July 31, 2023

KORIKA Gelar Kompetisi Dunia Kreatif dengan Generative AI, Juara Pertama Raih Rp20 Juta!

Penulis: Rizki R
KORIKA Gelar Kompetisi Dunia Kreatif dengan Generative AI, Juara Pertama Raih Rp20 Juta!  

MobiteknoGenerative AI menjadi tren terkini dalam dunia teknologi kecerdasan buatan. Berkat kemampuannya menghasilkan konten kreatif seperti teks, suara, gambar, musik, video, dan karya seni lainnya generative AI kerap diandalkan sejumlah pembuat konten.

Dalam maraknya keberadaan tools Generative AI seperti ChatGPT, Bard, DALL-E, Synthesia, Midjourney, Stable Diffusion, dan beragam tools lainnya, KORIKA (Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri AI Indonesia), mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam Competition of Creative World with Generative AI atau Kompetisi Dunia Kreatif dengan AI Generatif

Competition of Creative World with Generative AI merupakan suatu ajang yang diselenggarakan untuk mendorong kreativitas masyarakat Indonesia dalam mengembangkan konten-konten kreatif menggunakan Generative AI yang bermanfaat untuk Indonesia. Generative AI adalah teknologi kecerdasan artifisial yang memiliki kemampuan menghasilkan suatu konten, bahkan konten kreatif seperti teks, suara, gambar, musik, video, dan karya seni lainnya.

AI generatif menggunakan algoritma pembelajaran mesin (machine learning) yang kompleks untuk mempelajari pola-pola dan/atau distribusi dalam data yang ada dan kemudian membuat prediksi atau menciptakan output yang baru berdasarkan pola-pola dan/atau distribusi tersebut.

Prof. Hammam Riza selaku Ketua Umum KORIKA menyatakan bahwa kompetisi ini bertujuan untuk mengedukasi pengimplementasian berbagai perangkat Generative AI yang tersedia dengan tujuan agar masyarakat Indonesia semakin terbiasa menggunakan perangkat-perangkat yang dapat membantu kinerja mereka sehari-hari.

“Untuk kompetisi kali ini, kami memilih untuk peserta mengeksplorasi kreativitas untuk membuat karya yang inovatif berupa teks, suara, gambar, video, ataupun kombinasinya yang memiliki kedekatan kontekstual/narasi terkait dengan Indonesia saat ini,” ujar Hammam.

Mekanisme Kompetisi dan Hadiah Competition of Creative World with Generative AI

 

Generative AI

Perangkat yang digunakan dapat berupa aplikasi AI Generatif yang sudah ada, dan dapat pula berupa aplikasi yang dibuat sendiri. Acara ini merupakan wujud KORIKA menjadi menjadi sarana pengembangan dan pemanfaatan produk AI untuk Indonesia yang lebih baik.

Pemenang dari ajang kompetisi ini akan mendapatkan uang tunai mulai dari 5.000.000 untuk pemenang ketiga, 10.000.000 untuk pemenang ketiga, dan 20.000.000 untuk pemenang pertama. Tak hanya itu, sepuluh tim dengan karya terbaik mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan karyanya pada AIIS (AI Innovation Summit 2023). Untuk informasi seputar kompetisi dapat melihat pada tautan ini.

“Pemenang dari kompetisi ini akan dinilai dari berbagai aspek seperti bagaimana kreatifitas dan inovasi pada karya yang dihasilkan, tingkat kompleksitas pemanfaatan AI Generatif dan teknologi yang digunakan. Kami harap, dengan adanya berbagai kompetisi dapat menginspirasi generasi teknologi di Indonesia khususnya AI dapat terus berkembang dan dapat bersaing di kancah internasional,” tutup Hammam.

Generative AI

Diketahui, sebelumnya KORIKA menggelar diskusi bersama pendiri dari Open AI, Sam Altman. Pada perhelatan itu, Hammam menjelaskan yak ada pilihan lain bagi masyarakat selain menghadapi perkembangan Artificial General Intelligence (AGI). Caranya adalah dengan melengkapi diri dengan strategi yang tepat dan terukur.

Hammam juga mengungkapkan Indonesia saat ini memiliki Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial Indonesia. Strategi ini diterapkan antara lain dalam pembangunan manusia, penguasaan sains dan teknologi, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, pembangunan yang adil, serta penguatan ketahanan nasional dan tata kelola. Dengan AI, proses pembangunan ini bisa terakselerasi signifikan.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS