March 29, 2022

Indonesia Siap Matikan Jaringan 3G, Telkomsel Bantu Mudahkan ‘Hijrah’ ke 4G

Penulis: Muhammad R
Indonesia Siap Matikan Jaringan 3G, Telkomsel Bantu Mudahkan ‘Hijrah’ ke 4G  

Mobitekno – Telkomsel mendorong para pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G untuk segera ‘hijrah’ 4G/LTE. Pasalnya, jaringan 3G siap dimatikan di Indonesia.

Masyarakat yang akan melakukan migrasi ke uSIM 4G harus mengecek lebih dulu ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya. Selain juga dukungan 4G pada perangkat yang digunakan.

Melalui keterangan resminya, pihak Telkomsel mengatakan pengecekan tersebut bisa dilakukan lewat USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#.

“Guna memastikan kelancaran proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini, Telkomsel sendiri telah memulai proses persiapan sejak 2021 lalu, dengan sukses melakukan penataan ulang (refarming) pita frekuensi 2.3 GHz untuk memaksimalkan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan 4G/LTE yang ada. Selain itu, Telkomsel bersama BAKTI Kominfo juga sukses melakukan pengalihan seluruh ribuan BTS Universal Service Obligation (USO) di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) di sepanjang 2021 agar terhubung ke jaringan 4G/LTE Telkomsel,” kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho, Senin (28/3).

Untuk menukarkan kartu SIM ke uSIM 4G, Telkomsel membuka berbagai kanal. Mulai dari online dengan mengakses akun resmi media sosial Facebook dan Twitter, Virtual Assistant (VA) Telkomsel, dan mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan JD.id).

Selain itu juga bisa mengunjungi layanan Grapari online pada tsel.me/graparionline. Dengan menggunakan layanan tersebut, kartu uSIM 4G/LTE pengguna akan diantarkan langsung ke alamat tujuan.

Penggantian kartu uSIM 4G/LTE ini juga bisa dilakukan secara offline. Masyarakat dapat langsung mengunjungi Grapari atau layanan Mygrapari terdekat.

“Telkomsel juga telah mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk melanjutkan membangun 7.772 BTS USO 4G di wilayah 3T hingga akhir 2022, untuk mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses broadband terdepan yang akan membuka lebih banyak peluang penguatan ekosistem digital yang inklusif hingga pelosok negeri”.

Proses peningkatan atau pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE ini dilakukan pada 504 kota/kabupaten. Seluruh proses tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga akhir 2022 mendatang.

Tahapan I dilakukan Maret-Mei 2022 pada 90 kota/kabupaten, mencakup 766 kecamatan. Berikutnya Juni-Juli 2022 pada 132 kota/kabupaten. Lalu Agustus hingga Oktober 2022 dilakukan pada 178 kabupaten/kota. Terakhir adalah 104 kabupaten/kota di bulan November hingga Desember 2022.

Tags: , , , ,


COMMENTS