December 7, 2023

Siapkan 233 Ribu BTS, Telkomsel Perkuat Infrastruktur Jaringan Sambut Natal dan Tahun Baru 2024

Penulis: Rizki R
Siapkan 233 Ribu BTS, Telkomsel Perkuat Infrastruktur Jaringan Sambut Natal dan Tahun Baru 2024  

Mobitekno – Telkomsel memantapkan seluruh infrastruktur jaringan mereka demi menyambut musim libur Natal dan Tahun Baru 2024. Melalui konferensi pers daring Telkomsel Siaga NARU 2023, Galumbang Pasaribu, Wakil Direktur Jaringan Operasi Global Telkomsel, menyatakan bahwa pihaknya telah memperkuat infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) untuk mengoptimalkan layanan selama liburan akhir tahun.

“Untuk Natal dan Tahun Baru ini, kami menyiapkan sebanyak 233 ribu BTS, termasuk penambahan 53 BTS 4G baru. Kami juga meningkatkan kapasitas pada 21 BTS 4G, dan menambahkan 55 Combat (Compact Mobile BTS),” kata Galumbang dalam konferensi pers NARU 2023, Rabu (6/12).

Secara keseluruhan, infrastruktur jaringan ini akan menyediakan kapasitas jaringan sebesar 13,21 TBps untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia secara nasional. Selain itu, Telkomsel juga menyiapkan kapasitas sebesar 11,08 TBps untuk masyarakat Indonesia yang memerlukan internet dengan jangkauan internasional selama liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Infrastruktur jaringan

“Kami siapkan kapasitas link sebesar 11,08 TBps untuk memastikan pelanggan menikmati akses internet, terutama akses internet global,” tambah Galumbang.

Penguatan Infrastruktur Jaringan Telkomsel untuk Hadapi Lonjakan Penggunaan Layanan

Semua infrastruktur jaringan ini disiapkan menghadapi proyeksi peningkatan penggunaan layanan seluler secara nasional sebesar 13 persen selama momen liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

Peningkatan penggunaan layanan seluler diprediksi paling tinggi di Area 1 dan Area 4, masing-masing dengan peningkatan sebesar 13,2 persen dan 15,4 persen. Area 1 mencakup layanan di Pulau Sumatera, sementara Area 4 mencakup Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan.

IMG 20231207 104106

Telkomsel juga akan meningkatkan layanan di 427 titik Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia, khususnya di tempat-tempat ramai selama liburan. Ini mencakup sentra transportasi, jalur mudik, residensial, rumah ibadah, alun-alun kota, dan destinasi wisata.

Dalam 37 titik POI tersebut, Telkomsel akan menggunakan sistem jaringan baru yang dikelola oleh kecerdasan buatan bernama Autonomous Networks. Sistem ini dapat mendeteksi kendala jaringan dan memperbaikinya secara otomatis.

Infrastruktur jaringan

Telkomsel juga akan menyediakan 132 posko siaga nasional untuk memberikan informasi dan layanan kepada pelanggan selama musim libur, mulai dari layanan telekomunikasi hingga hiburan.

Tags: , , , ,


COMMENTS