April 8, 2021

Cloudera Data Platform Telah Tersedia di Google Cloud

Penulis: Rizki R
Cloudera Data Platform Telah Tersedia di Google Cloud  

Mobitekno – Cloudera belum lama ini mengumumkan ketersediaan Cloudera Data Platform (CDP) di Google Cloud. CDP adalah platform data dan analitik hybrid dan multi-cloud yang menawarkan tingkat keamanan dan tata kelola yang tiada banding bagi perusahaan-perusahaan kelas dunia.

Hadirnya CDP di Google Cloud menawarkan platform data enterprise pada skala global. Google Cloud adalah public cloud pilihan bagi sejumlah perusahaan dan ketersediaan CDP di platform Google Cloud akan membuat pengguna memiliki lebih banyak pilihan, kemampuan, dan kapasitas.

Banyak perusahaan memiliki terlalu banyak data tapi tak punya cukup banyak waktu untuk menganalisanya. Agar tetap unggul dalam persaingan, menemukan insight yang real-time dari data-data sangat penting.  Dengan CDP Data Hub tersedia di Google Cloud, perusahaan-perusahaan dapat meraih hasil bisnis yang positif dengan akses instan ke data berkualitas yang disajikan oleh platform enterprise data cloud yang scalable dan berbasis open source.

“Cloudera Data Platform di Google Cloud adalah langkah pertama yang ideal bagi pengguna Cloudera dan Google Cloud untuk mendukung hybrid cloud. Perusahaan-perusahaan dapat menjalankan analitik canggih dari platform lifecycle data kami dan dengan mudah memperluas atau mereplikasi  berbagai penggunaan di datacenter perusahaan (on premise) di Google Cloud,” papar Arun Murthy, Chief Product Officer, Cloudera.

Cloudera Data Platform

Cloudera Data Platform di Google Cloud menggunakan Shared Data Experience (SDX) dari Cloudera, untuk menciptakan data lake yang aman di dalam akun Google Cloud milik sebuah perusahaan dan menyediakan layanan analitik dan machine learning hanya dalam hitungan menit, bukan berminggu-minggu.

Cara tersbeut menggantikan pembuatan program yang melelahkan dengan kenyamanan tanpa menguras energi. Dengan CDP di Google Cloud, perusahaan-perusahaan dapat dengan mudah melakukan migrasi pipeline data yang ada ke Google Cloud atau dengan cepat menyiapkan pipeline baru untuk dapat menyerap data dari sumber yang ada atau dari sumber data baru.

CDP Data Hub di Google Cloud secara umum akan tersedia pada 31 Maret 2021.

Dale Vile, CEO, Freeform Dynamics, mengatakan, “Kami telah melihat banyak perusahaan semakin memberikan prioritas pada unsur portabilitas di antara cloud provider serta di antara public cloud dan datacenter perusahaan agar dapat memaksimalkan agilitas dan tidak terkunci pada teknologi tertentu (lock-in),” .

“Dengan demikian, dukungan Cloudera untuk GCP, di samping AWS, Azure, dan lingkungan on-premise, sejalan dengan strategi hybrid /multi-cloud yang diterapkan oleh banyak perusahaan, agar mereka dapat memanfaatkan data secara fleksibel di seluruh bisnis mereka.” ungkapnya.

Sementara itu, Sudhir Hasbe, Senior Director, Product Management di Google Cloud, menerangkan, “Kami berkomitmen untuk menghadirkan teknologi dan kemitraan untuk mendukung transformasi digital berbasis data di dunia bisnis dan membantu mereka menghadirkan data di tangan setiap tim,”

“Dengan hadirnya Cloudera di Google Cloud, para pengguna dapat menerapkan dan mengelola platform serta aplikasinya dengan cepat dalam skala global.” kata Hasbe.

Tags: , , , ,



COMMENTS