January 29, 2023

Review Nokia C21 Plus, Dukung Aktivitas Seharian Penuh dengan Baterai dan Layar Besar

Penulis: Desmal Andi
Review Nokia C21 Plus, Dukung Aktivitas Seharian Penuh dengan Baterai dan Layar Besar  

Mobitekno -Hampir tidak pernah menjadi sebuah brand favorit lagi bagi generasi yang ada pada saat ini, tidak membuat HMD Global berpatah hati. Brand yang menaungi merek Nokia ini terus mencoba meramaikan dan mengisi pasar smartphone tanah air denga beragam produk yang kini lebih sering masuk ke segmen low entry. Seperti yang terlihat pada Nokia C21 Plus ini.

Nokia C21 Plus diluncurkan sekitar bulan November 2022. Perangkat ini dihadirkan untuk mendukung para pengguna smartphone yang membutuhkan durasi pakai yang lebih lama, tetapi dengan harga terjangkau. Oleh sebab itu, Nokia C21 Plus membawa kapasitas baterai cukup besar. Namun tidak hanya itu saja yang ditawarkan HMD Nokia. Perangkat ini juga hadir dengan ukuran layar lebih luas dan storage lebih besar.

Mobitekno berkesempatan mencoba smartphone ini. Kami gunakan untuk melakukan banyak hal dan menemani aktivitas sehari-hari agar bisa dirasakan fungsionalitas maksimalnya. Penasaran hasilnya? Ikuti ulasannya berikut ini.

20230127 075707
Nokia C21 Plus

Kelengkapan

Hadir dengan kotak kemasan berwarna dominan putih, Nokia C21 Plus ini membawa item pendukung yang lengkap. Jadi, pengguna tinggal pakai saja, tanpa harus menambah biaya lagi. Berikut ini apa yang didapat di dalam kotak kemasannya:

  1. Satu unit Nokia C21 Plus
  2. SIM Card Ejector
  3. Soft case transparan
  4. Adapter
  5. Kabel USB to micro USB
  6. Earphone
  7. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
20230127 080001
Kelengkapan

Desain

Hadir membawa desain yang memiliki durabilitas lebih baik, Nokia C21 Plus ini mampu memberikan pilihan yang baik bagi pengguna smartphone Indonesia. Memang, spesifikasinya tidak tinggi karena masuk golongan entry level, tetapi Nokia C21 Plus menjamin bahwa update keamanan yang akan diberikan bisa mencapai dua tahun. Ini menjadi salah satu unggulan dari produk-produk keluaran HMD Global.

Kita mulai dari bagian layar. Smartphone dengan ukuran layar 6,5 inci menggunakan jenis layar IPS LCD dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Aspek rasio layar 20:9 dan diberikan perlindungan layar anti gores. Kamera depan terlihat di bagian atas dengan desain notch. Kemampuan kamera depan ini adalah 5MP 720p dengan LED Flash. Screen to body ratio-nya sebesar 82,1% sehingga layar terlihat lega.

20230127 075839
Desain kamera depan

Masuk ke bagian sisi kiri dan kanan, tombol power dan volume diletakkan di sisi kanan. Sementara di sisi kirinya terdapat slot SIM Card yang mendukung dua SIM tanpa mode hybrid, alias semua bisa bekerja bersamaan, walau dengan tambahan micro SD sekalipun.

20230127 075847
Tombol Volume dan Power

Untuk port audio, Nokia C21 Plus menyediakannya di bagian atas. Sementara di sisi bawah terdapat port Micro USB untuk transfer data dan daya. Selebihnya ada lubang speaker kecil di sampingnya.

Untuk bagian belakang, Nokia C21 Plus membawa dual camera berkemampuan 13MP dan 2MP. Semuanya dilengkapi LED Flash. Di smartphone ini juga ada pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian belakang. Desain ini memudahkan pengguna untuk memindai sidik jari, terutama yang menggunakan jari telunjuk atau jari tengah.

20230127 075727
Port di bagian bawah

Permukaan bodi bagian belakang juga tidak dibuat glossy. Ada karakter garis-garis kecil melingkar yang membuat permukaan tidak menjadi licin. Walau tidak menggunakan soft case, smartphone ini terasa nyaman dan lekat di genggaman.

20230127 075820
Desain bodi belakang yang tidak licin

Fitur dan Performa

Nokia C211 Plus membawa sistem operasi Android Go dengan basis Android 11. Pemilihan Android Go mengingat memori yang digunakan terbatas. Smartphone ini membawa storage berkapasitas 32GB saja dan memori sebesar 3GB RAM. Jadi, solusi Android Go menjadi yang terbaik bagi smartphone ini.

Secara performa, tidak ada keluhan jika menjalankan aplikasi-aplikasi bawaan tanpa secara satu persatu. Navigasinya sendiri termasuk lancar tanpa lag. Membuka email, mengirim pesan, mengelola Whatsapp, hingga memutar video Youtube, terbilang lancar. Smartphone ini tampaknya lebih cocok untuk pengguna yang tidak terlalu banyak menggunakan aplikasi. Performanya sendiri ditunjang oleh prosesor Unisoc SC9863A dengan fabrikasi 28nm.

Untuk urusan fotografi, pengguna yang bisa memanfatkan dual camera yang ada di bagian belakang dengan mudah. Memang tidak terlalu banyak mode foto dan video yang disediakan. Namun, untuk mengabadikan momen-momen harian tanpa memikirkan detailnya, smartphone ini sudah cukup bagus mendukung aktivitas tersebut. Jadi, pengguna tidak akan tertinggal momen yang ada.

20230127 075759
Dual camera di bagian belakang

Kamera depannya juga cukup mudah digunakan untuk selfie. Tampil dengan mode selfie yang sederhana, mode selfie ini disarankan digunakan untuk situasi cahaya yang caik, misalnya pada siang hari. Untuk malam hari, sebaiknya cari cahaya pendukung di sekitar.

Baterainya yang berkemampuan 4000mAh cukup mendukung operasional smartphone lebih dari sehari. Ini menjadi satu kelebihan dari Nokia C21 Plus.

Hasil-hasil foto

Spesifikasi

Network
4G LTE CAT4
OS: Android 11 (Go edition)
CPU: SC9863a Octa-core up to 1.6Ghz
Memory
and storage:
RAM: 3 GB
ROM: 32
4 GB | MicroSD card slot supports up 256GB
Display: 6.5”(6.517“) HD+ V-notch | Aspect ratio 20:9 |
Toughened cover glass
Imaging: Main: 13 MP AF + 2 MP depth with flash
Front: 5 MP with flash
HDR | Beautification | Panorama
Connectivity: 802.11 b/g/n | Bluetooth® 4.2 | GPS/AGPS |
Ambient light sensor | Proximity sensor |
Accelerometer (G-sensor)
Charging: 5V2A Charging
Battery: Up to two days of battery life with 4000mAh5 (Non
removable)
I/O: Micro USB (USB 2.0) | 3.5mm audio jack
Dimensions: 164.8 x 75.9 X 8.55 mm | Weight 178 g (4000 mAh),
191 g (5050 mAh)
SIM slot: Dual SIM | Nano SIM + Nano SIM + Micro SD
Security: Fingerprint sensor | Face unlock | 2 years of security
updates
Other: FM radio (headset required) | IP52

Kesimpulan

Kini, Nokia sepertinya fokus pada produk-produk smartphone di kelas entry level untuk pasar Indonesia. HMD Global ingin agar semua masyarakat Indonesia bisa menikmati fitur-fitur terkini, tanpa harus membeli sebuah produk flagship. Salah satu keunggulan di smartphone ini adalah kapasitas baterainya yang cukup besar. Dengan begitu, operasional smartphone dapat bertahan lebih dari satu hari.

Namun, sayangnya smartphone ini masih menggunakan port MicroUSB, dimana hampir semua produk smartphone di kelas entry level-pun sudah banyak yang menggunakan USB Type C.

20230127 081130

Kekurangan ini dibayar juga dengan layar yang cukup besar. Nokia C21 Plus membawa layar berukuran 6.5”(6.517“) HD+ V-notch | Aspect ratio 20:9 | Toughened cover glass. Ini membuatnya seperti smartphone kelas menengah. Untuk menunjang aktivitas harian, smartphone ini sudah cukup membantu. Asalkan jangan meng-install terlalu banyak aplikasi.

Tags: , , , , ,


COMMENTS