June 30, 2022

Review POCO F4 GT, Ada L1+L2 Triggers yang Menjadi Senjata Rahasia Gamers dengan Performa Tinggi

Penulis: Desmal Andi
Review POCO F4 GT, Ada L1+L2 Triggers yang Menjadi Senjata Rahasia Gamers dengan Performa Tinggi  

Mobitekno – POCO kembali menghadirkan satu produk smartphone kelas atas yang mereka masukkan dalam kategori Super Flagship, yaitu POCO F4 GT. Smartphone hadir dengan spesifikasi tidak main-main. Untuk performanya, POCO sengaja memilih chipset Snapdragon 8 gen 1. Dengan begitu, smartphone ini begitu kencang untuk digunakan saat bekerja, berkreasi, gaming, maupun hiburan. Menariknya, POCO juga konsisten untuk menerapkan slogan performa ekstrem, harga ekstrem. Dengan fitur yang begitu banyak serta performa kencang, smartphone ini dibanderol jauh dibandingkan dengan smartphone lain di kelas yang sama.

POCO memang tidak pernah berhenti berinovasi dalam menghadirkan berbagai produk, terutama untuk produk flagshipnya. Berbagai inovasi menarik pun bisa ditemukan di POCO F4 GT ini yang hadir dalam tiga opsi warna, yaitu Stealth Black, Knight Silver, dan Cyber Yellow.

Satu hal menarik lagi dimana masih sangat sedikit smartphone yang mengusung pengisian daya yang super cepat, POCO membawa pengisian daya 120W HyperCharge. Hal ini membuat smartphone bisa diisi dayanya kembali dengan waktu yang begitu cepat. Smartphone ini bisa terisi penuh hanya dalam waktu sekitar 17 menit saja.

Mobitekno sendiri mendapatkan kesempatan menguji smartphone ini sebagai daily driver selama satu minggu. Opsi warna Cyber Yellow sudah cukup menjadi daya tarik smartphone ini saat digunakan di di aktivitas harian. Nah, penasaran dengan experience Mobitekno dengan POCO F4 GT? Berikut ini ulasannya.

POCO F4 GT

Kelengkapan

POCO F4 GT hadir dengan kotak kemasan yang begitu kokoh. Mengandalkan warna kuning sebagai warna khasnya, POCO F4 GT ditemani dengan berbagai item lain dalam paket pembeliannya. Jadi, konsumen mendapatkan paket dengan isi yang lengkap, tinggal pakai saja, tidak perlu mencari item lain lain dari pihak ketiga untuk menggunakan smartphone ini.

Berikut ini kelengkapan paketnya

  1.       Unit POCO F4 GT dengan opsi warna Cyber Yellow
  2.       Buku panduan singkat dan kartu garansi
  3.       SIM Card Ejector
  4.       Soft Case transparan yang begitu fleksibel
  5.       Adapter audio dari type C ke port 3.5mm
  6.       Kabel Data dan Charger Type C dengan desain L-Shape yang fleksibel
  7.       Adapter pengisian daya dengan kemampuan 120W HyperCharge
Isi paket penjualan

Unboxing:

 

Desain

Saat dibuka untuk pertama kalinya, POCO F4 GT sudah begitu menarik perhatian kami. Dan kami tidak sabar untuk langsung mencobanya. Pilihan warna Cyber Yellow juga menjadi warna yang menarik. Hal ini karena untuk pertama kalinya di jajaran POCO F-Series, warna ini hadir di POCO F4 GT. Ini membuat desain POCO terlihat sangat keren dan berbeda dengan lainnya. Membuat penggunanya bisa terus bersemangat di aktivitas hariannya.

Dari sisi desain, Mobitekno mengamatinya di tiap bagian, mulai dari layar, bodi samping, hingga belakang. Layar AMOLED-nya berukuran 6,67 inci dengan kemampuan resolusi 2400 x 1080 piksel FHD+. Layar depannya ini masih dilindungi dengan Corning Gorilla Glasss Victus. Layarnya ini juga mendukung refresh rate 120Hz, yang dapat membuat smartphone ini begitu nyaman digunakan bermain game-game dengan banyak detail di dalamnya. Kemampuan 120Hz ini juga menawarkan kenyamanan menonton hiburan yang begitu baik karena mendukung teknologi 10-bit, dimana bisa menghadirkan lebih dari 1 miliar warna dibandingkan smartphone lain.

Masih di bagian layar, kamera selfie dengan sensor Sony IMX596 berkemampuan 20MP tersemat persis di bagian tengah. Kamera ini mampu menghadirkan video HD dan full HD hingga 120fps. Layarnya juga mengusung flat design, yang membuat bermain game menjadi lebih asik dan nyaman.

Layar AMOLED 6,67 inci dengan tray SIM Card

Masuk ke bagian sisi kiri dan kanan. POCO F4 GT mengadopsi desain tombol power dan volume tidak diletakkan segaris. Kedua tombol ini dipisah dimana tombol power ada di bagian kanan, sementara tombol volume ada di bagian kiri. Tombol power ini juga sekaligus menjadi lokasi pemindai sidik jari, POCO menerapkan desain pemindai sidik jari di sisi samping karena dianggap lebih mudah dalam mengakses sidik jari di keadaan apapun.

Slot dan tray untuk SIM Card diposisikan di sisi kiri, persis di atas tombol volume. Nah, ada hal yang baru di sisi kanan, di bagian yang ada tombol power. POCO membawa dua tombol fisik tambahan. Ini juga menjadi yang pertama bagi POCO dalam menghadirkan sesuatu yang berbeda pada smartphonenya. Tombol L1 + L2 Trigger membuat pengguna bisa merasakan bermain game seperti menggunakan game konsol. Atur fungsi kedua tombol ini saat mulai bermain game. Namun jangan lupa untuk mengaktifkan mode game turbo terlebih dahulu. Namun, kedua tombol ini juga bisa digunakan untuk aktivitas lainnya di luar game. Atur dari menu Settings, kedua tombol ini bisa digunakan seperti untuk membuka kamera, shortcut untuk ke sebuah aplikasi, hingga merekam video.

Menariknya lagi, kedua tombol ini bisa dimunculkan dengan mudah jika pengguna menginginkannya. POCO menggunakan sistem levitation magnetik untuk membuka dan menutup L2 + L2 Trigger ini.

Berpindah ke bagian bawah. POCO F4 GT membawa port USB type C untuk kebutuhan pengisian daya, transfer data, hingga audio. Nah, dengan adanya port USB type C untuk audio ini, Anda tidak akan menemukan port audio 3,5mm. Namun jangan khawatir bagi yang memiliki headset dengan akses kabel, karena POCO menyediakan adapter type C to Port 3,5mm. Di bagian yang sama, terdapat juga lubang speaker untuk menghadirkan audio yang maksimal. Menariknya lagi, POCO menggunakan symmetrical quad speakers dengan dukungan Dolby Atmos. Jadi sudah terbayang kualitas audio yang dihasilkannya. Lubang mikrofon ada di bagian atas dan bawah.

Bodi belakang dari opsi warna Cyber Yellow dengan triple camera

Sekarang menuju ke sisi belakang. Disinilah POCO menempatkan triple camera dengan kemampuan kamera utama 64MP. Kamera utama ini ditemani dengan kamera ultrawide 8MP dan makro 2MP. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX686. Dengan paduan Snapdragon 8 Gen 1, kemampuan sensor kamera ini mampu menghasilkan foto dan video mengagumkan.

Fitur dan Performa

Sudah tentu, hal yang pertama kami lihat dalam pandangan pertama adalah UI-nya. POCO F4 GT sudah menggunakan MIUI 13 berbasis Android 12. Jadi ada banyak personalisasi yang bisa dilakukan dalam smartphone ini. Misalnya seperti Notification Effect yang bisa Anda atur untuk berbagai situasi. Di sini, bagian kiri dan kanan layar bisa memancarkan warna yang menyejukkan mata.

Untuk performa, POCO tidak main-main. Selama ini memang smartphone flagship dari POCO selalu mengandalkan chipset terkencang. Begitu juga dengan POCO F4 GT ini. POCO menyematkan Snapdragon 8 Gen 1 di dalamnya. Chipset ini mampu memberikan kinerja andal dengan efisiensi tinggi, karena sudah menggunakan fabrikasi 4nm. Prosesor Octa-Core ini juga mendukung teknologi 5G. Jadi jangan khawatir untuk jaringan 5G yang saat ini perlahan-lahan cakupannya semakin meluas.

Prosesor andalan dari Qualcomm ini juga mampu menghadirkan performa CPU 20% lebih cepat dan performa GPU Adreno 50% lebih cepat dibandingkan Snapdragon 888 sebelumnya. Bahkan, didukung dengan memori LPDDR5 sebesar 12GB, smartphone mampu menghasilkan kecepatan hingga 640Mbps. Apalagi storage-nya juga menggunakan jenis UFS 3.1.

Snapdragon 8 Gen 1

Guna mendukung kualitas kecepatannya sekaligus meredam panas yang ditimbulkan, POCO F4 GT menerapkan LiquidCool technology 3.0. Ini adalah cooling system yang canggih. Dipadukan dengan CyberEngine Super Wideband X-Axis Linear Motor, membuat POCO F4 GT menjadi smartphone dengan potensi prosesor yang begitu kencang.

Dari sisi baterai. POCO F4 GT dibekali dengan baterai 4700mAh. Namun, yang menarik adalah sistem pengisiannya, karena mendukung 120W HyperCharge. Jangan khawatir teknologi pengisian super cepat ini tidak bisa digunakan karena tidak ada kelengkapan adapter di dalamnya, seperti yang dilakukan oleh smartphone flagship lainnya. POCO F4 GT membawa paket yang lengkap, dengan adapter charger 120W HyperCharge di dalamnya. Kemampuan adapter ini bisa mengisi daya hingga penuh 100% dalam waktu 17 menit saja. Walau mendukung pengisian daya super cepat, jangan khawatir dengan keamanannya. Hal ini karena POCO F4 GT sudah dilindungi dengan 53 perlindungan keamanan yang disematkan di dalam baterai dan sistem pengisian dayanya.

POCO F4 GT menggunakan teknologi MTW (Multiple Tab Winding), dengan desain dual charge pump, membuat pengisian daya tetap efisien pada saat bermain game. Untuk menjaga performa dan daya tahan baterai, teknologi AdaptiveCharge meminimalkan jumlah waktu yang dibutuhkan baterai dalam kondisi 80-100% pada saat overnight charging.

Kembali ke teknologi baru yang diperkenalkan POCO, yaitu Li + L2 triggers. Kedua tombol ini mampu mengubah smartphone menjadi sebuah mesin game. Bahkan untuk game-game kelas berat sekalipun. Pop-up triggers di desain dengan teknologi magnetic levitation technology yang sanggup melewati 1,5 juta tekanan dengan mudah. Triggers ini telah melalui pengujian di lebih dari 100 game populer, dan menunjukkan hasil yang stabil, responsif, dan memiliki durabilitas yang sangat baik.

Dengan L1 + L2 Triggers serasa bermain game dengan game konsol

Untuk kemampuan kamera, POCO F4 GT bisa disejajarkan dengan smartphone flagship lainnya karena menggunakan sensor mumpuni, baik untuk kamera depan maupun belakang. Ada banyak mode foto yang bisa digunakan pengguna dalam POCO F4 GT ini. Contohnya seperti mode Dual Video, dimana kamera depan maupun belakang bisa bekerja bersamaan. Ini cocok untuk aktivitas vlog yang biasanya dilakukan secara langsung. Bahkan, pengguna tidak perlu repot mengatur shutter speed atau menggunakan mode pro untuk mengambil foto dengan mode long exposure, seperti foto light trail. POCO F4 GT sudah menyediakan preset dalam satu mode Long Exposure. Ini menarik untuk pengguna awam, namun ingin mencoba foto-foto dengan bukaan shutter yang besar. Mode lainnya sperti Time Lapse, short video, atau slow motion juga menarik untuk dicoba.

Mode foto dan video yang disediakan POCO F4 GT

Dari sisi konektivitas dan keamanan, POCO F4 GT menyediakannya cukup lengkap. Mulai dari NFC, Pemindai sidik jari, AI Face Unlock, hingga multi antenna sudah ada di dalamnya. Ini membuat smartphone bisa berjalan tanpa lag.

Untuk mengetahui kemampuannya, berikut hasil benchmark-nya

Dan berikut hasil foto-fotonya:

Spesifikasi 

POCO F4 GT

Sistem Operasi  MIUI 13 for POCO, based on Android 12
Layar  ● 6.67″ flat AMOLED DotDisplay
● Resolution: 2400 × 1080 FHD+
● Aspect ratio: 20:9
● Refresh rate: Up to 120Hz
● Touch sampling rate: Up to 480Hz
● Brightness: HBM 800nits (typ)
● Contrast ratio: 5,000,000:1
● Color: 1.07 billion colors
● Supports DCI-P3 wide color gamut
● HDR10+
● 1920Hz High frequency PWM Dimming
● Corning® Gorilla® Glass Victus®
● TrueColor Display
Berat  210g
Prosesor  Snapdragon® 8Gen 1 Mobile Platform
● 4nm manufacturing process
● CPU: Octa-core Qualcomm® Kryo™ CPU, up to
3.0 GHz
● GPU: Qualcomm® Adreno™ GPU
● AI: 7th Gen Qualcomm® AI Engine
GPU  Qualcomm® Adreno™ GPU
RAM/ ROM  12GB + 256GB
Kamera
Belakang
 64MP main camera
● Sensor model: IMX686
● Sensor size: 1/1.73″
● Pixel size: 0.8μm; 1.6μm (4-in-1)
● Aperture: ƒ/1.9
8MP ultra-wide camera
● Aperture: ƒ/2.2, FOV 120°
2MP macro camera
● Aperture: ƒ/2.4
Kamera
Depan
 20 MP front camera
● Sensor model: IMX596
● Aperture ƒ/2.4
Koneksi  Wireless Network
● Bluetooth 5.2
● Wi-Fi 6E (2.4G/5GHz/6GHz)
● Wi-Fi Protocol: 802.11a/b/g/n/ac/ax

Kesimpulan

POCO F4 hadir dengan kemampuan flagship yang tentunya bisa diandalkan. Dengan bentuk dan desain yang stylish dan dilengkapi dengan tiga opsi warna menarik, membuat smartphone ini bisa menjadi teman yang pas dalam menunjang style penggunanya sehari-hari, baik bekerja, bermain, berkumpul dengan teman, hingga bersama-sama bermain game atau menonton film.

POCO F4 GT Cyber Yellow

Sebagai Daily driver, smartphone ini sudah lebih dari cukup menunjang aktivitas kami sehari-hari. Kemampuannya begitu kencang dalam mengolah setiap aplikasi yang kami install di dalamnya. Kemampuan baterainya juga cukup baik, apalahi ditunjang dengan pengisian daya 120W HyperCharge. Tentunya tidak ada kekhawatiran lagi menunggu proses pengisian daya yang lama lagi.

 

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS