March 13, 2023

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G Sihir Jurnalis Teknologi di Ajang HUT Ketiga FORWAT

Penulis: Rizki R
Samsung Galaxy S23 Ultra 5G Sihir Jurnalis Teknologi di Ajang HUT Ketiga FORWAT  

Mobitekno – FORWAT atau Forum Wartawan Teknologi, organisasi yang menaungi jurnalis teknologi bersifat nirlaba dan swadaya, belum lama ini berulang tahun yang ketiga. Pertambahan usia ini ditandai dengan digelarnya ajang silaturahmi antar sesama anggota FORWAT bertajuk TehcnoCamp 2023, pada Kamis-Jumat (9-10 Maret 2023) di Kebunsu, Bogor, Jawa Barat.

TechnoCamp 2023 sarat kegiatan positif yang membangun wawasan dan chemistry di antara sesama jurnalis teknologi, seperti workshop, fun games, kuis, hingga uji kebolehan perangkat terbaru milik Samsung, yaitu Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.

Terkait kegiatan terakhir, redaksi Mobitekno yang berpartisipasi dalam ajang ini pun turut menjajal, khususnya performa kamera Galaxy S23 Ultra tersebut. Mulai dari fotografi malam, portrait mode, wide angle, efek bokeh, hingga video singkat, kami coba satu-persatu. Hasilnya? Epic dan sangat memuaskan.

Penilaian ini tentunya bersifat objektif dengan didukung fakta perihal spesifikasi perangkat tersebut.

Hal yang lumrah terjadi pada pengguna smartphone–termasuk penulis– apabila memotret objek pada malam hari selalu mengundang kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, banyak keterbatasan dalam menciptakan hasil foto yang bikin kita puas dibandingkan di siang hari.

Semua kegelisahan dan kekhawatiran itu berhasil dijawab oleh Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. Kemampuan Nightography yang diusung Samsung sanggup menghadirkan hasil yang dapat kami andalkan untuk mendapatkan hasil foto yang vivid dalam kondisi minim cahaya.

Nightography memang diciptakan untuk membawa pengalaman foto malam hari ke tingkat yang lebih tinggi. Hasil foto di area Kebunsu di bawah ini terlihat begitu mengesankan, berkat teknologi AI MFP Nightography yang membantu pengguna dalam meningkatkan kualitas foto malam hari.

Galaxy S23 Ultra 5G

Galaxy S23 Ultra 5G

Galaxy S23 Ultra 5G

Teknologi Mega low light photography dan Multi-frame Noise Reduction (MFNR) dapat mengoreksi noise yang lebih optimal di kondisi minim cahaya. Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy juga dilengkapi Bokeh Engine 2 untuk menghasilkan ketajaman, kedalaman, dan rentang warna yang lebih baik pada foto portrait. Jadi bisa dibilang, cukup lewat smartphone Galaxy S23 Ultra 5G maka Anda sudah layak disebut sebagai fotografer profesional.

Teknologi tersebut membuat analisis yang rumit untuk menentukan titik pengaturan yang tepat dan menganalisis setiap piksel dengan ISP yang ditenagai AI untuk meningkatkan warna, detil, dan tone foto yang pada akhirnya dapat menghasilkan foto malam yang akhirnya begitu impresif.

Rembulan di malam hari pun tak lepas dari bidikan kamera Galaxy S23 Ultra 5G. Samsung mengandalkan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin yang memungkinkan Galaxy S23 Ultra menangkap bidikan bulan yang luar biasa. Kami pun seolah tersihir berkat kemampuan Galaxy S23 Ultra 5G.

Galaxy S23 Ultra 5G

Beranjak dari foto malam hari ke foto pagi hari dengan pencahayaan yang tidak terlalu silau. Kami melakukan tes fotografi di kawasan Curug Nangka, Bogor pada pukul 08.00 pagi. Hasilnya sebagai berikut:

Galaxy S23 Ultra 5G

Galaxy S23 Ultra 5G

Galaxy S23 Ultra 5G

Diberkati fitur Space Zoom hingga 100X yang didukung teknologi AI Super Resolution, lanskap Curug Nangka terlihat sangat clear dengan detail warna yang mumpuni. Kami sebenarnya tak heran dengan performa kamera Galaxy S23 Ultra 5G, karena handset ini sudah didukung chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Artinya, Galaxy S23 Ultra 5G membawa peningkatan secara menyeluruh baik dari segi CPU, GPU, dan NPU sehingga mampu menawarkan performa yang lebih unggul dari prosesor Snapdragon seri lainnya.

Curug Nangka, Galaxy S23 Ultra 5G

Curug Nangka, Galaxy S23 Ultra 5G

Galaxy S23 Ultra 5G

Bicara soal ketahanan baterai, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini menggendong baterai berkapasitas 5.000mAh dengan pengisian daya melalui kabel adapter 45W. Dengan kapasitas baterai jumbo, kami tak begitu khawatir saat hunting foto di kawasan Curug Nangka meski saat itu baterai menunjukkan angka 45%.

Itulah sebagian kecil uji kebolehan perangkat flagship killer milik Samsung, yaitu Galaxy S23 Ultra 5G dari sisi fotografi, baik foto malam maupun siang hari. Sejujurnya, kami belum sempat mencicipi perangkat itu untuk bermain gim. Namun, apa daya waktu jualah yang memisahkan kami berdua.

Kami menyimpulkan bahwa hal yang paling fenomenal dari smartphone ini adalah resolusi kamera 200MP yang didukung 2x OIS, VDIS, sensor gambar dan chipset paling canggih.

Tak hanya itu, auto focus lebih akurat, lebih cepat, dan gambar lebih tajam, bahkan di kondisi gelap bisa bikin video yang stabil, tajam, dan less noise.

Buat kami, Galaxy S23 Ultra, yes!

Galaxy S23 Ultra 5G

Galaxy S23 Ultra 5G

IMG 20230310 134240

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS