September 7, 2023

Raup Cuan dari Tokopedia Affiliate Sekaligus Jadi Influencer di Era Social Commerce

Penulis: Rizki R
Raup Cuan dari Tokopedia Affiliate Sekaligus Jadi Influencer di Era Social Commerce  

Mobitekno – Era social commerce saat ini semakin berkembang, sehingga masyarakat Indonesia kini memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sambil berbelanja atau berbagi inspirasi. Tokopedia, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, telah meluncurkan inisiatif Tokopedia Affiliate untuk memberikan peluang ini kepada siapa saja.

Tokopedia Affiliate memungkinkan siapa pun, bahkan tanpa jumlah pengikut minimal di media sosial, untuk menjadi seorang influencer. Dengan cara mempromosikan produk atau toko di Tokopedia melalui tautan afiliasi yang bisa dibagikan melalui konten di media sosial, pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) memiliki potensi untuk meraih komisi hingga 10% setiap kali produk terjual melalui tautan afiliasi yang mereka bagikan.

Selain itu, setiap kunjungan tervalidasi ke halaman produk atau toko yang dipromosikan oleh Affiliate juga mendapat komisi tambahan sebesar Rp10.

Tokopedia Affiliate

Nirmala Hapsari, Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, menjelaskan bahwa inisiatif Tokopedia Affiliate sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.

“Siapa pun yang memiliki media sosial aktif dapat mendaftar sebagai Affiliate, dan perkembangan inisiatif ini sangat positif. Jumlah Affiliate telah meningkat hampir 16 kali lipat pada Juni 2023, dibandingkan dengan saat Tokopedia Affiliate pertama kali diluncurkan,” papar Nirmala.

Tokopedia Affiliate Dilengkapi Fitur ‘Dipromosikan Affiliate’

Tidak hanya memberikan peluang penghasilan tambahan bagi masyarakat, Tokopedia Affiliate juga berupaya mendukung pertumbuhan bisnis pelaku usaha di Indonesia, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan fitur ‘Dipromosikan Affiliate,’ penjual yang memenuhi kriteria dapat menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate.

Tokopedia Affiliate

Fitur tersebut memberikan kesempatan bagi Affiliate untuk mendapatkan penghasilan lebih tinggi, sementara produk atau toko penjual bisa mendapatkan lebih banyak perhatian dan penjualan.

Hasilnya, penjual yang menggunakan fitur ‘Dipromosikan Affiliate’ di Tokopedia mengalami peningkatan kunjungan halaman produk rata-rata hampir 4 kali lipat pada kuartal II 2023, dibandingkan dengan penjual yang belum menggunakan fitur ini.

Tidak hanya menyediakan peluang penghasilan tambahan, Tokopedia juga memberikan pelatihan melalui Akademi Kreator Tokopedia. Program ini memberikan akses gratis kepada Affiliate untuk berbagai materi edukasi yang mengasah keterampilan sebagai kreator konten, membantu mereka dalam membuat konten yang menarik banyak audiens dan berkolaborasi dengan berbagai merek.

Selain itu, Tokopedia secara rutin mengadakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day yang memungkinkan Affiliate untuk memperluas jaringan dengan sesama kreator konten dan merek. Ini juga menjadi platform untuk berpartisipasi dalam talkshow edukatif dan mengakses berbagai produk eksklusif.

Kisah sukses dari pengguna Tokopedia Affiliate seperti Amelia Harmelianti dan I Gede Suartha Eriyasa menjadi bukti bahwa inisiatif ini tidak hanya memberikan penghasilan tambahan, tetapi juga membantu individu mengasah keterampilan mereka sebagai influencer.

Dalam kondisi sulit seperti pandemi, Tokopedia Affiliate telah menjadi peluang bagi banyak orang untuk membangun karir baru dan menghasilkan pendapatan yang berharga.

Melalui Tokopedia Affiliate, Amelia juga dapat membangun relasi dan berbagi wawasan dengan kreator konten lain, yang sekaligus menginspirasi Amelia untuk melanjutkan karir sebagai kreator konten. Saat ini, Amelia memiliki belasan ribu followers di media sosial. Ia rutin membagikan konten seputar edukasi kesehatan mental serta rekomendasi produk yang relevan dan dapat ditemukan di Tokopedia.

Tokopedia Affiliate

Keuntungan yang sama juga dialami I Gede Suartha Eriyasa setelah memanfaatkan Tokopedia Affiliate. Pemuda asal Bali ini mengaku komisi yang diperoleh dari Tokopedia Affiliate menjadi sumber pendapatan utama ketika ia belum mendapatkan pekerjaan tetap.

Bahkan setelah mendapat pekerjaan di bidang reparasi laptop dan komputer, Suartha tetap mengandalkan komisi jutaan rupiah yang didapatkan dari Tokopedia Affiliate sebagai tambahan modal usaha dan dana darurat.

Suartha pun membagikan tips sukses menjadi Affiliate atau kreator konten berkomisi lewat Tokopedia Affiliate, “Tentukan bidang yang ingin dibahas. Saya memilih elektronik mulai dari laptop hingga handphone karena hal ini merupakan bidang yang saya kuasai. Setelahnya, tentukan target audiens dan produksi konten yang relevan,” ucap Suartha.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS