September 27, 2022

Gantikan Vietnam, Kulkas Produksi Lokal Panasonic Masuk Pasar Kamboja

Penulis: Iwan RS
Gantikan Vietnam, Kulkas Produksi Lokal Panasonic Masuk Pasar Kamboja  

Mobitekno – Produsen alat elektronik terkemuka asal Jepang ini sudah lama eksis di Indonesia. Terhitung sejak kehadiran radio Tjawang oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, merek National resmi hadir di tahun 1970, hingga akhirnya merek “National “ bertransformasi menjadi merek “Panasonic” di tahun 2004.

Setelah dua tahun dilanda pandemi COVID-19, sektor industri manufaktur tanah air perlahan mulai kembali kembali ke jalur normal proses produksi. Panasonic yang menawarkan lini produk elektronik lengkap, seperti AC, Smart TV, kulkas, mesin cuci, perangkat audio, rice cooker, microwave, dan lain-lain juga kembali menjalankan roda produksi, bukan hanya untuk kebutuhan nasional tapi juga ekspor.

Belum lama ini (23/9/2022), PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) menggelar kegiatan Pelepasan Ekspor Perdana Produk Kulkas ke negara tetangga Kamboja yang sebelumnya merupakan pasar dari Panasonic Vietnam.

Aktivitas PT PMI untuk relokasi produksi dari luar negeri hingga mensuplai market domestik maupun global dari Indonesia, sesuai dengan arahan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita terkait program substitusi impor dan kegiatan peningkatan ekspor produk dalam negeri.

Kulkas Panasonic 02

Kamboja merupakan negara kedelapan bagi pasar kulkas Panasonic selain Jepang, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, UAE, Kuwait dan Oman. Selain kulkas, Panasonic telah mengekspor produk elektronika lain, seperti produk audio, pompa air dan mesin cuci.

Setahun lalu, Panasonic juga melepas ekspor perdana mesin cuci ke Jepang, yang merupakan hasil relokasi produksi dari Panasonic China.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh jajaran Panasonic Manufacturing Indonesia atas dukungannya terhadap upaya pemerintah untuk mendorong kegiatan ekspor industri elektronika,” sambut Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta .

Kulkas merupakan salah satu produk yang memiliki nilai ekspor tinggi di Indonesia. Pada tahun 2021, nilai ekspor kulkas sebesar US$ 374,4 juta. Tingginya nilai ekspor kulkas asal Indonesia tersebut, salah satunya dikontribusi oleh Panasonic yang telah mengekspor kulkas sebanyak 40% dari produksi lokal ke pasar Asia dan Timur Tengah.

PT PMI telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1970. Saat ini, PT PMI memiliki sebanyak 1.990 tenaga kerja dan lebih dari 30 negara tujuan ekspor yang meliputi kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika, Eropa dan Amerika.

“Peningkatan ekspor yang dilakukan oleh Panasonic memberikan multiplier effect yang positif bagi perekonomian Indonesia, seperti penyerapan tenaga kerja maupun potensi perluasan investasi, di mana komposisi ekspor PT PMI adalah sebesar 21% dari total produksi di Indonesia,” jelas VP Director PT PMI, Daniel Suhardiman.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS