August 2, 2023

Goodyear Luncurkan Ban Inovatif Urban Max BSAEV untuk Bus Listrik di IKN Nusantara

Penulis: Iwan RS
Goodyear Luncurkan Ban Inovatif Urban Max BSAEV untuk Bus Listrik di IKN Nusantara  

Mobitekno – Goodyear, perusahaan ban terkemuka global, meluncurkan ban Urban Max BSAEV yang didesain khusus untuk keperluan Electric Bus Rapid Transit (BRT). Seperti diketahui, ekosistem kendaraan listrik menjadi salah satu fokus utama dalam rencana transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Produk inovatif ini menjadi komitmen Goodyear dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik nasional dan visi pemerintah dalam mengembangkan sistem transportasi yang berkelanjutan untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 nanti.

IKN Nusantara
IKN Nusantara

Melalui kemitraannya dengan produsen bus GILLIG, Goodyear dapat memberikan kontribusi penting dalam memenuhi target 80 persen transportasi di IKN yang direncanakan berbasis listrik.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi beberapa bulan lalu pernah menyatakan bahwa IKN akan jadi percontohan bagaimana implementasi kendaraan listrik listrik secara masif dilakukan. Termasuk di dalamnya implementasi bus listrik sebagai transportasi umum nantinya.

Urban Max BSAEV: Ban yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik

Ban Urban Max BSAEV (Bus Service All-Position Electric Vehicle) yang dirancang khusus untuk kendaraan angkutan umum berbasis listrik. Ban ini memiliki hambatan bergulir rendah, sehingga meningkatkan efisiensi energi dan jarak tempuh kendaraan listrik.

Goodyear Urban Max BSAEV 02
Ban Goodyear Urban Max BSAEV diklaim bisa menambah efisiensi kendaraan listrik seperti bus.

Untuk mendukung utilitas di IKN, ban ini sangat cocok untuk digunakan pada BRT yang menjadi salah satu pilar utama transportasi publik di wilayah tersebut. Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik berbasis BRT, IKN akan memiliki sistem transportasi yang ramah lingkungan, membantu mengurangi emisi karbon, dan meningkatkan kualitas udara di wilayah tersebut.

Komitmen Goodyear dalam mendukung transportasi berkelanjutan di IKN sejalan dengan prinsip utama proyek tersebut. Konsep transportasi di IKN didasarkan pada prinsip angkutan umum berbasis hijau, di mana 80 persen transportasi akan menggunakan kendaraan listrik seperti BRT, MRT, LRT, dan sejenisnya.

Bisa tingkatkan jarak tempuh kendaraan listrik

Goodyear dapat turut berperan dalam menyediakan ban yang mendukung efisiensi dan kinerja kendaraan listrik ini, sehingga konsep kota hijau dan terhubung dapat terwujud. Dengan menggunakan ban Urban Max BSAEV, teknologi terbaru dari Goodyear, kendaraan listrik di IKN dapat memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dan kapasitas angkut beban yang optimal, menjadikannya solusi transportasi yang efisien dan berkelanjutan.

Teknologi yang dimiliki Goodyear juga dapat memberi dalam pengembangan transportasi cerdas di IKN. Dalam upaya menuju kota cerdas (smart city), Goodyear mendukung penggunaan kendaraan angkutan umum tanpa awak yang sesuai dengan konsep autonomous public transport. Dengan menggunakan kendaraan publik tanpa awak, seperti BRT, IKN dapat menciptakan sistem transportasi yang efisien, terhubung, dan aman bagi masyarakat.

Goodyear Urban Max BSAEV 03

Tags: , , , ,


COMMENTS