October 30, 2023

Inovasi Telkomsel di Momen Sumpah Pemuda, Konsisten Buka Peluang bagi Kemajuan Negara

Penulis: Rizki R
Inovasi Telkomsel di Momen Sumpah Pemuda, Konsisten Buka Peluang bagi Kemajuan Negara  

Mobitekno – Di tengah semangat bangsa Indonesia yang dicirikan oleh nilai luhur kebinekaan dan prinsip Pancasila, yang mencakup keadilan, gotong royong, kepedulian, inovasi, dan keberlanjutan, Telkomsel bertekad untuk menjadi agen perubahan yang konsisten dalam membuka berbagai peluang kemajuan bagi negara.

Menyambut momentum Hari Sumpah Semuda pada 28 Oktober 2023, “Telkomsel Semangat Indonesia” menjadi tajuk utama yang memperkuat peran perusahaan dalam kontribusi terhadap pertumbuhan bangsa dan negara. Semangat ini tercermin dalam komitmen Telkomsel untuk terus menghubungkan masyarakat, menciptakan inovasi, memacu kemajuan, berbagi harapan, dan menjaga lingkungan di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, menyatakan, “Semangat Telkomsel senantiasa terinspirasi oleh semangat bangsa Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus menghubungkan bangsa melalui konektivitas digital berteknologi terkini, menciptakan terobosan melalui inovasi, menggerakkan kemajuan melalui pemanfaatan seluruh aset dan kapabilitas perusahaan, berbagi harapan melalui inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang inklusif, serta menjaga bumi Indonesia melalui inisiatif bisnis berkelanjutan.”

Inovasi_Telkomsel

Telkomsel telah berkomitmen untuk memastikan bahwa konektivitas digital dapat dinikmati oleh seluruh negeri. Mereka telah membangun lebih dari 3.000 BTS 4G/LTE di Wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Telkomsel juga mengalihkan seluruh BTS 3G ke jaringan 4G/LTE di 504 kota/kabupaten. Selain itu, lebih dari 220 site BTS Merah Putih dibangun di daerah dengan tantangan geografis.

Lebih dari 470 unit BTS 5G telah dikerahkan di 48 kota di Indonesia, yang telah memacu pertumbuhan trafik payload mobile broadband pelanggan hingga lebih dari 8,7 juta TB atau tumbuh sebesar 9,4 persen.

Saat ini, lebih dari 228.000 unit BTS 4G/LTE dan 5G telah melayani 97 persen wilayah populasi Indonesia dan menguasai 65 persen total payload (mobile dan fixed) pengguna broadband di seluruh Indonesia.

Inovasi Telkomsel Tiada Henti

Dalam upaya untuk menciptakan inovasi, Telkomsel telah berhasil mengintegrasikan layanan IndiHome ke ekosistem bisnis mereka dalam waktu tiga bulan. Mereka juga meluncurkan Produk Telkomsel One yang menawarkan layanan broadband tanpa batas dan seamless.

Telkomsel Semangat Indonesia 4

Telkomsel terus memperkuat platform digital layanan MyTelkomsel sebagai solusi digital one-stop yang ramah pengguna.

Telkomsel terus mendorong pertumbuhan bangsa dan ekosistem digital Indonesia melalui inovasi dan optimalisasi pemanfaatan aset dan kapabilitas perusahaan. Mereka mendirikan INDICO, anak usaha di sektor digital yang menaungi berbagai perusahaan emerging portofolio bisnis vertikal Telkomsel di sektor digital, seperti Fita (health-tech), Kuncie (edu-tech), Majamojo (gaming), dan Digital Food Ecosystem (DFE) di sektor agrikultur.

Telkomsel juga mendukung perkembangan talenta digital dengan Program Telkomsel Corporate Accelerator (Tinc) dan anak usaha Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang bergerak di bidang permodalan ventura untuk mendukung pendanaan dan pemberdayaan startup di Indonesia.

Melalui berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), Telkomsel berperan dalam memberdayakan masyarakat dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Program IndonesiaNEXT memberikan pengembangan keahlian digital bagi talenta muda. Program NextDev memperkuat talenta digital di sektor startup Indonesia.

Program InternetBAIK mendorong penggunaan internet yang positif, konstruktif, dan bernilai tambah. Program Digital Creative Entrepreneur (DCE) menghadirkan platform solusi dan inkubasi bagi pengembangan entrepreneur dan brand owner di Indonesia.

Telkomsel Semangat Indonesia 5

Melalui Program Baktiku Negeriku, Telkomsel memajukan desa yang berkelanjutan di daerah pelosok dengan pemanfaatan teknologi digital. Mereka juga menghadirkan TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) sebagai tim siaga bencana yang membantu proses pemulihan pasca bencana.

Telkomsel juga aktif dalam menciptakan layanan yang ramah penyandang disabilitas dan berkolaborasi bersama Amazon Web Service (AWS) dalam Program “Terampil di Awan” untuk memberikan pelatihan teknologi cloud computing kepada pelajar berkebutuhan khusus.

Di samping itu, melalui inisiatif Program CSR “Telkomsel Jaga Bumi” yang telah berjalan saat ini antara lain, Program Waste Management yang mendaur ulang kemasan kartu perdana dan cangkang kartu SIM berbahan dasar plastik untuk menjadi sekira 20 ribu unit smartphone holder dan 75 ribu unit pavement blocks.

Kemudian Program Carbon Offset yang mengajak pelanggan untuk menukar Telkomsel Poin mereka dan menghasilkan lebih dari 15.060 pohon untuk ditanam di Kawasan Hutan Mangrove Indonesia.

Telkomsel juga menghadirkan Program Digitalization Support di ekosistem hutan bakau (mangrove) Tahura Ngurah Rai untuk melindungi serta mengawasi melalui pemanfaatan teknologi Internet-of-Things (IoT). Selain itu, Telkomsel turut berupaya mengurangi emisi karbon di Indonesia melalui program bundling pembelian motor listrik dengan paket kuota data yang diharapkan dapat mendorong adopsi penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, hemat, efisien, dan bernilai tambah bagi masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk terus bertumbuh dan berkembang, membuka lebih banyak peluang kemajuan yang berkelanjutan bagi bangsa, serta konsisten mengambil peran terdepan dalam berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia dan mendampingi masyarakat di berbagai fase kehidupan melalui ragam inisiatif serta inovasi produk dan layanan yang dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi digital bangsa,” tutup Hendri.

Tags: , , , , ,


COMMENTS