August 29, 2023

Platform FICO Siap Berdayakan Sektor Layanan Keuangan di Indonesia

Penulis: Rizki R
Platform FICO Siap Berdayakan Sektor Layanan Keuangan di Indonesia  

Mobitekno – FICO, pemimpin global dalam solusi perangkat lunak analitik tingkat lanjut, secara resmi meluncurkan platform berbasis cloud yang canggih di Indonesia. Dengan peluncuran ini, FICO memperkuat komitmennya di Indonesia setelah lebih dari satu dekade melayani pasar dengan solusi on-premise dan hosted yang canggih.

Teknologi yang ditawarkan oleh platform FICO® juga bukan kaleng-kaleng. Platform ini sangat siap mendukung lanskap bisnis dengan memberikan kemampuan analitik tingkat lanjut dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pertumbuhan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan mentransformasi korporasi.

Dattu Kompella, Managing Director FICO di Asia, mengungkapkan, “Bank, lembaga keuangan, perusahaan asuransi, perusahaan telekomunikasi, utilitas, dan banyak bisnis lain di Indonesia dapat memanfaatkan platform ini, yang terdiri dari alat dan teknologi teruji dan dipatenkan, untuk mengambil keputusan berdasarkan data dengan percaya diri,”

Platform FICO

Platform FICO menawarkan beberapa manfaat utama bagi institusi perbankan dan lembaga keuangan di Indonesia:

1. Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan: Platform FICO memberdayakan para pemimpin bisnis untuk memanfaatkan pengetahuan pasar dan wawasan pelanggan, menghasilkan pilihan yang lebih cerdas, kolaborasi yang lebih luas, dan siklus pembelajaran yang lebih cepat untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat.

2. Mentransformasi Perusahaan: FICO mendukung perusahaan dalam mengoptimalkan produktivitas dan hasil melalui kolaborasi tak terbatas di berbagai peran dan keahlian. Siklus umpan balik intuitif mendorong kinerja tinggi melalui pembelajaran berkelanjutan.

“Dengan Platform FICO®, bisnis lokal dapat memperoleh wawasan berharga, mengoptimalkan operasi, mencapai hasil bisnis berdampak, memperkuat hubungan dengan pelanggan, mendorong transformasi digital untuk tetap kompetitif, dan meningkatkan pertumbuhan pelanggan kami di berbagai wilayah dan seluruh dunia.” tambah Kompella.

3. Mendorong Hasil Bisnis Strategis: Memastikan keselarasan antara proyek TI dan KPI manajemen sangat penting untuk mencapai tujuan bisnis dengan sukses. FICO memungkinkan manajemen menerjemahkan strategi menjadi operasi, secara signifikan meningkatkan efektivitas.

4. Penerapan Cepat: Bank dapat menjalankan proyek dengan cepat karena proses instalasi diukur dalam hitungan minggu, bukan hitungan bulan seperti solusi on-premise.

Platform FICO® saat ini mendapatkan momentum signifikan di sektor layanan keuangan. Banyak bank terkemuka dan inovatif di seluruh dunia memilih platform ini sebagai esensi dari upaya transformasi digital mereka.

Di kawasan Asia Pasifik, perusahaan-perusahaan seperti ANZ, AGL, Trust Bank, dan banyak lainnya telah mencapai hasil bisnis luar biasa dengan Platform FICO®.

“FICO telah mencapai pertumbuhan lebih dari 40% dari tahun ke tahun selama 14 kuartal berturut-turut untuk Platform FICO®,” tambah Kompella.

FICO diakui sebagai pemimpin oleh The Forrester WaveTM: AI Decisioning Platforms, Q2 2023

Menurut studi Forrester Consulting yang baru-baru ini dilakukan oleh FICO, yang dikenal sebagai ‘Current State of Advanced Analytics Adoption’, meningkatkan pengalaman pelanggan merupakan prioritas utama bagi tiga dari empat pengambil keputusan di industri Indonesia.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa lembaga keuangan yang telah menerapkan atau memperluas penggunaan teknologi analitik tingkat lanjut cenderung mengalami peningkatan akuisisi pelanggan, profitabilitas, dan pemenuhan kepatuhan.

“Sektor perbankan dan layanan keuangan yang berkembang pesat di Indonesia terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mahir dalam hal digital,” kata Kompella.

“Ada perlombaan untuk memimpin dalam pengalaman pelanggan, karena pemberi pinjaman dapat melihat manfaat bisnis yang jelas dari berhasil mengoperasikan kecerdasan buatan, otomatisasi keputusan, dan simulasi hasil bisnis.”

Superbank Indonesia Memilih Platform FICO®

Superbank, bank baru yang didukung oleh Grab, Emtek, dan Singtel, telah memilih Platform FICO® untuk meningkatkan layanan digitalnya dan memperluas jangkauan layanannya. Superbank bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya data, teknologi, dan jaringan luasnya untuk melayani populasi yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia dengan menyediakan produk keuangan sederhana, transparan, dan fleksibel.

“Dengan memanfaatkan kemampuan pengambilan keputusan nyaris instan dari Platform FICO®, kami akan memiliki kecepatan yang diperlukan untuk beroperasi setelah kami menyelesaikan transformasi kami menjadi bank berbasis digital,” kata Sukiwan, Chief Business Officer Superbank.

Platform FICO

“Kecepatan waktu hingga nilai yang ditawarkan oleh platform ini akan memungkinkan kami untuk dengan cepat memberikan produk dan layanan keuangan inovatif kepada pelanggan kami, memastikan kami tetap menjadi yang terdepan dalam lanskap digital yang cepat ini,” lanjutnya.

Platform FICO® beroperasi di Amazon Web Services (AWS) dan menawarkan banyak fitur yang membedakannya dari para pesaing. Keamanan menjadi prioritas dengan protokol enkripsi canggih dan kontrol akses yang ketat.

Hal ini memastikan perlindungan maksimal terhadap data sensitif. Infrastruktur komputasi awan mutakhir dari platform ini memfasilitasi pengolahan dan analisis secepat kilat terhadap volume data yang sangat besar, memberdayakan bisnis untuk mengambil keputusan secara real-time.

Dengan infrastruktur yang dapat disesuaikan dan kemampuan komputasi yang kuat, Platform FICO® memastikan agar perusahaan dapat memanfaatkan potensi penuh dari kecerdasan buatan dan analisis tingkat lanjut untuk tetap unggul di pasar yang semakin kompetitif.

Tags: , , ,


COMMENTS