December 6, 2023

Raih Penghargaan Cloud-Native Development, BRI dan OCBC NISP Buktikan Kemajuan Digitalisasi di Indonesia

Penulis: Rizki R
Raih Penghargaan Cloud-Native Development, BRI dan OCBC NISP Buktikan Kemajuan Digitalisasi di Indonesia  

Mobitekno – Red Hat, Inc., penyedia solusi open source terdepan di dunia, baru-baru ini mengumumkan para pemenang Red Hat APAC Innovation Awards 2023 untuk Indonesia. Dua bank besar di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank OCBC NISP berturut-turut berhasil meraih penghargaan di kategori Digital Transformation and Cloud-Native Development dan Cloud-Native Development and Automation, masing-masing.

Para pemenang dipilih berdasarkan dampak positif yang diberikan dari pemanfaatan solusi Red Hat terhadap target bisnis mereka. Lima kategori penghargaan ini berfokus pada teknologi-teknologi utama yang bisa membantu berbagai perusahaan menonjol di tengah lanskap yang penuh ketidakpastian saat ini: Digital Transformation, Hybrid Cloud Infrastructure, Cloud-native Development, Automation, dan Resilience.

Kategori: Digital Transformation and Cloud-Native Development

Pemenang: Bank Rakyat Indonesia

BRI, bank BUMN tertua dan terbesar di Indonesia, meluncurkan aplikasi mobile banking BRImo pada tahun 2019. Namun, aplikasi tersebut tidak dapat ditingkatkan kemampuannya untuk mengimbangi permintaan dari para nasabah.

Red Hat Ilustrasi 7

 

Untuk menyediakan layanan keuangan yang cepat, efisien, aman, dan mudah diakses, demi menarik kelompok nasabah potensial ini, BRI beralih ke open source dan Red Hat untuk memodernisasi aplikasi enterprisenya dan mengoptimalkan aplikasi BRImo.

Nyoman Sugiriyasa, Executive Vice President for Application Management & Operation, BRI mengatakan, “Teknologi mutakhir Red Hat secara luar biasa telah memberdayakan BRI untuk mendorong mesin pertumbuhan baru dan menarik segmen nasabah milenial melalui inisiatif digital, yang selalu menjadi prioritas utama bagi para pemangku kepentingan kami,”

Aplikasi BRI yang berjalan di Red Hat OpenShift Platform mengalami peningkatan kelincahan dalam hal peningkatan kemampuan menangani beban kerja dan pengalaman nasabah yang lebih baik melalui fitur-fitur baru yang bisa dirilis tepat waktu dan lebih sering.

“Hal ini telah mengakselerasi kemampuan kami untuk menggelar versi baru dari aplikasi tersebut demi merespon preferensi nasabah terhadap pengalaman UI/UX yang mereka inginkan, sehingga membangun reputasi brand kami sebagai institusi keuangan yang bisa diandalkan,” ungkap Nyoman.

Pemanfaatan Red Hat OpenShift Container Platform telah memungkinkan BRI meningkatkan skalabilitas, kelincahan, dan daya respon BRImo. Hal ini telah meningkatkan kepuasan dan retensi nasabah, serta mendorong pertumbuhan pengguna BRImo sebesar 68% YoY pada tahun 2022.

Kategori: Cloud-Native Development and Automation

Pemenang Bank OCBC NISP

Tak hanya BRI yang meraih penghargaan di kategori Cloud-Native Development, Bank OCBC NISP pun mendapatkan hal yang sama. Bank ini telah mengadopsi teknologi Red Hat OpenShift dan Red Hat Ansible Automation Platform. Teknologi tersebut dapat membantu produktivitas para developer dalam meluncurkan produk dan layanan pada aplikasi ONe Mobile dengan lebih cepat dan scalable.

Kerja sama ini membantu meningkatkan customer experience bagi nasabah ONe Mobile, yaitu aplikasi mobile banking bagi nasabah individu Bank OCBC NISP.

Cloud-Native Development

Aplikasi ONe Mobile yang diluncurkan di tahun 2018 ini merupakan aplikasi mobile banking yang membantu nasabah individu Bank OCBC NISP untuk menumbuhkan dan mengelola keuangan.

Per Juni 2023, jumlah frekuensi transaksi ONe Mobile meningkat sebesar 63%, dengan nilai transaksi meningkat sebesar 67% YoY.

Red Hat: Open Source Jadi Faktor Pembeda

Marjet Andriesse, Senior Vice President dan General Manager, APJC, Red Hat mengungkapkan, “Ketika lanskap bisnis terus berubah di tahun 2023, Red Hat APAC Innovation Awards 2023 merayakan kesuksesan dan pencapaian kreatif pelanggan kami,”

Red Hat

“Organisasi-organisasi di Indonesia terus mempercayai dan memanfaatkan kemampuan open hybrid cloud untuk memulai inisiatif transformasi dan melindungi bisnis mereka. Inilah alasan mengapa open source terus menjadi faktor pembeda bagi banyak perusahaan, sehingga memberikan mereka fleksibilitas dan resiliensi untuk mengadopsi teknologi, baik yang sudah ada maupun yang baru, untuk meniti jalan unik mereka menuju kesuksesan,” terang Andriesse.

Kedua bank besar di Indonesia, BRI dan OCBC NISP, berhasil meraih penghargaan Red Hat APAC Innovation Awards 2023 berkat pemanfaatan solusi open source dari Red Hat. BRI berhasil meningkatkan kepuasan dan retensi nasabah dengan memodernisasi aplikasi mobile banking BRImo, sedangkan OCBC NISP berhasil meningkatkan produktivitas developer dan pengalaman nasabah dengan mengadopsi teknologi Red Hat OpenShift dan Red Hat Ansible Automation Platform.

Kategori Cloud-Native Development menyoroti organisasi-organisasi yang secara efektif telah memanfaatkan metodologi yang tangkas untuk mempercepat inovasi dan pengembangan aplikasi bisnis yang berhasil memberikan dampak terhadap customer.

Penghargaan ini menunjukkan bahwa open source dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi berbagai tantangan bisnis, termasuk kebutuhan untuk bertransformasi digital, meningkatkan produktivitas, dan memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah.

Tags: , , , , ,


COMMENTS