August 30, 2023

Kulkas Ungkep Samsung Beri Tips untuk Siapkan Bekal Makanan Anak

Penulis: Desmal Andi
Kulkas Ungkep Samsung Beri Tips untuk Siapkan Bekal Makanan Anak  

Mobitekno – Setelah anak-anak kembali ke sekolah, salah satu rutinitas yang menjadi perhatian utama para ibu adalah menyiapkan bekal makanan untuk anak. Aspek yang perlu diperhatikan dengan serius adalah kandungan gizi dalam bekal yang akan dikonsumsi oleh anak. Dengan menyediakan bekal yang kaya gizi, keseharian anak di sekolah akan menjadi lebih menyenangkan dan penuh energi.

Selain memperhatikan aspek gizi, kepraktisan, kesesuaian dengan selera anak, serta kemudahan dalam menyantapnya juga harus menjadi pertimbangan dalam menyiapkan bekal. Orang tua juga tidak perlu merasa terbebani dengan tugas ini, terutama agar tidak terburu-buru saat anak akan berangkat sekolah.

Salah satu jenis makanan yang sangat praktis untuk disiapkan sebagai bekal adalah makanan yang diungkep, seperti ayam atau ikan. Jenis makanan ini sangat cocok untuk anak-anak yang gemar mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa bumbu yang khas. Ayam atau ikan dapat dimarinasi dengan bumbu basah hingga meresap, sehingga ketika nanti digoreng, cita rasa masakan akan semakin kaya.

Kini telah tersedia berbagai macam wadah penyimpanan makanan, termasuk bahan-bahan makanan yang akan disiapkan sebagai bekal anak di sekolah. Salah satu inovasi yang menarik adalah Kulkas ‘Ungkep’ dengan fitur kompartemen unik dari Samsung Electronics Indonesia.

Kulkas Ungkep

Kulkas ‘Ungkep’ terbaru dari Samsung merupakan kulkas dua pintu (Top-Mounted Freezer) dengan kompartemen khusus yang dapat diatur suhunya untuk menyimpan berbagai jenis bahan makanan agar tetap segar dan tahan lebih lama, tanpa membeku. Ini membuat bahan makanan dapat dimasak dan disajikan dengan lebih cepat, termasuk makanan yang diungkep.

“Kulkas baru ini hadir dengan dua desain pilihan: Pertama, BESPOKE Design yang tampil stylish, dan kedua, desain dengan warna klasik yang sleek dan modern. Kedua jenis kulkas ini memiliki kompartemen khusus yang disebut Optimal Fresh+ untuk menyimpan makanan yang diungkep dan bahan makanan lainnya. Dengan pengaturan suhu yang tepat, kompartemen ini mampu menjaga bahan makanan dalam kondisi segar lebih lama tanpa membeku sepenuhnya. Ini memungkinkan bahan makanan tersebut dapat diolah dengan cepat, termasuk bahan makanan yang menjadi bekal anak. Dengan demikian, persiapan bekal anak tidak akan merepotkan, terutama pada pagi hari,” ujar Purnomo Mokale, Kepala Pemasaran Produk Home Appliances Samsung Electronics Indonesia.

Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan bekal anak dengan memanfaatkan keunggulan kulkas ‘Ungkep’ Samsung sebagai solusi praktis dalam menyajikan bekal yang disukai anak dan memiliki nutrisi yang diperlukan:

1. Siapkan Bekal Makanan yang Segar dan Siap Saji

Menyiapkan bekal anak di pagi hari dengan waktu yang terbatas dapat menjadi pekerjaan yang merepotkan. Oleh karena itu, disarankan untuk sudah menyiapkan bekal yang siap saji atau ready to cook sebelumnya.

Sayuran potong dan buah-buahan adalah contoh bahan makanan yang siap saji. Pastikan bahan ini tetap kering dan disimpan dalam wadah tertutup khusus agar tetap segar dan tidak terkontaminasi oleh bahan makanan lain di dalam kulkas.

Untuk makanan berat, Anda dapat memasak ayam atau ikan dengan cara diungkep, yaitu dimasak setengah matang dengan bumbu. Kulkas ‘Ungkep’ Samsung dilengkapi dengan kompartemen Optimal Fresh+ di bagian atasnya. Kompartemen ini memiliki empat mode pendinginan. Mode “soft freeze” dapat digunakan untuk menyimpan makanan yang diungkep, daging, ayam, atau ikan dalam suhu -40°C. Hal ini membuat bahan makanan lebih tahan lama tanpa membeku sepenuhnya dan dapat dimasak dengan cepat untuk dijadikan bekal anak.

2. Buat Rencana Menu untuk Bekal Makanan

Agar lebih terorganisir, buatlah rencana menu bekal anak untuk seminggu ke depan. Dengan merencanakan menu sebelumnya, Anda dapat memastikan variasi makanan yang cukup dan menghindari kejenuhan pada anak. Libatkan anak dalam proses perencanaan menu agar mereka juga merasa bersemangat dalam memilih makanan yang mereka suka.

Dengan perencanaan menu yang baik, Anda hanya perlu berbelanja sekali dalam seminggu. Setelah itu, simpanlah semua bahan makanan di dalam kulkas ‘Ungkep’ Samsung. Kulkas ini dilengkapi dengan teknologi SpaceMaxTM yang memungkinkan ruang penyimpanan dalam yang lebih luas tanpa mengubah dimensi luar kulkas. Dengan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda dapat menyimpan berbagai jenis bahan makanan untuk bekal anak dan masih memiliki tempat untuk bahan makanan lain yang dibutuhkan oleh anggota keluarga.

3. Pilih Makanan Sehat dan Bergizi

Dalam masa pertumbuhan, anak memerlukan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Pastikan bekal anak mengandung makanan sehat dan bergizi. Sertakan karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, sayuran, dan buah-buahan dalam porsi makanan anak.

Contoh makanan sehat yang dapat dimasukkan dalam bekal adalah roti gandum, nasi merah, telur rebus, potongan sayuran segar, dan potongan buah-buahan. Semua bahan makanan sehat ini dapat disimpan dengan segar dan tahan lama dalam kulkas ‘Ungkep’ Samsung berkat fitur All-Around Cooling. Fitur ini memastikan suhu dan sirkulasi udara dingin tersebar merata di dalam kulkas, menjaga kesegaran bahan makanan.

4. Gunakan Wadah Praktis dan Tampilan Menarik

Pilih wadah bekal yang praktis dan mudah diakses oleh anak. Gunakan wadah bersekat untuk menyimpan berbagai jenis makanan tanpa saling mencampur. Pastikan wadahnya mudah dibersihkan dan aman digunakan. Pilih wadah yang tahan bocor agar makanan tidak tumpah di dalam tas.

Selanjutnya, manfaatkan kreativitas Anda untuk menyusun tampilan bekal yang menarik. Anak-anak cenderung tertarik pada makanan yang berwarna-warni dan memiliki bentuk yang menarik. Gunakan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang cerah untuk menyajikan bekal. Bentuk potongan buah atau sayur menjadi wajah atau gambar yang lucu. Anda bisa menggunakan cetakan atau alat-alat khusus untuk membentuk nasi menjadi bentuk yang menarik. Ini akan membuat anak senang dan tertarik untuk menyantap bekal mereka.

Dengan menggunakan kulkas ‘Ungkep’ Samsung, Anda tidak perlu khawatir tentang tagihan listrik. Kulkas ini, terutama model BESPOKE, dapat terhubung dengan aplikasi SmartThings di smartphone Anda. Fitur AI Energy Mode pada SmartThings akan menganalisis pola penggunaan kulkas, seperti seberapa sering pintu kulkas dibuka dan berapa lama. Dengan informasi ini, Anda dapat menghemat biaya listrik karena kulkas akan menjaga suhu dengan kompresor yang lebih efisien. SmartThings AI Energy Mode akan memantau penggunaan listrik kulkas dan memberikan notifikasi jika penggunaan listrik melebihi batas normal. Dengan begitu, Anda dapat mengelola penggunaan listrik dengan lebih efisien.

Dengan tips-tips di atas dan dukungan kulkas ‘Ungkep’ Samsung, para ibu dapat dengan mudah mempersiapkan bekal anak yang praktis, lezat, dan bergizi. Anda tidak perlu khawatir tentang kesegaran bahan makanan karena kulkas ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang menjaga bahan makanan tetap segar lebih lama. Dengan bekal yang sehat dan lezat, anak-anak dapat menjalani hari sekolah dengan penuh semangat dan energi.

‘Kulkas Ungkep’ dua pintu tersedia dalam 5 pilihan kapasitas (dalam liter nett): RT31 (305 liter)RT35 (348 liter)RT38 (393 liter)RT42 (415 liter) dan RT47 (465 liter) mulai dari harga Rp7.199.000. Kulkas ‘Ungkep’ BESPOKE tersedia dalam 3 pilihan warna: Clean Vanilla + Clean Peach, Clean White + Clean Pink, dan Clean White + Clean Navy. Varian BESPOKE tersedia dalam 4 kapasitas RT35 (348 liter)RT38 (393 liter)RT42 (415 liter) dan RT47 (465 liter) mulai dari harga Rp8.699.000.

‘Kulkas Ungkep’ dapat dibeli di toko online Samsung.com/id dan toko-toko elektronik favorit terdekat. Khusus pada periode 30 Agustus – 14 September 2023, dapatkan cashback hingga Rp800.000 untuk varian BESPOKE, cashback hingga Rp500.000 untuk varian reguler, dan dapatkan ‘Ungkep package’ dari Astro Online Grocery (Jadetabek saja) yang terdiri dari 1 ekor ayam potong, 2 sachet bumbu ungkep, dan food container.

Tags: ,


COMMENTS