May 24, 2022

Review realme 9i, Performa Ngebut, Kamera Ciamik, dan Konsumsi Daya Rendah

Penulis: Desmal Andi
Review realme 9i, Performa Ngebut, Kamera Ciamik, dan Konsumsi Daya Rendah  

Mobitekno – Dari judul di atas, sudah menggambarkan realme 9i yang diluncurkan pada 24 Mei 2022 melalui acara “The Mighty Power in Mid Range Launch Event” pantas menjadi smartphone harian para kaum muda Indonesia. Hal ini karena realme 9i tidak hanya mampu menjadi perangkat komunikasi dengan durasi yang lama, tetapi juga untuk kebutuhan hiburan, kreativitas, dan tentunya fotografi. Pihak realme bahkan menyebut bahwa realme 9i bisa menjadi smartphone paling powerful di kelas menengah. Apalagi didukung dengan sistem pengisian daya 33W DartCharge, yang menjadi pertama di kelas menengah.

Penggunaan prosesor Snapdragon seri 6 yaitu Snapdragon 680 terbaru juga membuktikan realme 9i bisa mewadahi semua kebutuhan anak muda Indonesia. Walau menggunakan Snapdragon seri 6, namun tipe yang digunakan ini menggunakan teknologi terbaru, karena seri 6 ini masih terus dikembangkan oleh pihak Qualcomm. Apalagi prosesor ini juga sudah menggunakan fabrikasi 6nm.

Memori dan storage besar yang didukung dual micro SIM Card serta satu slot microSD yang bisa bekerja bersamaan (bukan tipe hybrid), tentunya mampu menambah kenyamanan dalam menggunakan sebuah smartphone. Dari pengalaman Mobitekno yang sudah menggunakan realme 9i dengan opsi warna hitam prisma ini, membuat pengalaman pengguna di segmen ini pun bisa naik ke level selanjutnya, terutama dalam berkreativitas, fotografi berkat kemampuan kamera Ultra-High 50MP, serta menikmati hiburan dengan kapasitas baterai yang besar serta didukung speaker dual stereo.

realme 9i

Kelengkapan

Hadir dengan kotak kemasan berwarna kuning yang merupakan ciri khas realme, realme 9i disusun dengan kompak di dalamnya. Desain kemasannya sama dengan realme 9 series lainnya yang sudah hadir terlebih dahulu ke pasar smartphone Indonesia.  Untuk lebih jelasnya, berikut ini isi paket penjualan realme 9i.

  1.       Smartphone realme 9i berwarna hitam prisma (prism black) dengan ukuran layar 6,6 inci
  2.       Softcase transparan untuk meindungi bodi smartphone
  3.       Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  4.       SIM Card Ejector
  5.       Kabel USB type C yang berfungsi sebagai kabel charger dan kabel data
  6.       Adapter 33W DartCharge yang bisa mengisi daya smartphone dengan cepat.
Kelengkapan dalam paket pembelian

Berikut video unboxing realme 9i:

Desain

Saat dikeluarkan untuk pertama kalinya dari kotak kemasannya, smartphone ini sudah memperlihatkan desain modern-nya. Bagian belakang sudah langsung terlihat stylish berkat kilauan yang dipantulkan dari permukaan cover belakang yang menganut pewarnaan glossy. Secara keseluruhan realme 9i memiliki dimensi 164.4 mm (tinggi) x 75.7 mm (lebar) x 8.4 mm (tebal). Bobotnya 190 gram, begitu ringan untuk sebuah smartphone berlayar 6,6 inci.

Konsep desain yang digunakan realme 9i ini adalah Stereo Prism Design. Sebenarnya konsep ini melanjutkan realme 8i “Capture the Light”. realme 9i menggunakan Stereo Prism Design pertama, yang menghadirkan efek dinamis dari transformasi cahaya dan bayangan tiga dimensi. Ada dua pilihan warna yang disediakan, yaitu Prism Blue dan Prism Black.

Dalam Stereo Prism Design ini, realme 9i menggunakan mesin presisi CNC 5-Axis. Ada 8 lapisan optik yang digunakan. Setiap pemesinan membutuhkan waktu sekitar 96 jam untuk desain uniknya dari mulai desain pemrosesan tepi hingga sudut-sudutnya. Setelah pemrosesan berulang, cetakan bertekstur memenuhi efek desain akhir dan memberikan desain berkualitas tinggi. Cetakan tekstur memiliki lebih dari 3000 kombinasi garis seperti prisma. Sudut dan kedalaman setiap garis berbeda. Tekstur prismatik dalam cahaya menunjukkan ritme seperti warna dan menawarkan nuansa visual “cahaya dalam gerakan”.

Stereo Prism Design

Setelah delapan lapisan lapisan optik, lapisan jalur cahaya dengan pembiasan lapisan, dalam arti transparansi dan layering untuk mencapai yang paling akhir. Sementara saturasi warnanya tinggi, dengan kesan cahaya tingkat lanjut yang jelas.

Jika dilihat di setiap bagian pada seluruh bodi smartphone, bagian layar yang berukuran 6,6 inci ini memiliki resolusi 1080 x 2412 piksel FHD+. Jenis layarnya menggunakan IPS LCD dengan refresh rate 90Hz, touch sampling rate 180Hz, 401 PPI, dan tingkat kecerahan 480 nits. Tingkat kecerahan 480 nits ini juga bisa berubah menjadi 1 nit. Jadi, meski malam hari, mata pengguna akan tetap nyaman saat menggunakan smartphone. Screen to body ratio-nya juga besar, yaitu 90,8% sehingga saat smartphone menyala, tampak begitu tipis ke bagian tepi bodi. Layarnya ini juga sudah dilindungi proteksi dari Dragontrail Pro Glass

Sebuah lingkaran kecil di sudut kiri atas layar berisi kamera depan dengan kemampuan 16MP. Dengan mode punch hole, kamera depan ini tidak akan mengganggu pengguna, terutama saat smartphone digunakan bermain game. Navigasi untuk gaming tetap lancar.

Kamera depan di layar realme 9i yang berukuran 6,6 inci

Dengan desain tepi membulat, tombol power diletakkan di sisi kanan. Tombol power ini tidak hanya mampu mengaktifkan dan mematikan smartphone, tapi juga memiliki pemindai sidik jari di atasnya. Jadi, pengguna cukup menempelkan jempolnya atau jari lainnya ke tombol power ini untuk melakukan proses login dengan pengaman sidik jari.

Dua tombol untuk volume up dan volume down diletakkan di sebelah kiri. Di atas kedua tombol ini terdapat slot dual micro SIM Card dan microSD. Gunakan SIM Card ejector untuk mengeluarkan tray-nya dan memasukkan micro SIM Card dari provider kesayangan Anda.

Dual mikrofon digunakan juga oleh realme 9i yang terletak pada bagian atas dan bawah. Di bagian bawah ini ditemani juga dengan port USB Type C, port audio 3,5mm, dan speaker dengan kemampuan stereo.

Slot SIM Card dan MicroSD yang bisa bekerja secara bersamaan

Sementara di bagian cover belakang, sudah terlihat jelas teks realme yang dicetak di sisi kiri bawah. Sementara di sudut atasnya terletak tiga kamera utama, yaitu kamera utama ultra HD 50MP, kamera makro 2MP, dan kamera bokeh 2MP.

Teks realme terpampang jelas sebagai identitas smartphone ini

Fitur dan Performa

Saat dinyalakan, realme 9i sudah menunjukkan kemampuan realme UI 2.0 miliknya yang berbasis Android 11 dengan navigasi yang smooth. Menggeser setiap halaman atau berganti aplikasi, tetap lancar dilakukan. Jadi, smartphone ini cocok juga untuk kerja multitasking.

Namun, kemampuan dan performa ini sudah jelas berkat penggunaan prosesor Snapdragon 680 yang sudah memiliki fabrikasi 6nm. Prosesor ini juga memiliki konsumsi daya yang begitu rendah. Jika dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 662 generasi terakhir, Snapdragon 680 memiliki peningkatan 25% dalam performa CPU sehingga menjalankan aplikasi lebih lancar, membuka aplikasi lebih cepat, dan pemuatan halaman lebih cepat. Peningkatan 10% dalam performa GPU, frame rate lebih tinggi, pengalaman bermain game lebih lancar, lag lebih sedikit. 25% peningkatan performa AI, mesin AI generasi ketiga Qualcomm, scene gambar utama yang berlaku: beauty, night scene, fast photo.

realme UI 2.0 berbasis Android 11 dan didukung prosesor Snapdragon 680

Proses fabrikasi 6nm yang digunakan prosesor ini juga mampu membuat konsumsi daya bisa menjadi lebih bersahabat. Secara keseluruhan, Snapdragon 680 ini memilki frekuensi utama 2,4GHz Octa-Core, dimana spesifikasi CPU-nya adalah Cortex-A73 2.4GHz * 4 + Cortex-A53 1.9GHz* 4. Prosesor ini ditemani dengan GPU Adreno 610. GPU Adreno 610 ini mendukung teknologi 90Hz refresh rate layar yang tinggi.

Dibandingkan dengan prosesor 12nm, prosesor 6nm memiliki kerapatan transistor 211% lebih tinggi, dengan kerapatan transistor 114,2Mtr/mm² (milimeter persegi), atau 114 juta transistor per milimeter persegi. Konsumsi daya rendah prosesor 6nm mengkonsumsi daya 62% lebih sedikit dan memberikan performa 46% lebih banyak daripada prosesor 12nm; Smartphone ini memiliki kenaikan suhu yang relatif lebih rendah dan frame rate yang lebih stabil.

realme 9i didukung Snapdragon 680 terbaru yang sudah dibuat dengan fabrikasi 6nm

Fabrikasi 6nm yang hemat daya juga bisa memperpanjang usia pakai baterai. Jika dibandingkan dengan baterai realme 8i yang berkapasitas sama, 5000mAh, masa pakai baterai realme 9i meningkat sebesar 46%.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, realme 9i memiliki refresh rate 90Hz yang bisa menemani pengguna dengan layar yang lebih nyaman untuk dilihat. Namun, realme tidak hanya menyematkan begitu saja fitur refresh rate ini. Tetapi juga dilengkapi dengan fitur pintar, yaitu Refresh Rate Adaptif. Ini akan membuat tingkat refresh rate akan menyesuaikan dengan konten yang tampil di layar. Misalnya untuk gambar statis seperti foto, smartphone hanya akan menggunakan refresh rate 30Hz saja. Sementara konten film menggunakan refresh rate 48hz, Teleplay 50Hz, Video 60Hz, Game dengan pilihan 60 atau 90 Hz, dan streaming 90Hz. Jadi, pengguna tidak perlu mengaturnya secara manual.

Sekarang ke bagian kamera. Di sini ada keunggulan realme, terutama untuk foto malam hari. Kamera utama Ultra HD 50MP-nya dijuluki sebagai kamera Nightscape berkat kemampuannya dalam membidik subjek di malam hari. Kamera utama ini memiliki bukaan F1.8 dan FOV 77 derajat. Kamera utama ini ditemani dengan kamera Bokeh 2MP untuk melakukan pemotretan profesional dengan subjek manusia. Kamera ini memiliki bukaan F2.4 dan FOV 89,1 derajat. Sementara kamera makronya juga berkemampuan 2MP dengan bukaan F2.4 dan FOV 88,8 derajat. Kamera-kamera di bagian belakang ini dilengkapi dengan banyak mode pemotretan. Jika dilihat, di dalamnya terdapat Mode 50MP, Video, Night Mode, Panoramic view, Expert, Timelapse, Portrait Mode, HDR, Ultra macro, AI Beauty, Filter, Super Text, Slow Motion.

Fitur pada kamera berikut opsi pada menu setting yang cukup banyak

Sementara kamera depannya yang berkemampuan 16MP menggunakan sensor SONY IMX 471 dengan sudut lebar 79,3 derajat dan memiliki bukaan F2.1. Kamera ini juga dilengkapi dengan metode pengambilan selfie dengan menunjukkan telapak tangan saja (Palm Mode).

Penggunaan baterai besar 5.000mAh juga menjadi salah satu keunggulan smartphone ini. Daya tahan baterainya ini sanggup dalam mode standby selama 995 jam, panggilan telepon 48,4 jam, Whatsapp 20,7 jam, dan mendengarkan musik selama 116,3 jam. Baterainya ini didukung sistem pengisian daya 33W DartCharge. Mengisi daya smartphone dari nol hingga 100 persen bisa dilakukan dalam 70 menit saja. Hal ini karena teknologi pengisian daya ini menggunakan tegangan tinggi tetapi arus rendah. Apalagi realme 9i Dart Charge juga dilengkapi proteksi pengisian lima inti, termasuk proteksi Overcharge, proteksi Over-voltage, proteksi Over-temperature, dan Extreme case protection, yang dapat secara ketat memantau setiap tahap proses pengisian daya.

Menggunakan UI terbaik di kelasnya yang berbasis Android 11, tentu saja ada fitur-fitur menarik di dalamnya. Salah satunya adalah fitur manajemen baterai untuk mengoptimalkan masa pakai baterai yang lebih lama. Di sini bisa dijumpai empat mode penggunaan baterai, yaitu:

  1. Super Power Saving Mode: Menggunakan penyetelan CPU, penyesuaian backlight, dan beberapa langkah lainnya serta opsi hemat daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu mengurangi konsumsi daya, dan memperpanjang masa pakai ponsel.
  2. App Quick Freeze: Sistem akan secara otomatis membekukan aplikasi yang idle. Setelah aplikasi memasuki status quick-freeze, aplikasi tersebut tidak akan menghabiskan daya di backstage.
  3. Screen Battery Optimization:  realme 9i dapat mengurangi konsumsi daya dengan mengurangi kecerahan secara cerdas.
  4. Power Saving Mode: Menutup beberapa aplikasi background, jeda fungsi sinkronisasi otomatis background, mengurangi kecerahan layar, dan mematikan efek getaran sentuh.
Manajemen baterai dan salah satu fitur keamanan di realme 9i

Ada yang menarik lagi di smartphone anyar realme ini. Walau sudah dibekali dengan memori sebesar 6GB, namun pengguna bisa membuatnya lebih besar lagi, yaitu menjadi 11GB. Hal ini sangat dimungkinkan karena adanya fitur RAM Expansion. Di fitur ini, ada tiga pilihan pemekaran memori, yaitu 2GB, 3GB, dan 5GB. Jadi, jika mengambil penambahan 5GB, pengguna smartphone ini bisa mendapatkan total memori 11GB. Cukup besar bukan?

Dari sisi keamanan smartphone, selain menggunakan sidik jari, realme 9i juga memiliki fitur Face Unlock. Jadi, kamera depan akan mendeteksi wajah penggunanya untuk bisa login ke smartphone.

realme UI 2.0 juga memberikan kebebasan personalisasi untuk penggunanya

Jangan khawatir saat smartphone ini digunakan untuk menikmati musik atau hiburan film. realme 9i mampu memberikan pengalaman suara berkualitas tinggi dengan speaker dual stereo.

Nah, untuk menguji kemampuan smartphone ini, Mobitekno mengukurnya dengan beberapa aplikasi benchmark. Ini hasilnya.

Sementara untuk menguji kemampuan kameranya, berikut ini hasil-hasil tangkapan kamera realme 9i yang Mobitekno kumpulkan.

Spesifikasi

Fitur Spesifikasi
Prosesor Snapdragon 680
Dimensi Panjang: 164,4 mm

 Lebar: 75,7 mm

 Tebal: 8,4 mm

 Berat: 190 gram

Layar 6,6 inci 

 Resolusi 1080 × 2412 FHD

 90Hz refresh rate + Adaptive Refresh Rate

 180Hz touch sampling rate

  90.8% screen-to-body ratio

Kamera Depan 16MP F/2.0
Kamera Utama Ultra HD 50MP F1.8

 Bokeh 2MP F2.4

 Makro 2MP F2.4

Keamanan Side Fingerprint Unlock + Face Recognition Unlock
RAM & Storage 6GB + RAM Expansion (2GB, 3GB dan 5GB)

 128  + MicroSD

Baterai dan Pengisian Daya 5000mAh

 33W DARTCharge

Speaker Dual Stereo Speakers
Warna Prism Black & Prism Blue

 

Kesimpulan

Dari hasil-hasil yang kami peroleh dalam pengujian ini, sistem pengisian daya cepat pada realme 9i dikombinasikan dengan chipset 6nm Snapdragon 680 menjadikan smartphone ini begitu powerful. Ini bisa membuatnya menjadi yang paling powerful di segmen menengah.  Berkat teknologi pengisian daya tegangan tinggi dan arus rendah pada 33W DartCharge menciptakan pengisian daya yang lebih cepat. Proses pengisian daya hingga 100% pun bisa didapat dalam 70 menit. Ini menjadi solusi yang menarik di tengah aktivitas anak muda Indonesia yang selalu sibuk dalam kesehariannya.

realme 9i “Level Up The Power”

 Penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 680 pun dapat mendongkrak kinerja smartphone ini cukup signifikan. Proses fabrikasi 6nm didukung oleh GPU Qualcomm Adreno 610 dan CPU Qualcomm Kryo 265, keduanya memang dirancang untuk menghadirkan kinerja superior sekaligus menghemat daya. Teknologi yang disematkan mampu ciptakan pengalaman hiburan yang disempurnakan dalam fotografi, game, audio, dan streaming.

Dengan begitu, berkat banyaknya fitur menarik di dalam smartphone, ditambah dengan desain yang menarik, serta spesifikasi hardware yang cukup tinggi di kelasnya, pantas jika realme mengangkat slogan “Level Up The Power” untuk realme 9i ini.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS