November 16, 2023

Pabrik MG Berbasis AI Resmi Beroperasi, New MG ZS EV Diproduksi di Indonesia pada Februari 2024

Penulis: Rizki R
Pabrik MG Berbasis AI Resmi Beroperasi, New MG ZS EV Diproduksi di Indonesia pada Februari 2024  

Mobitekno – MG Motor Indonesia dengan bangga mengumumkan langkah penting dalam elektrifikasi otomotif tanah air dengan memulai produksi CKD (Completely Knocked Down) New MG ZS EV pada Februari 2024. Sebagai mobil SUV berbasis EV pertama yang diproduksi secara lokal di Indonesia, inisiatif ini memperkuat posisi MG sebagai pelopor dalam menghadirkan teknologi ramah lingkungan.

Pabrik MG yang terletak di Cikarang, Jawa Barat, bukan hanya sebuah tempat produksi MG ZS EV, melainkan juga pusat teknologi terdepan. Dengan lini produksi otomatis, fasilitas perakitan baterai EV canggih, dan penggunaan robotika modern serta sistem manajemen produksi berbasis AI, pabrik ini diarahkan untuk memberikan efisiensi produksi yang unggul.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, menyampaikan, “New MG ZS EV membuka bab baru dalam elektrifikasi kendaraan di negara kita. Ini adalah langkah penting bagi kami dan industri otomotif Indonesia.” Arief juga mengungkapkan rencana MG untuk memproduksi MG 4 EV di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2024, menambah pilihan kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia.

New MG ZS EV

Board of Directors MG Motor Indonesia bersama New MG ZS EV di ASHTA District 8, SCBD

Tidak hanya memberikan manfaat bagi pelanggan MG dengan akses lebih mudah terhadap inovasi, tetapi juga memberikan dampak positif luas pada sektor otomotif Indonesia.

Pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi nasional melalui potensi ekspor, menciptakan lapangan kerja, dan mendukung pertukaran pengetahuan serta teknologi untuk masyarakat Indonesia.

MG ZS EV: SUV Listrik Pertama yang Dirakit secara Lokal

Dalam mendukung kebijakan mobilitas hijau Indonesia, MG berkomitmen mencapai 40% kandungan lokal di awal operasi, meningkat menjadi 60% di tahap selanjutnya. Dengan pembangunan pabrik ini, ribuan pekerjaan langsung akan tercipta, disertai dengan program pelatihan tenaga kerja untuk pengembangan keterampilan di bidang manufaktur dan teknik otomotif.

Suasana manufaktur kendaraan MG scaled

New MG ZS EV, yang akan menjadi SUV listrik pertama yang diproduksi secara lokal, menjanjikan inovasi dan desain yang memikat. Didesain dengan teknologi canggih untuk memenuhi gaya hidup modern, khususnya para generasi milenial yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

“Pabrik MG akan memberikan dampak pada berbagai aspek pada sektor otomotif di Indonesia secara keseluruhan, mulai dari penguatan ekonomi nasional berkat potensi ekspor, perluasan lapangan kerja serta pertukaran pengetahuan dan teknologi untuk masyarakat Indonesia, hingga membantu mengukuhkan posisi Indonesia di industri global yang menargetkan untuk menjadi basis elektrifikasi di Asia Tenggara dan mampu memproduksi hingga 600 ribu MG ZS EV hingga 2030,” papar Arief. 

Lebih lanjut, MG Motor Indonesia tidak hanya memperkenalkan teknologi canggih dari New MG ZS EV dan MG 4 EV, tetapi juga menegaskan komitmennya terhadap mobilitas berkelanjutan. Acara ini bukan sekadar peluncuran produk, melainkan sebuah perayaan visi MG Motor Indonesia dalam mempromosikan mobilitas yang ramah lingkungan.

MG Motor Indonesia bekerjasama dengan tokoh-tokoh terkemuka di bidang keberlanjutan dan kreativitas lokal. Figur-figur inspiratif seperti Alter Abenk dan Muklay, yang dikenal dengan karya-karya mereka yang menggabungkan seni, budaya, dan keberlanjutan, hadir untuk menambah semarak acara. Kehadiran mereka bukan hanya sekedar simbol, tetapi juga sebagai pernyataan kuat tentang bagaimana MG Motor Indonesia menghargai dan mendukung kekayaan serta potensi sumber daya lokal Indonesia.

IMG 20231116 100926 scaled

Tokoh-tokoh terkemuka Indonesia di bidang keberlanjutan dan kreativitas lokal, sebagai mitra kolaborasi MG menciptakan lingkungan hijau di Indonesia

Kegiatan ini menandai langkah besar MG Motor Indonesia dalam mengintegrasikan teknologi otomotif mutakhir dengan nilai-nilai keberlanjutan, menunjukkan dedikasi mereka dalam membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Acara ini menjadi simbol dari sinergi antara inovasi teknologi dan penghormatan terhadap lingkungan, mencerminkan komitmen MG Motor Indonesia dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia.

Pengumuman mobil listrik MG yang akan diproduksi secara lokal ini dilakukan pada momentum perayaan pameran MG bertajuk Charge Up The Future, Charge Up The Nation, di mana, salah satu daya tarik utama dari pameran tersebut berupa sebuah karya seni Art Installation yang memukau dan unik dari hasil kolaborasi MG bersama Abenk Alter dan Muklay; para seniman kebanggan Indonesia.

IMG 20231116 101009 scaled

Pameran yang berlangsung selama 12 hari tersebut merupakan cara MG mengapresiasi karya seni anak bangsa serta merayakan berbagai kesuksesan yang diraih dalam menyokong elektrifikasi di Indonesia berkat semangat kolaborasi dari berbagai pihak.

Tags: , , , ,


COMMENTS