September 7, 2023

Telin dan Citra Connect Jalin Kemitraan untuk Konektivitas Internet melalui Kabel Bawah Laut di KEK Nongsa Digital Park

Penulis: Iwan RS
Telin dan Citra Connect Jalin Kemitraan untuk Konektivitas Internet melalui Kabel Bawah Laut di KEK Nongsa Digital Park  

Mobitekno – Kemitraan baru telah dibentuk antara PT Telkom Indonesia International (Telin), anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), dan PT Citranet Sarana Digital (CitraConnect).

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan tujuan membentuk kerjasama strategis regional dalam konektivitas internet broadband, dengan fokus pada penyediaan kabel bawah laut dan layanan terkait.

MoU ini ditandatangani oleh Budi Satria Dharma Purba, Chief Executive Officer (CEO) Telin, dan Michael Kristian Wiluan, CEO CitraConnect, di acara Bali International Telkom International Conference (BATIC) 2023.

Telin 01
Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Budi Satria Dharma Purba, CEO Telin dan Michael Kristian Wiluan (CEO CitraConnect) di acara Bali International Telkom International Conference (BATIC) 2023.

BATIC 2023 merupakan ajang tahunan yang berlangsung selama tiga hari, 6 hingga 8 September 2023. Sekitar 1.000 peserta yang berasal dari 300 perusahaan global dari 40 negara menghadiri BATIC 2023. Penyelenggaraan ke-8 dari kegiatan konferensi internasional telekomunikasi ini menjadi wujud komitmen Telin dalam mendorong transformasi digital di Indonesia dan regional.

Hal ini juga sejalan dengan langkah Telkom yang tengah fokus menggarap segmen Business-to-Business (B2B). Adapun Telin merupakan perpanjangan tangan Telkom untuk bisnis wholesale dan internasional dengan global dan representative offices yang tersebar di 14 negara.

Penandatanganan tersebut, memantapkan komitmen antara Telin dan CitraConnect untuk menjelajahi berbagai jenis kemitraan dalam mewujudkan transformasi digital nasional khususnya di kota Batam dimana Nongsa Digital Park (NDP) diposisikan sebagai pusat ekosistem digital di Indonesia dan Asia Tenggara dengan pemenuhan kebutuhan infrastruktur konektivitas menuju NDP.

Langkah Telin sinkron dengan strategi Five Bold Moves dari Telkom

Hal ini sejalan dengan strategi Five Bold Moves dari Telkom, yang terdiri dari inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC), InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co, dan DigiCo. Telkom saat ini masih fokus pada implementasi inisiatif-inisiatif ini, dengan penekanan saat ini pada FMC, InfraCo, dan Data Center Co.

Inisiatif InfraCo adalah langkah konsolidasi dalam infrastruktur telekomunikasi yang memungkinkan berbagi jaringan untuk mengoptimalkan potensi dan valuasi. Dengan infrastruktur yang luas, pusat data yang tersebar di seluruh Indonesia, dan pangsa pasar pelanggan yang besar, Telkom memiliki potensi kuat untuk menjadi pemimpin dalam bisnis platform digital ini.

Telin dan Citra Connect akan berpartner lebih erat sebagai bagian dari kemitraan strategis ini untuk memanfaatkan potensi teknologi kabel bawah laut yang lebih handal dan efektif dalam transmisi data pita lebar. Proyek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan jaringan komunikasi dan promosi kemajuan teknologi.

Bentuk dukungan terhadap visi “Digital Bridge” Jokowi

Terkait kemitraan ini, Budi Satria Dharma Purba, CEO Telin, menyatakan bahwa melalui kolaborasi ini, Telkom akan menyediakan konektivitas internet broadband berkualitas tinggi kepada pelanggan kami di seluruh Indonesia.

“Kami percaya bahwa kombinasi layanan dan keahlian infrastruktur telekomunikasi Telin, bersama dengan keunggulan teknologi dan inovasi Citra Connect, akan berdampak positif pada perkembangan industri digital negara ini,” sambung Budi.

Michael Wiluan, CEO Citra Connect dan Nongsa Digital Park, menambahkan jika Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa Digital Park (KEK NDP) telah diidentifikasi sebagai kunci untuk mewujudkan visi “Digital Bridge” dari Presiden Jokowi untuk menghubungkan Indonesia dengan seluruh dunia.

“Visi ni akan tercapai dengan menyediakan infrastruktur berkualitas tertinggi. Grup Citramas yang merupakan perusahaan induk NDP telah menghadirkan Citra Connect – anak perusahaannya untuk menyediakan infrastruktur konektivitas world class last mile di Batam dan sekitarnya,” tambahnya.

Telin 02
Ajang BATIC 2023 di Mangupura Hall, Bali International Convention Center (BICC), The Westin Resort Nusa Dua, Bali (6/9/2023).

Permintaan konektivitas yang meningkat juga diharapkan dari pelanggan NDP terkait, termasuk Infinite Studios digital animation, Infinite Learning Vocational Division, resident tech- based companies dan operator Data Centre lainnya sehingga dapat menciptakan platform yang ideal dan strategis untuk kemitraan jangka panjang dengan Telin.”

Telin dan Citra Connect berkomitmen untuk menyediakan solusi konektivitas yang andal dan canggih untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Tujuannya adalah untuk menawarkan akses internet yang lebih luas, lebih cepat, dan lebih stabil ke berbagai sektor, termasuk bisnis dan perumahan. Kemitraan ini diharapkan akan membuka jalan menuju masa depan yang lebih terhubung dan digital.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS