February 27, 2022

Pendiri Valve Buka Suara Tentang Masa Depan Konsol Game Portabel Steam Deck

Penulis: Iwan RS
Pendiri Valve Buka Suara Tentang Masa Depan Konsol Game Portabel Steam Deck  

Mobitekno – Meski baru saja mengumumkan mulai menjual handheld gaming computer Steam Deck pada akhir Februari 2022, Valve Corporation (Valve Software) sudah memiliki rencana ke depan seperti apa nantinya penerus konsol game genggam tersebut.

Melalui co-founder, Gabe Newell, perusahaan pengembang sekaligus distributor game besar asal AS ini diketahui sedang memikirkan berbagai ide inovatif untuk penerus Steam Deck (Steam Deck 2) yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game penggunanya yang belum ditemukan di komputer desktop.

Newell mengatakan bahwa ide Valve dipengaruhi oleh populernya model teraratas Steam Deck dan bagaimana Valve mengembangkan konsol game portabel tersebut ke depan. Meski belum dapat dipastikan, boleh jadi Steam Deck mungkin mengintegrasikan teknologi metaverse dengan bakal diusungnya fitur VR/AR pada konsol mendatang

“Langkah pertama (kami) adalah melihat bagaimana Anda memainkan game-game hebat yang ada saat ini. Iterasi kedua akan lebih banyak tentang kapabilitas yang dapat diberikan (platform) mobile bagi kami, di atas dan melampuai apa yang akan Anda dapatkan di platform game desktop atau laptop standar?,” ujar Newell.

“Langkah pertama adalah membiarkan Anda memainkan game-game hebat yang ada saat ini. Iterasi kedua akan lebih banyak tentang: kemampuan apa yang diberikan seluler kepada kami, di atas dan di luar apa yang akan Anda dapatkan di lingkungan game desktop atau laptop tradisional?”

Menurutnya, Valve sangat optimis menantikan berbagai inovasi yang dihadirkan perusahaan lain untuk produk konsol mereka tersebut agar pengguna mendapatkan pengalaman bermain game yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Menghadirkan teknologi metaverse dengan kombinasi VR dan AR di konsol game genggam bukanlah perkara mudah mengingat berbagi kendala teknis, seperti daya tahan baterai dan komputasi grafis mobile yang masih terbatas.

Newell menyadari tatnangan tersebut dengan pengakuannya bahwa saat ini kita/mereka belum sampai ke arah sana. Meski demikian, Valve setidaknya sudah memiliki visi ke depan, seperti apa pengembangan Steam Deck ke depan agar tetap menarik dan inovatif.

Tags: , , , ,


COMMENTS