April 27, 2022

Chipset Nomor Wahid dan Tombol Gaming Ekstra Jadi Andalan Poco F4 GT Goda Penikmat Mobile Gaming

Penulis: Iwan RS
Chipset Nomor Wahid dan Tombol Gaming Ekstra Jadi Andalan Poco F4 GT Goda Penikmat Mobile Gaming  

Mobitekno – Dua merek ponsel yang dimiliki Xiaomi, yaitu Redmi dan Poco cukup serius menggarap segmen gaming. Setelah sebelumnya Xiaomi melalui merek Redmi sudah menghadirkan Redmi K50 Gaming Edition untuk pasar Cina, kini ‘kembarannya’ resmi dihadirkan Xiaomi melalui ponsel seri Poco F4 GT untuk pasar global.

Xiaomi juga memiliki satu merek ponsel gaming lainnya, yaitu Black Shark yang lebih independen dalam menjalankan bisnis ponselnya ketimbang Redmi dan Poco. Independen dalam artian, selain memiliki pabrik sendiri, Black Shark juga menjalankan aktivitas pemasaran dan R&D yang terpisah dari Xiaomi.

Awalnya, ponsel gaming Poco F4 GT akan dipasarkan di negara Eropa, tapi kemungkinan besar Poco juga akan memasarkannya di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia yang cukup besar jumlah mobile gamer-nya.

Seperti juga Redmi K50 yang dirilis Februari lalu di Cina, dapur pacu Poco F4 GT juga mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm yang dibuat dengan teknologi proses 4 nm.

Salah satu faktor penting bagi ponsel gaming adalah sistem pendinginannya (cooling system) yang di atas rata-rata ponsel umumnya. Penting karena chipset harus dapat bekerja pada performa konstan selama pengguna bermain game tanpa harus terganggu dengan penurunan performa karena proses throttling untuk chipset tidak menjadi overheat.

Untuk itu, Poco F4 GT dilengkapi dengan teknologi pendingin yang disbeut LiquidCool 3.0 (dual vapor chambers) yang mengusung area vapor chamber 170 persen lebih luar dari ponsel gaming seri sebelumnya, Poco F3 GT. Poco mengklaim LiquidCool 3.0 sanggup menurunkan suhu lebih dingin lagi.

Poco F4 GT sudah menggunakan panel layar AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz (FHD+, 2400×1080 piksel, HDR10+, Corning Gorilla Glass Victus) untuk kenyamanan bermain gaming yang tinggi. Di dalamnya ada GPU Adreno 730 yang melengkapi performa dari Snapdragon 8 Gen 1.

Berdasarkan pengujian DisplayMate, kualitas layar atau visual ponsel ini mendapatkan skor A+. Di samping itu, memiliki touch sampling rate-nya diklaim mencapai 480Hz yang setara dengan Poco F3 GT.

Peningkatan Poco F4 GT dari F3 GT sebelumnya juga terdapat pada adanya tombol pop-up magnetic trigger, yaitu tombol mirip R1/L1 yang ada di tepi ujung kiri dan kanan smartphone. Mobile gamer pasti akan tertarik dengan hadirnya tombol ekstra tersebut.

Untuk catu daya, Poco F4 GT menggunakan baterai 4.700 mAh. Kapasitasnya memang sedikit lebih kecil dibandingkan smartphone gaming umumnya, seperti Asus ROG Phone 5 dengan baterai 5000 mAh.

Meski hanya dibekali baterai berkapasitas 4.700mAH agar lebih ramping dan ringan, Poco F4 GT mengkompensasinya dengan dukungan pengisian daya 120W HyperCharge. Dengan fitur HyperCharge, baterai Poco F4 GT dapat terisi penuh dalam waktu 17 menit.

Poco F4 GT juga menyediakan mode pengisian baterai dengan efek minim panas saat sambil digunakan bermain game. Kecepatan pengisiannya butuh waktu sekitar 27 menit (dari nol hingga penuh/100 persen).

Salah satu detail desain yang menarik adalah penggunaan model kabel konektor USB-C berbentuk L (L-shape cable) yang membuat ponsel lebih nyaman digenggam dalam posisi horizontal (landscape) saat bermain.

Poco F4 GT memiliki tiga kamera belakang dengan kemampuan 64MP sensor Sony IMX686, kamera ultra wide 120 derajat 8MP, dan kamera macro 2MP. Di sini juga ada flicker sensor, sementara di bagian depan ada selfie camera 20MP dengan sensor yang sama.

Pada sisi belakang Poco F4 GT dekat modul kamera terdapat logo petir yang dapat dinyalakan memakai lampu RGB. Meski mungkin dianggap gimmick oleh sebagian pengguna, Poco perlu diapresiasi dengan memberikan sentuhan ekstra tersebut.

Poco F4 GT yang tersedia dalam tiga pilihan warna (Stealth Black, Knight Silver, Cyber Yellow) akan ditawarkan seharga 499 euro (sekitar Rp 7.7 juta) untuk varian RAM/storage 8GB/128GB dan 599 euro (sekitar Rp 9.2 juta) untuk varian RAM/storage 12GB/256GB.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS