February 16, 2023

Sukses di Eropa, MG4 EV Jadi Mobil Listrik Pertama Morris Garages yang Resmi Dijual di Indonesia

Penulis: Rizki R
Sukses di Eropa, MG4 EV Jadi Mobil Listrik Pertama Morris Garages yang Resmi Dijual di Indonesia 

Mobitekno – MG4 EV, mobil crossover bertenaga listrik resmi menjadi sajian pembuka Morris Garages atau MG di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Kendaraan ini terasa spesial, karena MG4 EV merupakan crossover pertama, mobil elektrik pertama yang dibangun pada Modular Scalable Platform hasil pengembangan MG, serta mobil elektrik pertama yang resmi dijual untuk publik Indonesia.

Tiga hal di atas memberi makna penting terhadap Beyond Boundaries, tema besar booth MG pada gelaran IIMS kali ini.

Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan, “Bagi Morris Garages, MG4 EV lebih dari sekadar kendaraan untuk mobilitas. MG4 EV adalah gaya hidup baru. Desain yang inovatif juga merupakan karakteristik MG dalam berkreasi dan berinovasi,”

Ia menambahkan, “Tampilan eksteriornya pun terasa sangat sporty dan bernuansa futuristik yang mengadopsi Avantgarde Inductive Design hasil kreativitas tim desainer di Morris Garages yang berwawasan masa depan,”

MG Motor Indonesia

Inovasi desain yang diterapkan pada MG4 EV semakin mempertegas persepsi di tengah masyarakat mengenai karakter MG yang semakin trendi, atraktif, dan futuristik. Tim Advanced Design Studio MG yang bermarkas di Central London, Inggris merupakan otak penggagas desain-desain inovatif mobil-mobil MG.

3rd Generation MG Family Design Language merupakan buah karya mereka yang telah diimplementasikan di sejumlah model mobil MG. Pengakuan dari dunia internasional dalam bentuk penghargaan pun sudah pernah dicicipi puluhan kali, spesifik untuk MG4 EV di antaranya adalah Bargain of the Year dari 2022 Top Gear Awards, DrivingElectric mengganjar dua penghargaan sekaligus, yaitu Best Value Electric Car dan overall Car of the Year. 

Deretan pengakuan membanggakan ini otomatis menjadikan MG4 EV sebagai mobil elektrik yang paling difavoritkan di Eropa di tahun 2022. Lantas, apakah sukses di Eropa bisa ditularkan ke dalam negeri?

Modular Scalable Platform

MG4 EV menjadi mobil elektrik produksi MG pertama yang dibangun pada sebuah platform dimensi kompak yang impresif. Mengendarai MG4 EV terasa lebih meyakinkan berkat sistem rear-wheel drive yang diadopsinya.

Dari sisi daya, MG4 EV menggunakan baterai datar berdaya 51kWh yang tersemat di sisi bawah dan merupakan yang tertipis di kelasnya dengan tinggi 110mm sehingga berdampak positif pula terhadap luas ruang kabin di atasnya. Kapasitas tersebut juga memampukan MG4 EV untuk mencapai daya tempuh hingga 425 km dalam mode NEDC (350 km dalam mode WLTP).

MG Motor Indonesia

Belum lagi dengan pemulihan tenaga 4-mode yang akan semakin memaksimalkan efisiensi penggunaan daya listrik yang disemburkan.

Di atas kertas, MG4 EV mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/j dalam hitungan 7,7 detik saja, sementara top speed bisa mencapai 160 km/j dan hanya bisa dibuktikan dengan keahlian khusus serta dalam pengawasan tenaga profesional. Dibekali dengan kecanggihan fitur keselamatan seperti Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Intelligent Speed Limit Assist with Traffic Sign Recognition, Lane Keep Assist Driver Attention Alert, Active Emergency Braking, dan lain sebagainya.

Apalagi MG4 EV juga telah melalui serangkaian uji keselamatan dari Euro NCAP dengan hasil rating bintang lima yang akan semakin membangun kepercayaan diri pengemudi saat meluncur di jalan raya.

Dalam kondisi terbaik, baterainya mampu mengisi daya dari 10 hingga 80% dalam rentang 35 menit. Melalui tes uji keselamatan yang komprehensif, MG menggadang-gadang baterai MG4 EV mampu memberikan durabilitas, stabilitas, serta keamanan.

Dilengkapi dengan V2L capability, MG4 EV mampu mengisi daya untuk benda lain seperti sepeda elektrik dan lainnya, sehingga memberikan kenyamanan ekstra di saat-saat tak terduga.

Artboard 2

Mengenai kesempatan pre-booking yang resmi dibuka, Arief menegaskan MG hanya membuka 100.

“Hanya 100. Kami ingin memberikan kesempatan kepada penggemar MG dan penggemar mobil elektrik sesungguhnya agar menjadi yang pertama memiliki mobil terdepan dari MG,” pungkasnya.

Tidak hanya terpusat pada MG4 EV, New MG ZS Dark Midnight Special Edition juga turut dihadirkan dalam jumlah terbatas.

Tags: , , , , ,


COMMENTS