February 14, 2023

Jalin Kerjasama, Flash Mobile dan VIDA Ingin Perkuat Digital Trust di Layanan Keuangan Digital

Penulis: Iwan RS
Jalin Kerjasama, Flash Mobile dan VIDA Ingin Perkuat Digital Trust di Layanan Keuangan Digital  

Mobitekno – PT Indonesia Digital Identity (VIDA) bekerjasama dengan PT FM Digital Solution (Flash Mobile) sebagai payment gateway provider dan biller aggregator. Keduanya akan bersinergi membangun sektor keuagan terpercaya dan mengedepankan digital trust pada berbagai layanan keuangan digital, khususnya yang berada di bawah naungan MNC Group.

Seperti diketahui, Flash Mobile merupakan salah satu lini bisnis milik PT MNC Kapital Indonesia yang menyediakan berbagai layanan keuangan digital.

VIDA akan menghadirkan layanan VIDA Verify, yakni layanan verifikasi identitas online berdasarkan penerbitan sertifikat elektronik oleh VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) berinduk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Adapun kerjasama ini memberikan nilai tambah untuk mendukung proses bisnis fintech yang diproses oleh Flash Mobile, termasuk melakukan proses verifikasi identitas online, maupun layanan berbasis sertifikat elektronik lain ke depannya seperti tanda tangan digital, otentikasi multifaktor, dan lain sebagainya.

Jessica Tanoesoedibjo, Direktur PT FM Digital Solution mengungkapkan “Integrasi layanan identitas digital yang komprehensif melalui Flash Mobile di berbagai layanan keuangan MNC Group merupakan langkah bisnis yang vital bagi kami.”

Flash Mobile dan VIDA 02

Menurutnya, pihaknya senang dapat berpartner dengan VIDA, yang bersama-sama Flash Mobile menghadirkan layanan identitas digital yang aman dan nyaman.

Group CEO dan Co-Founder VIDA, Niki Luhur menilai tingginya tren ancaman kejahatan siber khususnya pada sektor keuangan membuat kepercayaan masyarakat terhadap keamanan digital (digital trust) menjadi salah satu kunci dalam mendorong tumbuhnya ekonomi digital.

Dia menuturkan, sebagai digital trust provider, VIDA berkomitmen tidak hanya menyajikan teknologi identitas digital yang aman, namun juga sistem yang mudah diakses dan digunakan konsumen.

“Untuk itu kami merasa bangga dapat bekerja sama dengan MNC Group melalui Flash Mobile dalam bersama-sama menghadirkan teknologi identitas digital yang aman, nyaman, dan mudah diakses bagi pengguna. Kerjasama ini hadir dari kesamaan misi VIDA dengan Flash Mobile dalam menghadirkan pengalaman digital terintegrasi serta pertumbuhan berkelanjutan bagi para stakeholder,” jelasnya (13/2/2023).

Sebagai penyedia identitas digital terdepan, VIDA berkomitmen menjunjung tinggi tiga nilai penting yang dihadirkan melalui produk-produknya, yaitu Speed, Scale and Secure.

Speed yakni kemampuan teknologi VIDA untuk memproses, memverifikasi dan melakukan otentikasi data pengguna dalam waktu singkat. Secure yakni memberikan jaminan lebih terhadap keamanan data dari pengguna dengan enkripsi end-to-end, dan telah dijamin oleh berbagai akreditasi kelas global seperti ISO 27001 dan WebTrust. Scale di mana dalam kerja sama ini teknologi VIDA mampu memproses data dalam skala besar.

Selain memudahkan layanan keuangan digital lebih aman dan legal, teknologi VIDA juga lebih nyaman digunakan dan membantu perusahaan dalam meningkatkan skala bisnis mereka dan mempercepat pertumbuhan.

“Dengan posisi strategis Flash Mobile di MNC Group yang memiliki cakupan layanan yang luas, kami optimis ke depannya kerja sama ini dapat berkontribusi lebih luas dalam agenda transformasi digital nasional di berbagai sektor. Harapannya, kerja sama VIDA dengan Flash Mobile dapat menjadi upaya bersama untuk membangun ekosistem layanan keuangan digital yang inklusif di Indonesia,” pungkas Niki.

Tags: , , , , ,


COMMENTS