October 4, 2020

Bosan dengan ‘4L’, Perangkat Tablet Juga Sanggup Optimalkan Produktivitas Saat Di Rumah

Penulis: Rizki Romdoni
Bosan dengan ‘4L’, Perangkat Tablet Juga Sanggup Optimalkan Produktivitas Saat Di Rumah  

Mobitekno – Membuat rumah menjadi tempat kerja yang nyaman dan produktif merupakan tantangan yang harus dihadapi baik bagi para karyawan, maupun perusahaan. Tidak melulu soal profesional, para pemangku kebijakan perusahaan harus memahami karyawan dari sisi personal. Empati, adaptasi, dan komunikasi menjadi kunci utama pengelolaan karyawan di masa pandemi hingga new normal.

Tak ada yang memungkiri bahwa proses ‘memindahkan’  produktivitas dari kantor ke rumah tidak semudah yang dibayangkan. Cukup banyak penyesuaian dan kompromi yang mesti dilakukan agar pekerjaan tetap efektif. Apalagi perangkat kerja yang digunakan itu-itu saja, seperti istilah empat (4) L: ‘laptop lagi, laptop lagi’, tentu akan membuat jenuh, stres, yang pada akhirnya membuat tidak produktif.

Dalam online talkshow bertajuk “Seberapa Produktif Di Masa Pandemi?” yang digelar Forum Wartawan Teknologi (Forwat) baru-baru ini, terungkap bahwa Samsung menjadi gawai terpopuler di Indonesia selama pandemi, disusul oleh OPPO, Vivo, Xiaomi, dan Apple. Kepopuleran Samsung cukup beralasan, mengingat lini produk mereka yang ada di pasar Indonesia sangat mendukung produktivitas, tak hanya untuk bekerja, tetapi juga belajar.

Ditambah lagi, belum lama ini, Samsung mengeluarkan salah satu perangkat yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, yakni Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+. Maka pilihan perangkat yang menunjang produktivitas dalam bekerja semakin beragam.

Elvira Dwi Anggraeni selaku Product Marketing Profesional Samsung Electronics Indonesia, menjelaskan, “Satu dari sekian banyak fitur dan inovasi Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+ adalah S Notes. Aplikasi S Notes di Galaxy Tab S7 dan S7+ hadir dengan peningkatan kemampuan yang signifikan. Tidak hanya sekadar menjadi aplikasi untuk membuat catatan, S Notes generasi terbaru ini juga dilengkapi dengan kemampuan lain,” paparnya.

Tinggal buka aplikasi S Notes, dan gunakan S Pen untuk membuat catatan mengenai apa yang ingin disampaikan. Catatan yang sudah selesai bisa disimpan dalam format PDF dengan fitur “Save to PDF”.

“Fitur canggih okay, tapi pertanyaannya bagaimana fitur-fitur ini bisa berguna dan memaksimalkan kinerja pengguna. Maka Tab S7 Series ini bisa menjawab tuntutan zaman sekarang,” kata Elvira.

Dirinya menambahkan, terdapat juga fitur Samsung DeX yang sudah ditingkatkan pada Galaxy Tab S7 | S7+ sehingga menawarkan antarmuka layaknya PC. Melalui Samsung DeX, kata Elvira, produk tablet seperti Galaxy Tab bisa memiliki dua tampilan di dalamnya. Tampilan pertama akan memiliki UI seperti sebuah smartphone. Sementara jika menggunakan tampilan DeX, layar akan berubah seperti UI pada PC Desktop, dimana akan muncul taskbar dan susunan icon yang tidak menumpuk.

Keunggulan Samsung DeX adalah memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking. Lewat multi-active windows, pengguna dapat menampilkan beberapa aplikasi atau task sekaligus di satu layar. Misalnya, membuat Notes, mengimpor file PDF, menambahkan catatan, drag-and-drop teks dari halaman web, atau menambahkan informasi yang didapatkan dari YouTube.

Mode Desktop seperti pada PC

Asyiknya lagi, aplikasi Notes juga mendukung fitur terbaru voice recording dan audio bookmark yang akan berguna saat pengguna mengikuti online meeting yang panjang. Caranya, tambahkan catatan penting saat sedang merekam, nanti ketika ingin mengulang bagian itu, cukup dengan memutar audio bookmark tadi.

Dari dua fitur yang dipaparkan di atas, tentu sudah mencakup kebutuhan pekerjaan harian kita. Untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan hiburan, perangkat yang sudah mendukung prosesor Snapdragon 865+  serta RAM 6GB ini akan memberikan pengalaman gaming yang lebih menyenangkan. Membopong baterai berkapasitas 8.000mAh, membuat Galaxy Tab S7 sanggup memutar video hingga 15 jam.

Samsung Galaxy Tab S7 ditawarkan dengan harga Rp12.999.000 dengan dua pilihan warna yaitu Mystic Black, dan Mystic Silver. Sementara, Galaxy Tab S7+ ditawarkan dengan harga Rp16.999.000 dengan tiga pilihan warna yaitu Mystic Black, Mystic Silver dan Mystic Bronze.

Jadi, sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak produktif saat di rumah, ya!

Tags: , , , , ,


COMMENTS