August 3, 2023

Lazada Luncurkan Chatbot Berbasis AI Bernama LISA

Penulis: Rizki R
Lazada Luncurkan Chatbot Berbasis AI Bernama LISA  

MobiteknoChatbot telah menjadi bagian penting dalam platform eCommerce beberapa waktu belakangan. Para pengguna bisa dengan mudah menghubungi penjual saat mereka membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan tentang produk yang ingin mereka beli, kapan pun dan di mana pun.

Seiring tumbuhnya bisnis, biasanya pertanyaan pelanggan via chatbot juga semakin banyak dan tak jarang membuat penjual merasa kewalahan. Untuk itu, Lazada Indonesia (Lazada) menghadirkan fitur chatbot berbasis kecerdasan buatan yang diberi nama Lazada IM Shop Assistant atau LISA.

LISA berperan untuk memudahkan penjual berinteraksi dengan para pelanggan, membantu performa toko, dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan. Kehadiran LISA mempermudah penjual untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cepat.

Ferry Kusnowo, Direktur Eksekutif dan Chief Customer Officer Lazada Indonesia mengatakan, “Membangun toko online tentu banyak tantangannya. Layanan pelanggan menjadi salah satu faktor yang menentukan kinerja sebuah toko online, dan kami paham bukan hal yang mudah untuk melayani pelanggan dengan cepat,”

Fitur LISA bisa diandalkan oleh penjual dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan sembari memastikan kelancaran pemenuhan pesanan.

Chatbot_LISA

“Kami yakin fitur ini bisa menjadi salah satu solusi bagi para penjual untuk efisiensi operasional toko dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan,” kata Ferry.

Chatbot LISA Pengaruhi Performa Toko

Hafiz Anugrah Marsya, pemilik toko Senzamor Kids di Lazada, menjelaskan, “Terkadang saya kesulitan membagi waktu untuk selalu standby melayani chat dari pelanggan dan mengatur pesanan yang masuk. Apalagi di awal toko saya bergabung dengan Lazada belum memiliki petugas admin, jadi semua masih ditangani sendiri,”

Menurut pria yang akrab disapa Hafis ini, banyak pelanggan yang memanfaatkan layanan chat untuk menanyakan detail ukuran hingga stok barang.

“Banyak yang merasa lebih puas jika bertanya dahulu sebelum mereka memutuskan untuk membeli,” lanjutnya.

Tantangan muncul saat chat pelanggan masuk di luar jam operasional atau saat sibuk dengan pesanan yang masuk. Ada saja chat yang masuk saat kita sedang repot mengemas pesanan yang akan dikirim, bahkan ada juga chat ke kita saat sudah malam sekali.

“Mungkin mereka baru punya waktu untuk scrolling barang yang dicari. Jadi ya, kita usahakan untuk segera membalasnya. Apalagi ini juga akan memengaruhi performa toko saya,” terang Hafis.

Chatbot_LISA

Namun Hafis kini tidak perlu khawatir saat ada banyak pelanggan yang bertanya melalui layanan chat karena fitur asisten virtual cerdas LISA membantu menjawab pertanyaan yang masuk.

“Fitur LISA sangat membantu saya untuk merespons pertanyaan dari pelanggan dengan cepat. Saya jadi bisa lebih fokus untuk mengatur toko, mengelola stok, hingga memenuhi pesanan pelanggan tanpa takut performa toko saya turun karena lupa atau lama membalas chat yang masuk,” ujar Hafis.

Hafis membenarkan bahwa chatbot LISA telah membantunya dalam mengelola toko menjadi lebih efisien, khususnya saat periode kampanye atau promosi. Fitur ini sangat membantu saat periode kampanye karena banyak chat yang masuk.

“Kita jadi bisa lebih fokus dengan penjualan tanpa khawatir dengan risiko chat yang terlewat. Jualan jadi makin efisien dan pelanggan pun merasa puas,” tambah Hafis. Kepuasan pelanggan memang menjadi salah satu fokus Hafis dalam mengelola tokonya.

“Pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal. Jadi ketika mereka direspons dengan baik, mereka merasa dihargai dan didengar. Fitur LISA akan secara otomatis merespons pelanggan dengan menganalisis pertanyaan dan membantu memprediksi sesuai konteks yang ditanyakan oleh pelanggan. Apabila ada pertanyaan yang lebih kompleks atau unik, fitur ini akan mengalihkan ke admin toko untuk kita bantu jawab,” ujar Hafis.

Keunikan fitur LISA juga ada pada gaya bahasa yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan gaya bahasa penjual. Meski LISA berbasis chatbot, namun kita bisa menentukan cara fitur ini membalas para pembeli sesuai dengan bahasa kita. Jadi interaksi dengan pelanggan bisa lebih akrab dan unik.

Fitur LISA merupakan salah satu bentuk komitmen Lazada untuk memberdayakan penjual dengan teknologi dan solusi yang inovatif. Dengan memanfaatkan kekuatan chatbot cerdas ini, penjual dapat meningkatkan layanannya kepada para pelanggan, memperkuat kehadiran toko dan merek mereka, sehingga dapat terus berkembang dan unggul dalam persaingan di dunia eCommerce. 

Tags: , , ,


COMMENTS