November 30, 2023

KORIKA, BRIN, AI Singapore Kembangkan LLM Bahasa Indonesia: Alternatif ChatGPT yang Lebih Akurat dan Otonomi

Penulis: Rizki R
KORIKA, BRIN, AI Singapore Kembangkan LLM Bahasa Indonesia: Alternatif ChatGPT yang Lebih Akurat dan Otonomi  

Mobitekno – Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI), khususnya LLM Bahasa Indonesia.

Potensi yang besar ini diiringi sejumlah tantangan untuk mengembangkan teknologi baru ini, di antaranya kesiapan regulasi yang mengatur etika penggunaan, kesiapan tenaga kerja, kesiapan infrastruktur dan data pendukung pemodelan, serta kesiapan industri dan sektor publik dalam mengadopsi inovasi kecerdasan buatan.

Untuk mengatasi tantangan ini, Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Buatan (KORIKA), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan GDP Venture melalui Glair.ai dan Datasaur.ai telah menandatangani kerja sama dalam mengembangkan Large Language Model (LLM) Bahasa Indonesia.

Leslie Teo selaku Senior Director of AI Products, AI Singapore, mengungkapkan perasaan senang berkat kerja sama dengan konsorsium mitra dari sektor publik dan swasta di Indonesia untuk mengembangkan SEA-LION untuk kasus penggunaan di Indonesia.

“Upaya ini mencerminkan komitmen kami untuk mempromosikan adopsi dan pengembangan kecerdasan buatan di seluruh Asia Tenggara,” ujarnya dalam konferensi pers Kerja Sama Pengembangan Large Language Model (LLM) Bahasa Indonesia antara GLAIR.ai, Datasaur.ai, BRIN, KORIKA, dan AISG pada Kamis, (30/11) di Jakarta.

LLM Bahasa Indonesia

LLM adalah model pembelajaran mesin yang dapat menghasilkan teks, menerjemahkan bahasa, dan menjawab pertanyaan. LLM bahasa Indonesia yang akan dikembangkan ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pelaku usaha di Indonesia dalam mengembangkan teknologi AI mereka.

LLM bahasa Indonesia ini akan dibangun di atas platform SEA-LION buatan AI Singapore. SEA-LION adalah platform LLM yang telah dilatih dengan kumpulan data besar teks dan kode dalam bahasa Asia Tenggara, termasuk bahasa Indonesia.

LLM Bahasa Indonesia

LLM Bahasa Indonesia

Dalam tahap pengujian, SEA-LION berulang kali memberikan respons yang lebih baik saat menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan dengan GPT-4 dan Llama 2, dua chatbot besar yang populer. Baik pertanyaan sederhana seperti apa itu gotong royong hingga analisis sentimen.

Meskipun demikian, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengatakan bahwa pemerintah tidak akan mewajibkan pelaku usaha di Indonesia menggunakan LLM bahasa Indonesia ini untuk mengembangkan alat AI mereka.

“Ini ada satu inovasi untuk memberikan alternatif large league models, selama ini kan pakainya ChatGPT. Nah ini ada satu desain model dengan LLM yang basis datanya itu menggunakan bahasa-bahasa di Asean, termasuk bahasa indonesia,” kata Nezar.

Wamenkominfo

Nezar juga berharap nantinya LLM bahasa Indonesia ini bisa terus berkembang lebih jauh untuk memahami bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia. Serta, mendukung semua jenis konten, termasuk teks, audio, dan video.

Komitmen KORIKA Perluas Manfaat AI LLM Bahasa Indonesia

Sementara itu, Ketua Umum KORIKA Hammam Riza menegaskan, “Kami, sebagai kelompok ahli yang berdedikasi tinggi, berkomitmen untuk mengumpulkan data LLM Bahasa Indonesia dan mendorong terobosan dalam pengembangan teknologi,”

KORIKA, kata Hammam, berperan aktif sebagai pionir, memanfaatkan kolaborasi ini untuk memperluas kemampuan kecerdasan buatan dan membuka peluang bagi generasi berbakat di Indonesia.

“Kerja sama antara glair.ai, datasaur.ai, BRIN, KORIKA, dan AI Singapore dalam pengembangan LLM Bahasa Indonesia diharapkan dapat membangun fondasi yang kokoh untuk menciptakan model bahasa yang inovatif, yang mendorong kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam bahasa Indonesia,” pungkas Hammam.

IMG 20231130 202055 scaled

LLM bahasa Indonesia yang sedang dikembangkan oleh KORIKA, BRIN, dan GDP Venture ini memiliki potensi untuk menjadi alternatif yang lebih akurat dan otonom bagi GPT. LLM ini diharapkan dapat membantu Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya dalam pengembangan kecerdasan buatan.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS