October 10, 2023

Cloudera Bantu SAIC Volkswagen Tingkatkan Kinerja Pemantauan Data Kendaraan

Penulis: Rizki R
Cloudera Bantu SAIC Volkswagen Tingkatkan Kinerja Pemantauan Data Kendaraan  

Mobitekno – Cloudera, perusahaan data untuk AI skala enterprise yang terpercaya, mengumumkan bahwa mereka telah membantu SAIC Volkswagen (SVW) meningkatkan kinerja pemantauan data kendaraan dengan menggunakan Cloudera Data Platform (CDP).

SAIC Volkswagen, salah satu produsen mobil terbesar di China, telah mengalami peningkatan kinerja yang signifikan dalam menjalankan batch operation sejak menggunakan CDP. Hal ini juga telah mengurangi biaya sekaligus mengoptimalkan efisiensi dalam operasional data dengan mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan sebesar 67%.

Dalam beberapa tahun terakhir, dengan pesatnya pertumbuhan New Energy Vehicles (NEV), volume dan kompleksitas informasi pemantauan kendaraan telah meningkat secara eksponensial. Pada saat yang sama, pemerintah China telah mengajukan permintaan lebih lanjut untuk pemantauan NEV dan berbagi informasi, sehingga menciptakan kebutuhan akan daya komputasi, penyimpanan, transmisi, dan aplikasi pemantauan data yang lebih baik terkait perusahaan pembuat kendaraan.

SAIC Volkswagen

Xie Cong, Head of Big Data Platform, SVW Database, menjelaskan bahwa SVW telah mengimplementasikan CDH Cloudera sejak tahun 2017 dan membangun data lake pada tahun 2018.

Pada tahun 2022, SVW berhasil melakukan upgrade platform data ke CDP hanya dalam waktu enam bulan, dan menjadi salah satu perusahaan pertama di industri otomotif dalam negeri yang melakukannya.

“Platform pemantauan data kendaraan yang kami bangun dapat dengan mudah mendukung penyimpanan data yang masif serta pemantauan dan analisis data kendaraan; dan data tersebut selanjutnya akan membantu kami melayani pemilik kendaraan dengan lebih baik dan mendorong pengembangan bisnis IoV kami secara berkelanjutan,” papar Xie Cong.

Sebagai platform Big Data yang matang, CDP telah secara efektif membantu kami mengatasi tantangan dalam menyimpan, mengelola, dan memproses data yang terus bertambah secara real-time. SAIC Volkswagen akan bekerja sama dengan Cloudera untuk lebih bisa mengatasi pemisahan antara penyimpanan dan komputasi serta tingkat pertumbuhan komputasi dan penyimpanan yang tidak konsisten untuk mendapatkan keseimbangan terbaik antara performa dan sumber daya berdasarkan perubahan beban kerja.

DB2018FA00005 web 1600

SAIC Volkswagen Rasakan Manfaat CDP

Peningkatan Kinerja yang Signifikan

CDP telah membantu SAIC Volkswagen meningkatkan kinerja batch operation hingga rata-rata 2,5 kali lipat, dan hingga 6,6 kali lipat untuk beberapa kasus tertentu. Peningkatan ini sangat membantu SVW dalam memenuhi persyaratan regulasi terkait pengumpulan dan pemantauan data kendaraan pintar untuk bisnis Internet of Vehicles (IoV).

Penghematan Biaya dan Efisiensi

Selain peningkatan kinerja, CDP juga telah membantu SVW menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi dalam operasional data. CDP telah mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan SVW sebesar 67%, yang berarti SVW dapat menyimpan lebih banyak data dengan biaya yang lebih rendah.

Selain peningkatan kinerja dan efisiensi, CDP juga telah memberikan manfaat lain bagi SVW, antara lain:

  • Kemampuan untuk menyimpan data yang lebih besar dan kompleks
  • Kemampuan untuk melakukan analisis data yang lebih mendalam
  • Kemampuan untuk memenuhi persyaratan regulasi

Wang Gang, Vice President Cloudera Greater China, mengungkap, “Pada saat pasar IoV berkembang pesat, muncul kekhawatiran yang cukup besar mengenai pemantauan data dan pengelolaan kendaraan cerdas dari pemerintah serta industri swasta,”

media.media .305d5ec7 8a83 420a b282 4b3d16ef6492.original1024

Bagaimana cara menyimpan, mengelola, dan mendapatkan insight dari Big Data merupakan hal yang penting bagi perkembangan perusahaan pembuat mobil. Telah terbukti bahwa platform data yang dibangun oleh Cloudera untuk SVW telah membantu SVW mengoptimalkan semua aspek penyimpanan data dan performa batch job sebagai dasar yang kuat untuk percepatan pembangunan ekosistem IoV.

“Kami akan terus mendukung SVW dan mendukung pengembangan kendaraan energi baru dan IoV berbasis data,” pungkas Wang Gang.

Ke depannya, SAIC Volkswagen akan terus memperluas pengadopsian CDP untuk meningkatkan platform pemantauan datanya.

Tags: , , , ,


COMMENTS