July 21, 2023

Review vivo Y36 5G: Bawa Teknologi 5G dengan Desain Bergaya Sultan

Penulis: Desmal Andi
Review vivo Y36 5G: Bawa Teknologi 5G dengan Desain Bergaya Sultan  

Mobitekno – Di pasar smartphone Indonesia, vivo telah membuat gebrakan dengan meluncurkan vivo Y36 Series pada bulan Mei lalu. Ada dua model yang diluncurkan oleh vivo, yakni vivo Y36 dan vivo Y36 5G. Menariknya, smartphone kelas menengah alias mid-range yang membawa teknologi 5G baru dipasarkan menjelang akhir Juni 2023.

Nah! Beruntungnya, redaksi Mobitekno kedatangan vivo Y36 5G. Tentu saja kedatangan smartphone tersebut untuk direview secara menyeluruh. Tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, vivo Y36 5G yang diterima oleh Mobitekno pun dijadikan sebagai daily-driver selama satu minggu, dan ini hasil reviewnya!

vivo Y36
vivo Y36

Kelengkapan vivo Y36 5G

vivo Y36 5G dijual dalam kemasan yang tidak berbeda dengan vivo Y36 dan kebanyakan smartphone vivo Y Series sebelumnya. Paket penjualan yang disodorkan oleh vivo terbilang lengkap. Selain unit Y36 5G, konsumen juga menemukan

  1. Soft-case transparan
  2. Kepala charger 44W
  3. Kabel USB Type-C
  4. Buku panduan singkat & kartu garansi
  5. SIM Card Ejector
vivo Y36
Kelengkapan di dalam paket penjualan

Desain

vivo memasarkan vivo Y36 Series di pasar Indonesia dengan membawa tagline “Gaya Sultan, Performa Jagoan”. Tentu saja, Gaya Sultan yang dimaksud berkaitan erat dengan desain smartphone yang ditawarkan. Uniknya, memang tidak ada perbedaan antara model vivo Y36 dengan vivo Y36 5G. Keduanya dibalut dengan teknologi Dynamic Design.

Tak hanya terlihat trendi, Dynamic Design yang dibawa oleh vivo Y36 5G ini juga tampak begitu berkelas. Ada dua pilihan warna yang disodorkan oleh vivo, yakni Crystal Green dan Mystic Black. Vivo Y36 yang diterima oleh Mobitekno adalah warna Crystal Green, berkilau seperti kristal yang tampak alami dan cemerlang untuk dilihat serta terasa halus saat disentuh.

vivo Y36
Desainnya membuat terasa nyaman di tangan

Bisa dikatakan, smartphone kelas menengah dari vivo ini memiliki panel bagian belakang seperti cermin. Namun, itulah kepiawaian yang ditunjukkan oleh vivo dari sisi bagaimana mereka meramu panel bagian belakang vivo Y36 5G. Ya! Panel bagian belakang smartphone tersebut masih terbuat dari plastik polikarbonat.

Agar terlihat lebih berkelas, vivo pun juga memberi sentuhan desain Fantasy Frame yang memiliki efek berkilau. Sudah barang tentu, efek tersebut untuk menambah keceriaan dalam berbagai momen seru yang ditemukan oleh pengguna. Dilengkapi dengan desain Dynamic Dual Ring, ini terinspirasi dari Twin-Lens Reflex, yang memberikan kesan fotografi profesional.

Ya! Smartphone kelas menengah ini hanya punya dua buah lensa di bagian belakang yang begitu mencolok dan disusun secara vertikal di pojok kiri atas. Kedua lensa tersebut ditempatkan dalam satu modul berbentuk persegi yang begitu besar. Tak ketinggalan, kedua lensa tersebut juga diperkaya dengan LED flash.

vivo Y36
Desain kamera belakang

Terbuat dari plastik polikarbonat dengan sentuhan layaknya cermin, bagian belakang vivo Y36 5G ini rentan kotor oleh sidik jari, dan terasa licin. Ada baiknya gunakan soft-case transparan yang tersedia dalam paket penjualan. Ini juga berguna untuk melindungi panel bagian belakang vivo Y36 5G agar tidak mudah tergores, dan agar selalu terlihat berkelas.

Tak berbeda dengan material yang digunakan pada panel belakang perangkat, bingkai atau frame vivo Y36 5G ini juga terbuat dari plastik polikarbonat. Dibuat mengotak, dengan tujuan smartphone ini lebih nyaman untuk digenggam. Ketebalan vivo Y36 5G hanya 8 mm dan bobotnya kurang dari 200 gram, atau lebih tepatnya hanya 190 gram.

Tombol volume dan daya ditempatkan sejajar pada frame bagian kanan. Sementara, frame bagian kiri dibuat polos. Slot untuk SIM Card & kartu microSD dapat ditemukan pada frame bagian atas bersama dengan lubang mikrofon. Sementara, port jack audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB Type-C dan grill speaker ditempatkan sejajar pada frame bagian bawah.

vivo Y36
Tombol volume sejajar dengan power

Nah! Sekarang bergeser ke bagian tampilan. vivo meramu vivo Y36 5G dengan panel layar IPS LCD. Ukurannya adalah 6,64 inci dan memiliki resolusi FHD+ alias 1080 x 2388 piksel. Sayangnya, vivo menawarkan smartphone kelas menengah ini dengan layar yang hanya ditopang refresh rate 90Hz.Sementara, tingkat kecerahan layarnya hanya 650 nits.

Namun, untuk memberikan kesan smartphone yang lebih berkelas, vivo Y36 5G diramu dengan dukungan Ultra O Screen. Ya! Smartphone ini memiliki layar dengan punch-hole di bagian tengah atas sebagai wadah kamera depan. Inovasi ini dirancang sepertinya untuk memaksimalkan rasio tampilan sehingga memberikan pengalaman visual yang lebih imersif.

Menyangkut fitur desain lainnya yang ditawarkan, vivo Y36 5G datang dengan dukungan sertifikasi IP54. Artinya, smartphone kelas menengah dari vivo ini dapat tetap terlindungi dari percikan air dan debu. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir ketika smartphone ini terguyur air hujan saat di perjalanan atau ketumpahan air minum saat tergeletak di atas meja kerja.

Performa

 Embel-embel 5G yang menempel pada vivo Y36 5G tentunya bertujuan agar pengguna dapat menikmati kepuasan akan kelancaran mengakses internet yang lebih cepat. Ya! Seperti yang kita tahu bersama bahwa teknologi 5G mampu menawarkan kecepatan jaringan 7 kali lebih tinggi dari jaringan 4G dan memiliki latensi yang rendah.

Untuk itu, vivo membenamkan chipset dengan kemampuan 5G ke dalam bodi vivo Y36 5G. Chipset tersebut adalah Dimensity 6020 yang dikembangkan oleh MediaTek dengan fabrikasi 7nm. Ya! Chipset tersebut berbeda dengan yang ada di dalam bodi saudaranya, vivo Y36 yang diperkuat dengan Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6nm.

vivo Y36
Dimensity 6020

Meski berbeda, Dimensity 6020 7nm diklaim oleh vivo juga mampu memberikan konsumsi daya yang sangat rendah dan masa baterai yang lebih lama. CPU dari chipset ini adalah Octa-core dengan konfigurasi 2 x Cortex-A76 2.2 GHz & 6 x Cortex-A55 2.0 GHz, yang telah terintegrasi dengan GPU Mali-G57 MC2 untuk mendongkrak kinerja grafisnya.

vivo Y36 5G juga memiliki dukungan memori yang terbilang cukup besar. Ya! Smartphone ini punya dukungan RAM 8 GB ditambah dengan fitur Extended RAM hingga 8 GB. Artinya, dengan dukungan fitur Extended RAM hingga 8 GB, kamu bisa merasakan menggunakan smartphone kelas menengah ini dengan RAM hingga 16 GB.

Tak hanya sampai di situ! Kamu juga tak perlu khawatir dengan kapasitas penyimpanan internalnya. vivo telah membekali vivo Y36 5G dengan kapasitas penyimpanan internal 256 GB. Artinya, kapasitas sebesar itu tentunya berguna untuk menyimpan ribuan file foto dan video, serta banyak aplikasi sehingga penggunaan smartphone menjadi lebih lama.

Sementara, pada sektor catu daya, vivo Y36 5G menghadirkan kemampuan pengisian daya cepat dengan 44W FlashCharge dan kapasitas baterai 5000 mAh. Menariknya lagi, kepala charger dengan dukungan 44W FlashCharge telah tersedia dalam paket pejualannya. Artinya, kamu tak perlu keluar biaya lagi untuk sekadar membeli kepala charger.

Lalu, seberapa cepat jika kamu mengisi daya vivo Y36 5G menggunakan kepala charger 44W FlashCharge? Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Mobitekno, smartphone ini hanya butuh waktu 15 menit untuk terisi sampai 30%. Menariknya lagi, vivo juga membekali smartphone ini dengan 24-Dimension Security Protection.

Dukungan 24-Dimension Security Protection adalah inovasi yang ditawarkan oleh vivo untuk memberikan perlindungan dan memastikan keamanan seluruh aspek saat melakukan pengisian daya. Tentunya dengan kombinasi baterai berkapasitas besar, pengisian daya cepat, dan perlindungan keamanan yang mumpuni, kamu tak perlu ragu untuk menggunakan vivo Y36 5G.

Tidak ketinggalan, vivo juga memperkaya vivo Y36 5G dengan fitur NFC Multifunctions. Tentu saja, fitur ini akan memudahkan kamu dalam memeriksa dan mengisi saldo uang elektronik (kartu e-money), transfer dokumen, serta menduplikasi fungsi kartu akses rumah atau loker hanya dalam satu genggam, yang semua itu ada di dalam smartphone vivo Y36 5G.

Penasaran dengan performa dan kinerja chipset Dimensity 6020 7nm yang ada pada vivo Y36 5G, Mobitekno pun melakukan benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu Bencmark 10.0, Geekbench 6, 3DMark 2.2 dan PCMark for Android Benchmark 3.0. Hasilnya benchmark keseluruhannya bisa kamu lihat melalui screenshot di bawah ini.

Tak hanya sampai di situ, Mobitekno juga penasaran dengan daya tahan baterai 5000 mAh yang ada di dalam bodi vivo Y36 5G. Pengujian yang dilakukan adalah menggunakan smartphone tersebut untuk bermain game PUBG Mobile. Hasilnya, memainkan game tersebut selama 30 menit, baterai vivo Y36 5G yang terkuras hanya 11%.

Kamera

Setelah mengetahui desain dan performa yang dimiliki oleh vivo Y36 5G, mungkin tak sedikit dari kamu yang bertanya-tanya mengenai kemampuan kamera yang ada pada smartphone tersebut. Sebelumnya telah disebutkan bahwa vivo Y36 5G yang dipasarkan di Indonesia dibekali dengan dua buah lensa di bagian belakang dan satu lensa di bagian depan.

vivo Y36
Kombinasi kamera belakang

Ya! Dua buah lensa di bagian belakang smartphone ini terdiri dari kamera utama 50 MP yang berpasangan dengan kamera portrait 2 MP untuk menghasilkan foto bokeh. Sementara itu, untuk memanjakan para penyuka foto selfie, vivo telah membekali vivo Y36 5G dengan kamera depan yang memiliki sensor 16 MP.

Jika suka memotret di malam hari untuk menunjukkan keindahan lampu-lampu kota atau keramaian cafe di sejumlah pusat perbelanjaan, kamu bisa memanfaatkan fitur Super Night Mode. Foto malam yang dihasilkan pun terlihat cukup bagus dan layak untuk kamu pamerkan melalui aplikasi media sosial, seperti Instagram atau Facebook.

Tak hanya itu, jika foto malam yang dibidik ingin terlihat lebih “wow”, dan dikomentari banyak orang di media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan filter yang ada. Ya! Vivo menyediakan filter-filter tersebut dalam pilihan Style. Tak main-main, ada sembilan Style yang bisa kamu pilih, mulai dari Black & Gold, Cyberpunk hingga Silver Orange.

vivo Y36 5G
kamera depan

Tak perlu khawatir dengan foto portrait atau bokeh yang dihasilkan oleh kamera 2 MP yang ada pada vivo Y36 5G ini. Mobitekno menilai bahwa foto bokeh yang dihasilkan oleh vivo Y36 5G juga terbilang layak untuk kamu “broadcast” ke teman-teman atau kerabat melalui IG Story atau media sosial lainnya.

Kami pun bisa lebih leluasa untuk menciptakan foto bokeh yang lebih menarik lagi. Caranya, kamu bisa bermain-main dengan pilihan Style, Filter dan Light Effect yang tersedia. Ada juga panduan untuk menciptakan foto bokeh yang tampak terlihat lebih profesional melalui pilihan Beauty dan Posture, serta pengaturan melalui bukaan lensa alias aperture.

Jika kamu tertarik menciptakan konten foto yang terlihat unik dan langsung mau dibagikan di media sosial, manfaatkan fitur Double Exposure. Melalui fitur tersebut, kamu bisa dengan mudah menggabungkan dua foto sekaligus dalam satu frame. Hasilnya pun bisa langsung kamu bagikan ke media sosial, seperti Twitter dan Facebook.

Sementara itu, untuk opsi pemotretan dengan kamera 50 MP, kamu dapat menemukan dari menu “More” di dalam aplikasi Camera. Ya! Jika opsi ini kamu pilih, ukuran file foto yang dihasilkan memang lebih besar ketimbang memotret menggunakan opsi Photo. Namun, tak perlu khawatir karena vivo Y36 5G punya internal storage yang terbilang besar.

Seperti telah disebutkan di atas, vivo Y36 5G punya kamera depan dengan sensor 16 MP. Kamera depannya ini pun dapat kamu gunakan untuk foto selfie di malam hari atau lingkungan kurang cahaya dengan bantuan fitur Night Mode. Sementara, untuk foto selfie dengan latar belakang blur, kamu dapat memilih opsi Portrait.

Lalu, bagaimana jika smartphone kelas menengah dari vivo ini dipakai untuk merekam video? Nah! Untuk urusan perekaman video, vivo telah membekali vivo Y36 5G ini dengan Standard Stabilization, dimana resolusi video yang dihasilkan lebih beragam, yakni mulai dari 720p @30 fps hingga 1080p @60 fps.

Menariknya, untuk perekaman video ini, vivo juga membekali vivo Y36 5G dengan pilihan Ultra Stabilization. Hanya saja, jika kamu memilih opsi ini, resolusi video yang dihasilkan hanya 1080p @60 fps. Selain itu, masih untuk perekaman video, fitur lainnya yang ditawarkan oleh vivo di dalam Y36 5G ini adalah Slo-mo, Time-lapse dan Dual View.

Contoh foto:

Spesifikasi vivo Y36 5G

Chipset MediaTek Dimensity 6020
OS Android 13
Dimensi 164.1 x 76.2 x 8.1 mm
Bobot 190 gram
Kamera belakang 50MP Wide dan 2MP portrait
Kamera depan 16MP
Layar 6,64 inci 1080 x 2388 pixel
Fitur Sidik jari, WiFi, Bluetooth 5.1 A2DP, FM Radio, NFC, OTG, Jack Audio 3,5mm
Memori 8GB + 8GB
Storage 256GB
Baterai 5000mAh dengan 44W FlashCharge
Opsi Warna Crystal Green dan Mystic Black

Kesimpulan

Bersaing di pasar smartphone kelas menengah, vivo menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36 5G. Berbeda dengan saudaranya, Y36 yang lebih dulu dipasarkan, smartphone ini fokus pada penawaran teknologi 5G untuk memberikan akses internet yang lebih cepat alias super ngebut.

Terkait dengan desain yang ditawarkan, vivo Y36 5G memang terbilang layak dikatakan membawa “Gaya Sultan”. Bagaimana tidak! vivo begitu piawai mengemas smartphone kelas menengah ini sehingga bisa tampil layaknya smartphone berkelas. Ya! Vivo menyodorkan inovasinya melalui Dynamic Design.

Sementara itu, untuk mendorong performa dengan kemampuan 5G, vivo telah membekali Y36 5G ini dengan chipset Dimensity 6020. Diharapkan, dukungan chipset tersebut bisa lebih membuat penggunanya lebih produktif. Tak ketinggalan, dukungan baterai 5000 mAh ditambah pengisian cepat 44W FlashCharge membuat smartphone ini semakin menarik.

Daya tarik lainnya, smartphone ini juga diperkaya dengan fitur NFC Multifunctions yang akan mendukung berbagai aktivitas transaksi dan memberikan pengalaman yang lancar. Lewat teknologi ini, pengguna akan merasakan kemudahan dalam mengisi saldo e-money ,serta menduplikasi fungsi kartu akses rumah atau dalam satu perangkat saja.

Mengenai durabilitas, tentunya pengguna juga tak perlu risau. Pasalnya, vivo Y36 5G telah datang dengan kemampuan tahan debu dan percikan air. Ini telah dibuktikan dengan sertifikasi IP54 Dust & Splash Waterproof. Nah! Bagi kamu yang tertarik dengan smartphone ini, vivo Y36 5G dijual dengan harga Rp3.999.000.

Tags: , , ,


COMMENTS