggu saja.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS