November 23, 2022

Review Acer Aspire Vero AV14-51, si Ramah Lingkungan dengan Performa Kencang

Penulis: Desmal Andi
Review Acer Aspire Vero AV14-51, si Ramah Lingkungan dengan Performa Kencang  

Mobitekno – Bumi yang usianya semakin tua membuat manusia harus turut memikirkan kelestariannya. Apalagi penggunaan berbagai produk ciptaan manusia, beberapa diantaranya justru menimbulkan sampah, baik di darat maupun laut, yang sulit untuk diurai. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak yang menyuarakan untuk menggunakan energi terbarukan yang bisa didaur ulang untuk menjaga kelestarian alam di atas permukaan bumi. Inilah yang menjadi salah satu alasan Acer menghadirkan produk lapop ramah lingkungan, yaitu Acer Aspire Vero (AV14-51).

Acer Aspire Vero (AV14-51) hadir sebagai produk ramah lingkungan karena melihat kerusakan alam, terutama di lautan, yang disebabkan oleh sampah laut. Produk ini dibuat dari bahan daur ulang. Melalui Acer Indonesia, Acer mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli lingkungan melalui Acer Aspire Vero generasi terbaru ini.

Mobitekno sendiri berkesempatan mencoba produk ini selama beberapa minggu. Tidak ada yang terasa berbeda dalam hal penggunaan dibandingkan dengan laptop pada umumnya. Bahkan, ada rasa unik dalam menggunakan Acer Aspire Vero ini. Salah satunya adalah warna bodi yang menarik dengan tekstur permukaan yang unik, yang tidak ditemukan pada produk lainnya. Penasaran? Berikut ini ulasan Mobitekno untuk Acer Aspire Vero (AV14-51).

IMG20221122215748
Acer Aspire Vero (AV14-51)

Kelengkapan

Seperti pada produk-produk review yang datang ke meja redaksi Mobitekno, hal pertama yang kami lihat adalah kelengkapan dalam paket penjualannya. Hal ini penting karena menyangkut kepuasan pengguna terhadap sebuah produk. Nah, Acer Indonesia cukup lengkap dalam menyajikan laptop ramah lingkungan ini kepada masyarakat Indonesia. Dalam paket penjualannya dapat ditemukan:

  1. 1 unit laptop dengan warna Marianna Blue
  2. Kabel fast charging dengan port USB type C
  3. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  4. Sarung laptop dengan bahan kain yang lembut berwarna putih.

Desain

Saat pertama kemasannya dibuka, tampak kotak kemasannya didesain begitu cermat sehingga dapat memuat laptop Acer Aspire Vero ini secara kompak. Kotaknya dibagi dalam beberapa bagian dimana bagian terbesar merupakan tempat laptop berada. Selebihnya adalah tempat untuk buku petunjuk serta charger beserta kabel USB Type C. Laptop berlayar 14 inci ini tampak solid saat dipegang oleh tangan kita. Warna Marianna Blue pada seluruh bodi laptop tampak menarik dipandang, baik dari dekat maupun dari jauh.

Menurut informasi dari Acer Indonesia, salah satu yang menarik dari produk ini adalah materialnya yang dibuat dari bahan ramah lingkungan. Acer membuatnya dari bahan daur ulang. Pada bagian sasis dan bezel layar, Acer menggunakan plastik Post Consumer Recycle (PCR) sebanyak 30%, sementara pada bagian keyboard terdapat 50% elemen plastik PCR yang menghemat sekitar 21% emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni. Menariknya lagi, Aspire Vero dibuat tanpa menggunakan cat, sehingga menghasilkan warna dan tekstur yang unik. Sementara warna Marianna Blue sendiri bisa mengingatkan kita bahwa salah satu bagian bumi yang semakin terdegradasi dan tercemar polusi adalah lautan. Penggunaan ocean-bound plastic dalam beberapa bagian Aspire Vero membantu mengurangi pencemaran plastik di pantai dan lautan kita.

IMG20221122215809
Dibuat dari bahan ramah lingkungan

Tidak hanya materialnya yang dibuat dari energi atau bahan berkelanjutan. Acer juga memberikan desain berkelanjutan dengan konsep “R-E”, yang terdiri dari Review, Rethink, Recycle, dan Reduce. Bodinya yang terbilang tipis, ketebalannya tidak sampai 2cm, serta bobot sekitar 1,5kg, membuat laptop ini nyaman digunakan dimanapun berada. Dimensi produk ini detailnya adalah 328,7 (W) x 223,6 (D) x 17,90 (H) mm.

Layar 14 inci FullHD yang dimilikinya memiliki resolusi 1920 x 1080. Di atas layar ini juga dilengkapi dengan kamera FHD yang diletakkan di tengah. Ini membuat video conference menjadi nyaman karena mata terlihat fokus di tengah. Keyboardnya cukup lega yang sudah dibekali juga dengan backlight sehingga lebih jelas terlihat. Di bawah keyboard terdapat touchpad yang ukurannya juga cukup besar. Di area touchpad ini juga terdapat sensor sidik jari yang posisinya ada di pojok kanan atas.

IMG20221122220343
Layarnya memiliki resolusi Full HD

Sekarang kita perhatikan port apa saja yang disediakan di laptop ini. Ketersediaan port sudah cukup lengkap mulai dari 1 port Thunderbolt 4, 2X USB 3.2, headphone, HDMI 2.1 with HDCP support, USB 3,2 type C fast charging, hingga USB Type A, dapat ditemukan di sisi kiri dan kanan.

Sementara itu, di bagian bawah banyak terdapat lubang-lubang simetris yang ditujukan untuk ventilasi udara, sehingga laptop tidak gampang panas. Kembali ke bagian keyboard. Tombol R dan E pada keyboard sengaja didesain terbalik, memperkuat pesan penting dari konsep “R-E” yang dimiliki oleh Acer. Pada bagian touchpad-nya, Acer menggunakan teknologi OceanGlassTM  yang juga dibuat dengan material plastik yang didaur ulang dari sisa sampah plastik di lautan.

IMG20221122220601
Bagian belakang laptop

Konsep ramah lingkungan yang diterapkan pada Acer Aspire Vero (AV14-51) ini ternyata tidak hanya dijumpai pada perangkat laptopnya saja, melainkan juga karton kemasannya. Acer mendesain dan membuatnya dari bahan daur ulang juga. Namun, yang menarik adalah ini bukan sekadar kemasan laptop. Kemasan karton ini bisa diubah menjadi storage yang cukup besar untuk meletakkan berbagai barang. Sementara kemasan yang menempatkan adapter serta kabel, bisa dirakit menjadi stand laptop. Jadi, tidak ada yang terbuang dari seluruh kemasan Acer Aspire Vero generasi terbaru ini.

Fitur dan performa

Saat dinyalakan, laptop ini sudah menggunakan Windows 11 home. Sebagai laptop ramah lingkungan, tentunya Acer juga menyiapkan fitur yang mendukung hal tersebut. Nah, di laptop ini bisa ditemukan fitur khusus Vero, yaitu VeroSense. Ini adalah aplikasi yang dapat mengatur mode penggunaan daya laptop. Acer VeroSense sudah ada dalam aplikasi bawaan. Jadi tidak perlu men-download-nya lagi.

Screenshot 20221122 222743
Windows 11 Home Edition

Acer VeroSense sendiri menawarkan empat mode performa. Keempat mode tersebut adalah Performance, Balanced, Eco, dan Eco+.

  • Eco+ Mode: Penghematan baterai ekstrem dengan fungsi penting dinonaktifkan.
  • Eco Mode: Mengurangi performa untuk meningkatkan efisiensi dan daya tahan baterai.
  • Balanced Mode: Keseimbangan performa dan penghematan daya.
  • Performance Mode: Optimal untuk performa keseluruhan.
Screenshot 20221122 222905
Mode dalam Acer VeroSense

Untuk urusan performa, tidak usah diragukan lagi. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i5-1235U yang dapat memberikan performa maksimal untuk semua kebutuhan pengguna. Prosesor Intel Generasi ke-12 ini memang dibuat dengan arsitektur hybrid dengan jumlah total 10 core di dalamnya 92P Core + 8E Core), 12 threads, dan memiliki frekuensi maksimal 4.40. Dipadukan dengan memori Dual channel 8GB LPDDR4X serta kinerja optimal Intel Irus X Graphics, tentunya membuat aliran data menjadi lancar tanpa hambatan. Apalagi masih ditunjang dengan storage SSD NVME G4 512GB yang bisa diupgrade dengan mudah. Acer Aspire Vero generasi terbaru ini juga sudah memiliki sertifikasi Intel Evo. Ini menandakan bahwa laptop bisa diajak untuk kinerja yang responsif, daya tahan baterai yang hemat, konektivitas yang lancar, audio, hingga memungkinkan untuk mendesainnya dengan bodi yang tipis.

CPUZ
Performa dari prosesor Intel Core generasi ke-12

Saat kami uji dengan game berat seperti Formula One 2022, game berjalan lancar, walau tidak semua setting rata kanan. Begitu juga dengan hasil benchmark, hasilnya memuaskan.

Audionya juga sudah bagus karena sudah mengadopsi Acer True Harmony yang dapat memberikan pengalaman audio imersif, sehingga dapat menjadi perangkat hiburan yang menarik. Sementara itu, fitur AI Noise Cancelation juga dapat membantu pengguna untuk menghilangkan gangguan suara di belakang. Ini cukup bermanfaat untuk aktivitas-aktivitas online, seperti rapat online.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil benchmark yang kami lakukan.

Spesifikasi

Model name Acer Aspire Vero (AV14-51)
Hero Features Eco-Friendly Design with VeroSense

FHD Camera, Thunderbolt 4 & Acer PurifiedVoice (Noise Cancellation)

Long Battery Life up to 16,5 hours

OS Windows 11 Home
Processor Intel® CoreTM i5-1235U
Memory 8 GB LPDDR4X Dual Channel
Display 14” Full HD, 100% sRGB, IPS Display, Acer ComfyView

99% Recyclable

Graphics Intel Iris Xe Graphics (80 EU)
Storage 512 GB SSD NVMe Gen4 (Upgradable)

 

Wireless and networking ●        Wi-Fi 6E

●        Support Bluetooth® 5.2

Ports 1X Thunderbolt 4

2X USB 3.2 port (1X with offline charging features)

Headphone/speaker jack

HDMI® 2.1 port with HDCP support

USB 3,2 Type-CTM with Fast Charging

USB Type A

Camera FHD with Acer TNR
Battery 56WHr 3-cell

Up to 16.5 hours

Color Marianna blue
Price & Warranty Rp 10.699.000

3 Years Services, 1 Years Sparepart and 1 Year Accidental Damage Protection

Kesimpulan

Laptop yang ditujukan untuk orang-orang yang peduli akan kelestarian lingkungan dan energi terbarukan ini dapat memberikan performa maksimal, baik untuk produktivitas, hiburan, dan bermain. Ini berkat penggunaan prosesor yang tinggi untuk sebuah laptop daur ulang. Jadi, performanya bukan kaleng-kaleng.

Screenshot 20221103 094047 IMG20221122220612

Acer Aspire Vero (AV15-51) ini juga begitu ringan dibawa-bawa. Desain ringkasnya memungkinkan laptop dimasukkan ke dalam tas kerja, sehingga tidak merepotkan. Bobotnya yang terbilang ringan juga tidak akan membuat bahu menjadi pegal.

Permukaan bodi yang memiliki tekstur unik, tidak halus, membuat penggunanya bertambah nyaman saat memegangnya. Desainnya ini membuat produk laptop menjadi tidak licin. Dengan kemampuan yang dimilikinya, wajar jika Acer Aspire Vero generasi terbaru ini menjadi teman setia penggunanya untuk melakukan aktivitas harian.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS